Home Tips Kesehatan Kenali Dulu Apa Itu Organ Limpa Manusia

Kenali Dulu Apa Itu Organ Limpa Manusia

110
0

Kenali Dulu Apa Itu Organ Limpa Manusia – Kenalilah apa itu organ limpa manusia. Di samping itu, Anda pun bisa mengetahui penyakit yang terjadi pada organ ini serta gejalanya.

Kenali Dulu Apa Itu Organ Limpa Manusia

Sudah ada banyak di antara kita yang mengenal organ limpa manusia. Seperti yang kita ketahui, organ yang ada di dalam tubuh manusia ini sering kali dikatakan rawan.Maka dari itu, tak heran jika ada banyak orang yang berusaha untuk menjaga kesehatan limpanya.

Tiap manusia memiliki limpa. Maka dari itu, organ limpa manusia ini pun memiliki peran yang penting di dalam tubuh kita. Dengan demikian, tak ada salahnya untuk kita mengenal lebih jauh seperti apa limpa itu.

Kenali Dulu Apa Itu Organ Limpa Manusia

Organ limpa manusia merupakan kelenjar tanpa saluran atau Ductless yang memiliki hubungan erat dengan sistem sirkulasi. Fungsi dari organ ini adalah untuk menghancurkan sel darah merah tua.

Organ ini tergolong salah satu organ sistem Limfoid. Sistem Limfoid memiliki fungsi melindungi badan dari kerusakan yang diakibatkan oleh zat asing.

Sel-sel yang ada pada sistem ini sering kita kenal dengan nama sel imunokompeten, yaitu sel yang bisa membedakan sel tubuh dengan zat asing serta menyelenggarakan perusakan benda-benda asing. Sel imunokempeten sendiri terdiri dari 2, yaitu seperti berikut.

  • Sel utama bergerak

Yaitu sel Makrofag dan sel Imfosit.

  • Sel utama menetap

Yaitu sel Plasma dan Retikuloendotel.

Seperti Apa Anatomi dan Fungsi Organ Limpa Manusia?

Kita bisa mengetahui terlebih dahulu anatomi organ limpa manusia.

Limfa adalah organ Limfoid yang paling besar dan berada di bagian depan serta dekat punggung rongga perut, yang lebih tepatnya berada di antara lambung bawah tulang rusuk dan diafragma. Secara anatomis, tepian Limfa yang normal memiliki bentuk pipih.

Fungsi organ limpa manusia ini adalah mengakumulasi Limfosit serta Makrofag, tempat cadangan darah, degradasi Eritrosit, serta sebagai organ yang mempertahankan tubuh dari benda asing yang akan masuk ke darah.

Limpa dibungkus kapsula yang memiliki 2 lapisan, yaitu 1 lapisan otot halus dan lapisan jaringan penyokong yang tebal. Trabekula merupakan perpanjangan kapsula ke bagian dalam limpa.

Trabekula mengandung saraf, Vena, Arteri, serta pembuluh Limfe. Parenkim Limpa dinamakan Pulpa yang terdiri dari Pulpa Merah dan Pulpa Putih.

Pulpa merah terdiri dari Sinusoid Limpa. Sementara itu, pulpa putih tersebar du dalam pulpa merah, memiliki bentuk oval, dan warnanya putih kelabu.

Pulpa putih sendiri terdiri atas Folikel Limfoid, Pariarteriolar Limphoid, serta Zona Marginal. Pada umumnya folikel limfoid terdiri dari Sel Debri, Makrofaga, dan Sel Limfosit B.

Hati-hati dengan Pembengkakan pada Organ Limpa Manusia

Pembengkakan pada organ limpa manusia bisa terjadi. Limfa normal memiliki berat 150 gram serta panjangnya sekitar 11 sampai 20 cm.

Akan tetapi, ada penyakit atau infeksi tertentu yang bisa menyebabkan pembengkakan pada limfa. Pembengkakan ini disebut dengan Spelenomegali.

Splenomegali merupakan keadaan yang menyebabkan pembengkakan pada organ limpa manusia secara tak wajar.

Berat limpa yang membengkak bisa mencapai 1 kg serta panjangnya lebih dari 20 cm. Kinerja limpa yang membengkak pun tak akan bisa berlangsung secara maksimal.

Seiring dengan semakin bertambah besarnya limpa, maka jumlah sel darah merah yang diangkut pada aliran darah pun akan berkurang.

Ada penumpukan sel darah merah serta trombosit di dalam limpa. Hal ini pun akan menyumbat serta merusak jaringan limpa. Beberapa kasus bisa membuat limpa pecah serta terjadi pendarahan internal fatal.

Kenali Beberapa Penyebab Pembengkakan Organ Limpa Manusia

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pembengkakan organ limpa manusia. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Infeksi virus, contohnya adalah Mononucleosis.

2. Infeksi bakteri, contohnya Endokarditis di dalam lapisan jantung dan Sipilis.

3. Infeksi parasit, contohnya Malaria.

4. Perlemakan hati dan penyakit sirosis.

5. Penyakit Kanker Darah, misalnya saja Limfoma, Leukimia, Myelofibrosis, dan Hodgkin.

6. Berbagai macan Anemia Hemolitik, contohnya Sferositosis, Thalasemia, dan Anemia Sel Sabit.

7. Penyakit Autoimun Peradangan, contohnya Rematik dan Lupus.

8. Gangguan Metabolisme, misalnya penyakit Niemann-pick dan Gaucher.

9. Gagal jantung kongestif.

10. ITP atau Immune Thrombocytopenic Purpura.

11. Polisitemia vera.

12. Trombosis Vena Dalam.

Apa Saja Gejala Pembengkakan Organ Limpa Manusia?

Ada beberapa gejala yang bisa muncul pada pembengkakan organ limpa manusia. Akan tetapi, gejala yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri pada kiri atas perut, terlebih jika saat menarik napas dalam, serta sensasi perut kembung. Rasa nyeri ini bisa menjalar hingga bahu kiri.

Beberapa orang yang mengalami penyakit ini mungkin juga mengeluh dirinya cepat kenyang serta terjadi refluks asam lambung.

Hal ini disebabkan pembengkakan organ limpa manusia yang menekan organ pada perut. Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh pengidap pembengkakan limpa.

  • Demam.
  • Mudah lelah.
  • Pucat.
  • Berkeringat di makam hari.
  • Mudah mengalami pendarahan dan infeksi.
  • Berat badan berkurang karena gampang merasa kenyang.

Beberapa hal penting tentang organ limpa manusia seperti yang ada di atas telah Anda tahu. Dengan demikian, kita pun bisa melakukan perawatannya secara maksimal.

Baca Juga : Ketahui Dulu Apa Organ Baru pada Tubuh Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here