Home Tips Kesehatan Waspadai Penyebab Sakit Perut

Waspadai Penyebab Sakit Perut

221
0

Waspadai Penyebab Sakit Perut – penyebab sakit perut dapat berupa macam-macam dari penyakit teringan hingga penyakit akut. Untuk mencegah terjadinya penyakit mematikan waspadai beberapa penyebab sakit perut yang perlu Anda ketahui.

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Bagi kebanyakan orang, sakit perut adalah penyakit yang sudah biasa mereka rasakan dan bukan hal besar jika seseorang mengeluh perutnya sakit karena sakit perut bukan hal serius yang perlu perhatian lebih.

Penyebab sakit perut yang paling utama adalah makanan. Karena usus kita sangat sensitif, salah makan sedikit bisa menjadi penyebab sakit perut.

Sakit perut ringan biasanya berlangsung hanya beberapa saat saja dan tidak ada gejala lain yang timbul. Biasanya gejala yang dirasakan antara lain nyeri, kram, pegal, seperti tertusuk dan terkoyak. Obat untuk sakit perut ringan banyak tersedia di apotek, toko dan supermarket. Penyebab sakit perut ringan pun hanya seputar makanan.

Sedang untuk sakit perut yang serius bisa kambuh berkali-kali meskipun sudah minum obat. Adana gejala lain yang timbul disertai sakit perut seperti muntah, demam, sakit kepala, susah buang air besar dal lain-lain.

Sakit perut yang serius harus segera mendapat penanganan karena bisa mengindentifikasikan seseorang terkena penyakit akut.

Baca Juga : Badan Gendut Bukan Berarti Tak Sehat

Apa saja penyebab sakit perut?

Beberapa penyakit akut yang mematikan berasal dari gejala awal sakit perut seperti kanker perut. Saat ini kanker perut menjadi salah satu penyebab terbesar kematian di dunia. Karena gejalanya yang terlihat sepele dan tidak spesifik, orang mengabaikan untuk segera diperiksakan ke dokter sehingga diketahui saat penyakitnya sudah terlanjur akut.

Oleh karena itu ketahui beberapa penyebab sakit perut sebelum teridentifikasi penyakit serius. Beberapa penyebab sakit perut antara lain :

1. Diare

Penyebab sakit perut yang paling umum diderita masyarakat Indonesia adalah sakit perut karena diare. Diare disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan pada usus dan juga lambung.

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Diare ringan biasanya hanya muncul gejala perut kram dan ingin buang air besar secara terus-menerus dan terkadang juga disertai muntah-muntah. Diare umumnya disebabkan oleh Bakteri Salmonella dan Campylobacter yang terdapat pada makanan.

Diare bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga menimbulkan dehidrasi. Perbanyak minum air untuk mengurangi dehidrasi berlebihan.

2. Sambelit

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Sambelit adalah suatu kondisi dimana terdapat gangguan pada alat pencernaan yang mengakibatkan sulit buang air besar selama berhari-hari. Kondisis ini menyebabkan tinja menumpuk di dalam usus besar dan perut serasa melilit yang sangat menyakitkan.

Hal ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi sedikit mengandung serat dan cairan. Untuk menghindari sambelit, perbanyak makanan berserat tinggi dan konsumsi air putih secara teratur.

3. Radang usus buntu

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Usus buntu menjadi penyebab sakit perut yang umum diderita. Usus buntu terjadi karena adanya peradangan pada usus buntu. Beberapa gejala usus buntu yang timbul selain sakit perut adalah demam tinggi, nafsu makan hilang, muntah dan mual. Jika Anda teridentifikasi tanda-tanda tersebut segera hubungi dokter terdekat.

4. Sakit maag

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Sakit maag sangat umum diderita oleh anak-anak usia sekolah dan pekerja. Saat maag kambuh perut terasa sakit luar biasa. Maag disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur sehingga yang dibutuhkan saat maag kambuh adalah perut terisi. Namun makanan menjadi sangat sulit masuk karena rasa mual saat ada yang masuk ke perut.

5. Masuk angin

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Sakit perut juga merupakan salah satu gejala masuk angin dengan disertai gejala lain seperti bersendawa, perut kembung dan kedinginan. Masuk angin bisa disebabkan oleh konsumsi beberapa jenis makanan secara berlebihan seperti brokoli, bawang bombai, kol dan minuman yang mengandung soda serta makanan berserat tinggi.

6. Batu empedu atau batu ginjal

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Dua penyakit ini sebenarnya bukan kondisi yang sama tetapi memiliki gejala yang sama yaitu sakit perut. Gangguan pencernaan ini sama-sama tergolong kondisi yang serius sehingga harus dengan penanganan dokter. Bahkan beberapa kasus harus dengan dioperasi.

7. Gangguan pencernaan

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Gangguan pencenaan terjadi saat Anda mengkonsi makanan yang salah dan terlalu sensitif dalam porsi tidak sewajarnya. Contohnya makan sambal dengan cabai setan dalam porsi besar dan konsumsi makanan berlemak terlalu banyak. Apalagi jika dibarengi dengan stress yang akan memperparah keadaan.

8. Penyakit crohn

Penyakit crohn adalah sakit perut kambuhan atau sakit kronis. Penyebab sakit perut ini adalah adanya peradangan pada lapisan pencernaan. Gejala yang ditimbulkan adalah sakit perut, diare akut, nafsu makan hilang, kurang gizi dan kelelahan. Jika tidak segera ditindaklanjuti, penyakit ini bisa sangat mematikan.

Waspadai Penyebab Sakit Perut

Itulah beberapa penyebab sakit perut dari teringan sampai terberat yang semuanya perlu diperhatikan dengan serius. Selain penyebab di atas, sakit perut juga kadang melanda perempuan yang akan datang bulan.

Hal ini disebabkan oleh terjadinya peluruhan pada dinding rahim yang menyebabkan perut menjadi kram dan biasanya disertai pegal-pegal.

Yang terpenting adalah untuk menjaga kesehatan kunci utamanya adalah pola makan teratur, olahraga rutin dan istirahat cukup. Dan jangan lupa penanganan saat teridentifikasi suatu penyakit.

Baca Juga : Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here