Home Tips Kesehatan Tips Menjaga Kesehatan Usus Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Usus Agar Tetap Sehat

86
0

Tips Menjaga Kesehatan Usus Agar Tetap Sehat – Sistem pencernaan berfungsi mencerna makanan di dalam tubuh. Makanan yang dicerna diambil nutrisinya kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Usus Agar Tetap Sehat

Sistem pencernaan terdiri dari organ mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Organ yang memegang peranan penting dalam menyerap nutrisi makanan yaitu usus.

Oleh karena itu usus harus dijaga kesehatannya. Banyak cara Menjaga Kesehatan Usus yang bisa Anda lakukan.

5 Cara Menjaga Kesehatan Usus Dijamin Ampuh

Pada bagian dalam organ usus terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Adanya bakteri jahat menimbulkan penyakit. Berbagai macam penyakit usus yaitu kanker, peradangan dan lainnya. Supaya terhindari dari penyakit usus, Anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan usus.

Berikut merupakan cara menjaga kesehatan usus paling ampuh.

1). Tidur yang cukup

Kebanyakan orang lebih memilih untuk begadang menyelesaikan pekerjaannya. Padahal kurang tidur menyebabkan konsentrasi terganggu dan meningkatkan stress.

Bila tubuh sedang stress, bakteri jahat di dalam usus meningkat pesat sehingga mengganggu proses pencernaan. Sebaiknya kurangi begadang, tidurlah dengan cukup agar tidak sampai stress. Hilangkan rasa stress melalui olahraga atau melakukan meditasi setiap pagi hari.

2). Olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan usus berikutnya yaitu olahraga secara rutin. Menurut penelitian olahraga dapat meningkatkan bakteri baik di usus. Jika bakteri baik meningkat, kesehatan usus juga meningkat.

Olahraga yang dapat dilakukan yaitu lari, senam, push up, sit up, skiping, dan lainnya. Olahraga dilakukan setiap hari selama 20 menit saja. Bila memiliki waktu lebih, Anda bisa melanjutkannya hingga 1 jam.

3). Cuci usus menggunakan bahan alami

Cuci usus merupakan cara menjaga kesehatan usus yang paling dianjurkan. Dinding usus dipenuhi dengan kotoran yang berasal dari makanan, udara dan minuman.

Menggumpalnya kotoran yang berada di dinding usus menyebabkan peradangan dan kanker jika dibiarkan begitu saja. Anda tidak ingin menderita peradangan usus bukan, bersihkan gumpalan kotoran dengan cuci usus.

Biasanya cuci usus menggunakan obat dari dokter namun Anda bisa melakukannya dengan cara alami. Gunakan bahan jahe yang dibuat menjadi minuman.

Kandungan antioksidan pada jahe mampu membersihkan bakteri dan kotoran di usus.

Membuat minuman jahe dapat dilakukan sendiri, caranya mengambil dua ruas jahe dan rebus bersama dua gelas air putih.

Rebus sampai airnya menyusut menjadi satu gelas. Minum air rebusan jahe selama seminggu, agar cuci usus maksimal.

4). Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak

Menurut penelitian memberikan makanan berlemak pada tikus, menunjukkan hasil kerusakan serius pada dinding usus tikus.

Hal ini dipengaruhi oleh makanan berlemak mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat sehingga terjadi peradangan dinding usus.

Anda harus mengurangi konsumsi lemak, caranya dengan memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi.

Berbagai macam cara menjaga kesehatan usus di atas sebaiknya dilakukan setiap saat. Terkadang orang selalu lupa untuk menjaga kesehatan usus, sehingga menderita penyakit usus yang serius.

Penyakit usus harus disembuhkan dengan cara pengobatan sesuai jenis penyakitnya.

Padahal pengobatan penyakit usus tidaklah murah, perlu merogoh kocek yang besar untuk menyembuhkannya. Yuk jaga usus Anda dengan menggunakan cara yang tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Usus dengan Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara yang harus dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan usus. Memilih makanan terbaik menyebabkan pertumbuhan bakteri baik meningkat.

Makanan pertama yang dianjurkan untuk dikonsumsi yaitu sayuran hijau seperti bayem, kangkung, daun kelor, dan lainnya. Porsi makan sayuran harus ditingkatkan, maksudnya pada makan pagi sayurannya satu porsi, siang bertambah dua porsi dan malamnya tiga porsi.

Menurut Dr. Robynne Chutkan sekaligus seorang pakar kesehatan menyatakan bahwa kesehatan usus meningkat apabila sering mengkonsumsi sayuran, jadi setiap hari pastikan Anda mengkonsumsi sayuran.

Makanan kedua yaitu karbohidrat sehat. Contoh karbohidrat sehat pada makanan nasi, kentang, beras merah, dan masih banyak lagi. Karbohidrat tidak sehat terkandung di dalam minuman bersoda.

Perbanyak makanan karbohidrat sehat agar pertumbuhan bakteri baik dalam usus meningkat. Kurangi minuman bersoda, gantilah dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti air putih dan jus.

Terakhir yaitu konsumsilah makanan berfermentasi. Makanan fermentasi contohnya yogurt dan keju memiliki kandungan prebiotik.

Fungsi kandungan prebiotik yaitu menjaga kesehatan usus serta meningkatkan daya tahan tubuh. sebenarnya tidak hanya makanan fermentasi saja yang mengandung prebiotik, tetapi makanan lainnya seperti asparagus, daun bawang, bawang merah, bawang putih juga mengandung prebiotik.

Berdasarkan uraian cara menjaga kesehatan usus dengan menjaga pola makan dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh makan makanan sembarangan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dikurangi supaya kesehatan usus terjaga.

Bila selama ini Anda masih belum menjaga pola makan, sekarang saat yang tepat mengatur pola makan sehat tersebut. Semakin cepat mengatur pola makan, kesehatan usus bisa meningkat cepat.

Tahukah Anda menjaga kesehatan usus itu sangat penting agar terhindari dari penyakit? Bagaimana cara menjaga kesehatan usus? Ketahui caranya hanya disini.

Baca Juga : Ingin Kesehatan Paru-paru Tetap Sehat? Jaga dengan Cara Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here