Home Tips Kesehatan Sisi Negatif Perawatan Ear Candle

Sisi Negatif Perawatan Ear Candle

133
0

Sisi Negatif Perawatan Ear Candle – Kaitannya dengan bahaya ear candle, banyak sekali hal yang perlu diwaspadai dan sangat tidak disarankan untuk melakukan hal ini.

Sisi Negatif Perawatan Ear Candle

Akhir-akhir ini nampaknya banyak sekali klinik kecantikan ataupun kesehatan di luar sana yang memberikan penawaran menarik atas adanya layanan ear candle.

Bagi sebagian orang, istilah ear candle ini mungkin agak asing, karena layanan yang semacam ini baru menjadi viral di akhir-akhir ini. Sekalipun demikian, tahukah Anda jika ternyata ada bahaya ear candle yang siap menunggu Anda jika dalam jangka waktu yang panjang Anda tidak menghentikannya.

Memang, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa banyak pihak yang mendemonstrasikan akan berbagai manfaat dari ear candle yang konon bisa membersihkan telinga dengan mengangkat kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan cotton bud.

Selain itu, ada yang mengklaim jika tindakan ear candle ini juga memberikan kenyamanan tersendiri atas telinga yang terasa lebih lega dan enteng sesudahnya. Namun, tahukah Anda jika di balik itu semua ada bahaya ear candle yang menanti.

Baca Juga : Beberapa Hal Penting Tentang Kesehatan Rambut Manusia

Lantas, apa itu sebenarnya Ear Candle?

Sebagian orang yang belum pernah mendengar trend kekinian cara membersihkan telinga, bisa dipahami bersama bahwa terlepas dari bahaya ear candle, istilah ear candle merujuk pada teknik pembersihan telinga yang dilakukan dengan memanfatkan lilin yang disulut api selama beberapa saat.

Sisi Negatif Perawatan Ear Candle

Melalui tindakan semacam ini, banyak orang yang percaya jika semua kotoran yang terdapat di dalam telinga akan terangkat secara keseluruhan.

Kaitannya dengan bahaya ear candle, disebutkan bahwa untuk jenis lilin yang digunakan bukan sembarangan lilin yang dijual di pasaran. Sebut saja lilin yang memiliki ukuran 20cm yang dibuat dari linen dan dilapisi oleh sarang tawon dan juga paraffin.

Dengan membentuk ujungnya seperti kerucut, lilin tersebut akan dimasukkan ke dalam telinga dan bagian atasnya disulut dengan api serta bagian tengahnya diberikan kertas demi mencegah lelehan lilin jatuh ke lubang telinga.

Beberapa lilin yang digunakan dalam proses ear candle tersebut juga ada yang memiliki aroma khusu yaitu chamomile yang nantinya akan memberikan sensasi yang menenangkan sehingga akan menurunkan tingkatan stress dalam tubuh.

Dengan mengabaikan bahaya ear candle, lilin yang telah disulut oleh api tersebut akan dibiarkan menyala pada telinga seseorang dalam jangka waktu 15 menit lamanya dan therapist akan menunjukkan kotoran pada akhir proses terapi.

Di balik klaim manfaat Perawatan dari Ear Candle ada resiko yang sangat besar

Sekalipun ear candle dipercaya bisa meringankan sakit kepala, pilek, sinusitis hingga mengatasi gangguan pendengaran, selama ini tidak ada bukti ilmiah yang merujuk pada hal tersebut.

Justru bahaya ear candle yang kini mulai dikampanyekan untuk kemudian menghentikan praktik tersebut. Persepsi tidak adnya manfaat ear candlepun juga diungkapkan pihak American Academy of Audiology yang menyatakan tindakan ini sangat tidak disarankan.

Terkai dengan bahaya ear candle, seperti yang banyak diungkapkan oleh beberapa pihak praktisi kesehatan, berikut beberapa hal mengerikan yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan terapi ear candle.

  • Terjadinya infeksi sekaligus iritasi ringan yang bertambah parah seiring dengan teknik ear candle yang terus dilakukan.
  • Adanya penyumbatan pada gendang telinga secara perlahan karena sisa hasil pembakaran lilin yang justru membawa dampak kerusakan lebih parah.
  • Kehilangan pendengaran yang hanya bersifat sementara.
  • Lelehan yang jatuh ke dalam telinga sangat berpotensi atas terjadinya pendarahan pada telinga dan meningkatkan resiko lain yang lebih berbahaya.
  • Terjadinya luka bakar pada bagian gendang telinga, wajah ataupun bagian telinga lain.

Dengan adanya bahaya ear candle yang tersebut di atas, apakah Anda tetap akan menggunakan ear candle dalam membersihkan telinga?

Mulai sekarang, hindari tindakan ini jika memang Anda tidak ingin kehilangan kemampuan mendengar Anda. selain itu, percayalah bahwa ear candle hanya sebatas mitos belaka dan hal ini diungkapkan oleh Prof. Dr. Zainul A. Djafar, ahli THT serta bedah yang mengungkapkan tidak ada kaitannya antara ear candle dengan kesehatan telinga.

Solusi cara bersihkan telinga dengan aman

Terlepas dari bahaya ear candle, lantas yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membersihkan telinga dengan aman. Banyak orang yang beranggapan jika cotton bud adalah cara yang tepat dalam mengangkat kotoran dalam telinga.

Namun, hal ini justru sangat berbahaya karena kotoran justru akan terdorong masuk lebih jauh sehingga besar kemungkinan terjadi penyumbatan. Sebagai solusi yang aman, datanglah ke THT yang akan membantu Anda mengatasi hal tersebut.

Seyogyanya, tindakan ear candle tidak perlu Anda lakukan sebagai bentuk cara membersihkan telinga dengan benar. Mengingat banyaknya bahaya ear candle yang harus diwaspadai seperti yang tersebut di atas.

Sedangkan untuk membersihkan telinga yang benar dan aman, Anda disarakan untuk mengunjungi dokter THT yang dengan menggunakan alat kesehatan tertentu, semua kotoran akan hilang dan pastinya tidak akan ada masalah baru yang timbul di kemudian hari.

Baca Juga : 6 Upaya Alami Untuk Tulang Sehat dan Kuat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here