Home Tips Kesehatan Kedahsyatan 4 Organ Tubuh Manusia Selain Otak

Kedahsyatan 4 Organ Tubuh Manusia Selain Otak

332
0

Kedahsyatan 4 Organ Tubuh Manusia Selain Otak – Selain otak, ternyata ada beberapa organ tubuh manusia yang memiliki fungsi dahsyat. Oleh karena itu, kita patut untuk mengetahui apa saja organ tersebut. Ini dia penjabarannya.

Kedahsyatan 4 Organ Tubuh Manusia Selain Otak

Kita memiliki organ tubuh manusia yang jumlahnya banyak, dengan berbagai macam fungsi berbeda. Hal seperti ini menjadi satu bentuk pemberian Tuhan yang bisa membantu kita untuk hidup secara optimal dengan berbagai fungsi organ di dalam tubuh.

Adanya organ tubuh manusia ini akan memberi banyak sekali fungsi dan peran penting yang akan menunjang aktivitas kita. Dengan demikian, kita pun bisa melakukan banyak hal secara optimal, sehingga tak perlu merasa terhambat.

Kehebatan Fungsi yang Ada pada Organ Tubuh Manusia

Tuhan telah menciptakan organ tubuh manusia secara sempurna. Organ yang ada di dalam tubuh manusia memiliki peran yang begitu luar biasa tanpa peduli dengan ukurannya.

Pada saat seseorang mendonorkan setengah liter darah, ia pun akan kehilangan sel darah merah sebanyak 3,5 triliun. Akan tetapi tubuh bisa menggantinya dengan cepat.

Sebagai contoh lain, pada saat kita mengalami luka akibat terjatuh atau tergores, maka di permukaan kulit akan ada bagian kulit yang mengelupas.

Di sini juga akan ada darah yang keluar dan bagian tubuh tersebut pun akan terasa sakit. Akan tetapi, sel darah putih akan bekerja untuk menyembuhkan luka ini secara bertahap dengan benang fibrinnya.

Berbagai macam fungsi organ tubuh manusia tersebut tentu saja tak bisa ditandingi. Bahkan, sejumlah alat bantu buatan manusia tak bisa menandingi peran dan fungsi asli dari organ yang ditiru tersebut.

Dengan demikian, kita patut bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan untuk membuat kehidupan bisa berjalan secara maksimal.

Kedahsyatan Organ Tubuh Manusia Selain Otak

Sejauh ini, kita lebih sering berfokus pada otak yang dianggap menjadi organ tubuh manusia paling dahsyat. Memang hal ini menjadi suatu fakta yang benar.

Akan tetapi, masih ada beberapa organ tubuh lain yang memiliki fungsi luar biasa. Berikut ini beberapa organ tersebut, berdasarkan kutipan dari Listverse.com.

1. Tempurung Lutut

Tempurung Lutut terkadang menjadi satu organ tubuh manusia yang kurang diperhatikan. Padahal, organ tubuh yang satu ini memiliki fungsi sangat penting. Tanpa adanya organ ini, manusia tak bisa berlutut atau berjalan.

Fungsi utama pada tempurung lutus jika dilihat secara teknis dapat kita sebut dengan patella, yaitu tulang tebal dan berbentuk segitiga, yang bisa melipat dan meluruskan kaki.

2. Sistem Vestibula

Sebagian dari kita mungkin ada yang pernah melihat orang lain yang sering kali merasa pusing dan jatuh pingsan secara tiba-tiba. Pada umumnya, kejadian ini sering kali dialami oleh orang yang tak mengalami masalah pusing biasa. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena ada masalah di sistem Vestibular.

Vestibular merupakan suatu sistem yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan tubuh manusia. Letak sistem sensorik ini di dalam telinga bagian tengah.

Selain memiliki fungsi pada sistem keseimbangan, organ tubuh manusia yang satu ini juga berfungsi supaya manusia bisa membedakan arah serta memperbaiki jarak. Salah satu gangguan akibat adanya masalah pada sistem Vestibular adalah Vertigo.

3. Lensa Mata

Kristali atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan lensa mata ialah bagian mata yang ada di belakang pupil. Fungsi organ tubuh manusia ini adalah untuk memfokuskan cahaya ke bagian retina. Lensa didukung otot yang bisa kita kenal dengan nama Muskulus Siliaris atau otot daging yang melingkar.

Jika otot daging yang melingkar ini berkontraksi, maka akan terjadi perubahan pada ukuran lensa. Kemampuan seperti ini disebut dengan daya akomodasi. Ruangan yang ada di antara lensa dan kornea diisi dengan cairan encer atau Aqueos humor.

Pada bola mata ada cairan transparan dan kental yang membuat bola mata kukuh. Cairan ini bisa kita kenal dengan istilah Vitreous Humor.

Bila terlalu banyak cairan yang ada di dalam mata, akan terjadi gangguan dan biasa disebut glaukoma. Penyakit ini bisa mengakibatkan kebutaan bila tak segera diobati.

4. Uterus

Uterus atau rahim merupakan organ tubuh manusia yang berperan penting dalam reproduksi wanita. Uterus manusia memiliki buah seperti buah pir serta seukuran telur ayam. Uterus kebanyakan terdiri dari otot. Lapisan jaringan terdalamnya bisa kita sebut dengan istilah Endometrium.

Pada sebagian besar mamalia, termasuk juga dengan manusia, endometrium bisa membuat lapisan pada sejumlah waktu tertentu yang bila tidak ada kehamilan yang terjadi, maka akan diserap atau dilepaskan kembali.

Fungsi organ tubuh manusia yang satu ini adalah untuk menjadi tempat pertumbuhan serta perkembangan embrio sampai dengan dilahirkan.

Rahim memiliki peran yang besar pada saat menstruasi sampai melahirkan. Rahim akan memberi nutrisi untuk janin yang tertanam di dalamnya melalui pembuluh darah.

Beberapa organ tubuh manusia seperti yang ada di atas memiliki fungsi yang luar biasa. Oleh karena itu, kita patut menjaga kesehatannya agar bisa tetap berfungsi secara optimal. Dengan demikian, kita pun tak perlu kesulitan untuk beraktivitas.

Demikianlah artikel kami mengenai Kedahsyatan 4 Organ Tubuh Manusia Selain Otak, Semoga artikel kami ini dapat membantu pengetahuan anda.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Fokus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here