Home Tips Kesehatan Mengenal Seluk Beluk Sistem Kardiovaskuler Pada Manusia

Mengenal Seluk Beluk Sistem Kardiovaskuler Pada Manusia

242
0

Mengenal Seluk Beluk Sistem Kardiovaskuler Pada Manusia – Untuk sistem kardiovaskuler manusia terbagi menjadi tiga bagian yang saling berkoordinasi untuk meningkatkan kesehatan tubuh seseorang.

Mengenal Seluk Beluk Sistem Kardiovaskuler Pada Manusia

Bagi orang awam, Sistem Kardiovaskuler Manusia mungkin akan terdengar asing. Untuk lebih jelasnya, perlu dipahami bersama bahwa sistem kardiovaskuler merupakan sistem peredaran darah pada manusia. Secara umum, sistem ini terdiri dari berbagai unsur yang sangat penting dalam membuat kinerja tubuh tetap seimbang.

Berikut ini beberapa struktur Kardiovaskuler yang perlu Anda ketahui dalam tubuh manusia.

– Jantung memiliki fungsi memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

– Pembuluh darah sebagai media perantara untuk mengalirkan darah tersebut menuju ataupun kembali pada jaringan tertentu.

– Cairan darah yang akan mentransportasikan O2 dan juga CO2 ke seluruh tubuh.

Dari tiga bagian sistem kardiovaskuler manusia tersebut, dibawah ini adalah penjelasan singkat untuk Anda agar lebih memahami sistem peredaran darah dalam manusia sehingga akan bisa menjaganya dengan baik.

Jika sebuah sistem peredaran darah bisa bekerja dengan baik, maka kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Seluk Beluk Tentang Jantung

Dikenal sebagai organ yang memiliki rongga sekaligus juga otot yang cukup kuat, salah satu bagian dari sistem kardiovaskuler manusia yang dikenal dengan jantung ini terletak pada bagian dada.

Seperti yang disebutkan di atas, fungsi dari jantung akan membantu dalam memompa darah ke paru-paru yang kaya akan oksigen sekaligus membuang kandungan karbondioksida di dalamnya. Darah yang kaya akan oksigen akan menjadikan tubuh bisa bekerja lebih baik.

1. Lokasi dan Ukuran

Masih berkaitan dengan sistem kardiovaskuler manusia, secara lebih spesifik jantung sendiri terdapat pada bagian mediastinum yang ada di rongga dada. Untuk 2/3 jantung ada di bagian kiri sedangkan 1/3 jantung ada di sebelah kanan dari batasan garis tubuh.

Selanjutnya, untuk sistem kardiovaskuler manusia yang berupa jantung itu sendiri juga memiliki berat yang mana mencapai 300-350gr pada pria dewasa dan 250-350gr pada wanita dewasa.

Sedangkan untuk panjang jantung mencapai 12cm dengan lebar 9cm dan tebal 6cm. Untuk berat ideal dari jantung itu sendiri adalah 4gr/kg dari total berat badan yang ideal.

2. Bagian dari Lapisan Jantung

  • Pericardium

Bagian dari sistem kardiovaskuler manusia ini secara spesifik memiliki fungsi melindungi jantung dan juga menjaga bentuk dari pada jantung itu sendiri. Selain itu, adanya Pericardium yang akan membatasi pasokan darah ke dalam jantung supaya tidak berlebih.

  • Myocardium

Myocardium merupakan sistem kardiovaskuler manusia yang menjadi bagian dari sisi tengah dari jantung. Bagian ini tersusun atas otot yang akan melakukan kontaksi untuk mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

  • Endokardium

Bagian lain dari sistem kardiovaskuler manusia adalah endokardium yang dikenal sebagai lapisan dalam dari jantung. Secara lebih spesifik, bagian ini akan bekerja untuk melindungi semua rongga jantung beserta katup-katupnya.

Pembuluh Darah Pada Tubuh

Secara umum, bagian dari sistem kardiovaskuler manusia lainnya adalah pembuluh darah yang kemudian akan membantu dalam mentransportasikan darah ke seluruh tubuh.

Sedangkan pembuluh darah itu sendiri memiliki berbagai bagian yang jika salah satu bagian tersebut mengalami gangguan, maka sistem peredaran darah di dalam tubuh akan terganggu.

Berikut beberapa bagian dari sistem pembuluh darah yang perlu Anda ketahui.

1. Arteri

Untuk pembuluh darah arteri yang termasuk ke dalam sistem kardiovaskuler manusia ini akan membantu untuk mengedarkan darah ke luar dari jantung dan menuju ke paru-paru.

Secara umum, pembuluh darah ini terbagi menjadi dua yaitu arteri pulmonalis dan juga aorta yang keduanya memiliki fungsi berbeda.

2. Kapiler

Sedangkan untuk pembuluh darah kapiler adalah jenis pembuluh darah yang juga termasuk pada sistem kardiovaskuler manusia dan memiliki fungsi untuk menghubungkan dengan jaringan tubuh.

Dengan kata lain, pembuluh kapiler akan menjadi jembatan penghubung antara arteri dan juga vena.

3. Vena

Untuk pembuluh vena ini akan mengedarkan darah menuju jantung sehingga dikenal dengan pembuluh darah balik.

Jenis pembuluh darah yang masuk pada sistem kardiovaskuler manusia ini terbagi menjadi tiga yaitu vena pulmonalis, vena cava inferior dan juga vena cava superior.

Cairan darah pada tubuh

Darah yang terdapat pada tubuh manusia dan merupakan bagian dari sistem kardiovaskuler manusia ini akan membantu dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan mengedarkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh yang merupakan hasil dari metabolisme sehingga akan meningkatkan sistem imunitas dan pastinya akan menghindarkan diri dari penyakit.

Pada dasarnya, darah terdiri dari dua komponen yaitu:

  • Korpuskuler

Dikenal dengan Unsure padat darah, korpuskuler memiliki berbagai jenis sel darah yang diantaranya adalah Eritrosit, Trombosit dan juga Leukosit.

Ketika jenis sel darah ini memiliki fungsi yang penting dalam menjaga keseimbangan sistem kardiovaskuler manusia.

  • Plasma darah

Untuk plasma darah itu sendiri terdiri dari berbagai hal yang diantaranya adalah air, protein, garam, mineral seperti Natrium Klorida, Kalsium Fosfor, Natrium Bikarbonat dan lain sebagainya. Semua bagian tersebut akan berkerja sesuai dengan peran dan fungsinya.

Secara umum, sistem kardiovaskuler manusia terdiri dari tiga hal yang diataranya adalah cairan darah, pembuluh darah dan juga jantung yang semua bekerja secara seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Ketika salah satu mengalami gangguan, maka akan menyebabkan munculnya permasalahan baru yang harus segera ditangani oleh pihak medis.

Baca Juga : Ketahui Lebih Jauh Pengaruh Besar Air Putih Terhadap Urin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here