Home Tips Kesehatan Penyakit Asam urat Jangan di Sepelekan Tua Muda Sama Saja

Penyakit Asam urat Jangan di Sepelekan Tua Muda Sama Saja

887
0

Penyakit Asam urat Jangan di Sepelekan Tua Muda Sama Saja – Permasalahan penyakit asam urat bisa terjadi di masa muda ketika pola hidup tidaklah sehat sehingga menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Penyakit Asam urat Jangan di Sepelekan Tua Muda Sama Saja

Pernahkah Anda merasakan adanya nyeri pada persendian yang kemudian merembet pada pembengkakan?

Jika Anda mendapati kondisi semacam ini, cobalah untuk meningkatkan kewaspadaan sebab bisa jadi hal ini merupakan awal mula dari penyebab asam urat.

Penyakit asam urat sendiri sering kali terjadi pada bagian pergelangan kaki, sendi jari kaki hingga jari kaki itu sendiri. Rasa tidak nyaman yang semacam ini nantinya akan mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Namun, siapa sangka jika penyakit asam urat itu sendiri pada hakikatnya juga terjadi pada semua orang tanpa mengenal batasan usia.

Pola hidup yang kurang sehat termasuk di dalamnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat menjadi pemicu utama permasalahan asam urat.

Oleh sebab itu, Penting bagi Anda selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan porsinya yang diimbangi dengan olahraga secara teratur.

Sekilas tentang penyakit asam urat

Disebutkan bahwa asam urat merupakan bagian dari permasalahan Peradangan atau Arthritis yang kemudian menyebabkan adanya permasalahan yang tersebut di atas hingga berakhir dengan adanya pembengkakan pada bagian sendi seluruh tubuh.

Jenis penyakit asam urat itu sendiri pada hakikatnya disebabkan oleh adanya senyawa alami pada tubuh yang diproduksi dalam jumlah berlebih, sehingga memicu munculnya permasalahan tersebut.

Dalam kadar yang normal, penyakit asam urat tidak akan muncul pada seseorang. Akan tetapi, jika Anda mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang sangat tinggi seperti emping melinjo dan lain sebagainya, maka ginjal tidak akan mampu untuk bekerja secara maksimal dalam mengola kadar purin berlebih dalam tubuh.

Adanya kondisi tersebut menyebabkan terbentuknya kristal pada bagian persendian sehingga menimbulkan rasa yang sakit.

Gejala permasalahan asam urat

Ada berbagai gejala penyakit asam urat yang mungkin tidak terlalu disadari oleh mereka yang berpotensi mengalami permasalahan ini.

Hal ini disebabkan bahwa gejala tersebut akan muncul ketika penumpukan zat purin dalam tubuh telah mencapai batasan tertentu sehingga menimbulkan permasalahan asam urat.

Berikut ini beberapa gejala asam urat yang perlu diperhatikan demi menekan resiko yang lebih parah.

1). Munculnya rasa nyeri mendadak pada persendian terutama di pagi hari.

2). Adanya pembengkakan pada sendi yang menjadikan sendi lebih lunak dari sebelumnya.

3). Perasaan panas yang terdapat di sekitar sendi.

4). Adanya penampakan kemerahan pada bagian sendi.

Sering kali gejala dari penyakit asam urat ini muncul pada malam hari sehingga andapun juga harus waspada dalam menangani permasalahan tersebut.

Selain itu, dikatakan bahwa gejala tersebut juga berlangsung dalam waktu yang singkat atau 1-2 jam saja.

Namun, pada kondisi yang parah, gejala tersebut bisa terus menerus ada pada tubuh hingga mencapai kisaran 6-12 bulan lamanya.

Lakukan pemeriksaan diri pada dokter jika Anda merasakan gejala asam urat semacam ini.

Penyakit asam urat bisa menyerang semua usia

Jika disebutkan di awal bahwa penyakit asam urat ini bisa terjadi pada semua usia, maka hal yang demikian ini adalah benar adanya.

Selanjutnya, yang perlu Anda sadari kaitannya dengan asam urat di usia muda ini lebih sering disebabkan oleh pengkonsumsian makanan yang memiliki kadar purin tinggi, sehingga dalam sistem pencernaan akan dihasilkan asam urat.

Saat Anda tidak memperhatikan apapun yang Anda konsumsi, bisa jadi kadar asam urat akan meningkat.

Sebagai solusinya, maka akan sangat penting untuk Anda menghindari pengkonsumsian berbagai jenis makanan ataupun minuman yang menjadi pemicu awal atas terjadinya penyakit asam urat.

Berikut ini beberapa deretan makanan sekaligus minuman yang wajib dihindari karena sering menjadi pemicu awal peningkatan kadar asam urat pada tubuh anak muda maupun dewasa.

– Minuman bersoda dan beralkohol karena kandungan pemanis yang menyebabkan peningkatkan kadar asam urat.

– Sayuran hijau seperti halnya asparagus, bayam, kembang kol dan juga jamur sering kali menyebabkan adanya kadar asam urat yang tinggi.

– Pengkonsumsian daging hewan yang berlebihan bisa meningkatkan asam urat karena tingginya kadar purin pada daging tersebut.

Jika seseorang telah mengalami permasalahan penyakit asam urat, maka akan sangat besar kemungkinan jika ke depannya penyakit tersebut akan tetap ada di dalam tubuhnya hingga masa tua kelak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Theodore Fields, MD mengungkapkan jika pria memiliki peluang terkena asam urat lebih besar dibandingkan dengan wanita.

Hal ini disebabkan oleh adanya Hormone Esterogen yang melindungi atas tingginya asam urat.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk selalu waspada dalam menyikapi adanya penyakit asam urat. Pastikan Anda selalu mengatur pola hidup yang sehat sehingga di masa muda Anda tidak akan mengalami berbagai gejala permasalahan asam urat.

Melalui olahraga teratur, makan seimbang dan istirahat cukup akan membantu mengatasi masalah asam urat. Dengan demikian, di masa tua kelak, kadar asam urat Anda akan tetap dalam keadaan yang normal.

Baca Juga : Karies Gigi Anak Kenali Sedini Mungkin Penyebabnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here