Home Tips Kesehatan Cara Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Fokus

Cara Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Fokus

161
0

Cara Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Fokus – Fungsi otak adalah menerima sekaligus menerjemahkan, oleh sebab itu menjaga kesehatan otak sangat penting supaya otak bisa tetap fokus dalam menjalankan tugasnya.

Cara Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Fokus

Fungsi otak adalah menerima sekaligus menerjemahkan, oleh sebab itu menjaga kesehatan otak sangat penting supaya otak bisa tetap fokus dalam menjalankan tugasnya.

Tetapi fakta mengatakan bahwa otak tidak dapat melawan proses tubuh manusia, contohnya penuaan.

Semakin bertambah usia kita semakin menurun pula fungsi kerja otak kita. Tetapi setidaknya ketika kita masih dalam masa pertumbuhan hingga dewasa, kita bisa menjaga kesehatan otak supaya tetap fokus.

Cara Menjaga Kesehatan Otak

Karena otak merupakan bagian penting dalam tubuh manusia, bukan berarti otak tidak dapat terserang penyakit atau gangguan yang lainnya. Bahkan otak sangat rawan terhadap gangguan dan hal itu dapat menyebabkan menurunnya tingkat konsentrasi otak.

Disini ada beberapa cara menjaga kesehatan otak yang dapat Anda lakukan supaya otak tetap fokus dan dapat bekerja secara maksimal.

1. Memerhatikan tekanan darah, kolesterol dan gula darah.

Jika tekakan darah tinggi dan kolesterol juga tinggi diiringi dengan kadar gula darah yang tidak terkondisikan, sangat rawan sekali seseorang akan mengalami penyakit Alzheimer.

Alzheimer adalah penyakit menurunnya daya ingat, menurunnya kemampuan berfikir serta berbicara. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat merubah perilaku seseorang yang disebabkan oleh gangguan dalam otak.

Selain itu, kolesterol juga dapat menyumbat pembuluh darah otak, sehingga cadangan oksigen menuju otak berkurang. Pentingnya menjaga kesehatan otak juga dikarenakan fatalnya akibat yang ditimbulkan jika penderita mengalami hal yang demikian itu, karena dapat menyebabkan stroke atau bahkan kematian.

Biasanya penderita stroke perlahan-lahan berkurang kemampuan berbicara, melihat serta melakukan gerakan tergantung dari bagian otak yang diserang.

2. Olahraga teratur

Banyak sekali manfaat olahraga yang dapat kita rasakan bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan otak supaya tetap konsentrasi dan fokus dengan aktifitas yang dilakukan sehari-hari.

Dengan berolahraga, pembuluh darah kecil dapat mengantar darah yang kaya akan oksigen menuju ke otak dengan lancar tanpa kendala.

Selain itu, dengan berolahraga akan memudahkan pertumbuhan sel yang baru dan otak akan bekerja dengan lebih maksimal.

Olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada pada tubuh, mengurangi tekanan darah, serta menghilangkan stress akibat aktifitas yang melelahkan.

Dengan begitu olahraga berpengaruh sekali dalam menjaga kesehatan otak dan tubuh secara optimal.

3. Berhenti merokok

Banyak sekali dampak negatif dari merokok, salah satunya yaitu mengurangi konsentrasi otak. Merokok bisa menyebabkan korteks menipis, korteks adalah bagian otak yang berfungsi sebagai pengingat, pemikir, berbahasa dan berargumen.

Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan stroke akibat terserangnya otak oleh kandungan rokok. Dengan begitu, Anda bisa berhenti merokok mulai sekarang untuk menjaga kesehatan otak agar tetap berfungsi dengan baik.

4. Kebutuhan nutrisi otak

Konsumsilah makanan yang mengandung anti oksidan untuk melindungi kerusakan otak yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsilah ikan, buah, sayuran dan kacang-kacangan.

Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon untuk mencukupi omega-3 yang dibutuhkan oleh otak. Karena hal ini dapat membangtu menjaga kesehatan otak dengan cara meminimalisir peradangan otak, menurunkan kolesterol dan mengoptimalkan kerja otak Anda.

Mengkonsumsi banyak sayuran hijau, biji-bijian utuh serta sereal dapat mengurangi tingkat homosistein karena mengandung asam folat, vitamin B12 dan B6. Akan sangat berbahaya jika homosistein dalam tubuh meningkat karena dapat menyebabkan stroke, penggumpalan darah serta serangan jantung.

5. Istirahat yang cukup

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak agar tetap fokus dan maksimal adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup setiap harinya dapat meningkatkan konsentrasi otak Anda.

Selain itu dengan beristirahat otak menjadi lebih kuat dan memori atau ingatan otak bisa terlindungi dan membuat lebih fokus lagi setelah beristirahat. Dengan begitu akan mudah muncul ide baru atu mungkin masalah akan teratasi dengan solusi yang tepat.

Seperti yang kita ketahui bahwa otak sudah terlindunngi oleh tulang tengkorak yang kuat dan keras supaya saat terbentur otak tidak langsung mengalami kerusakan.

Jaringan selaput keras yang melindungi otak itu disebut meninges dapat melindungi otak dengan baik, tetapi bukan berarti otak tidak dapat mengalami kerusakan atau beresiko terserang penyakit.

Oleh karena itu menjaga kesehatan otak adalah hal utama yang harus kita perhatikan karena mengingat pentingnya fungsi otak bagi tubuh dan aktifitas sehari-hari.

Agar fungsi otak Anda tetap maksimal, maksimalkan pula dalam menjaganya yaitu dengan memperhatikan tekanan darah, kolesterol serta kadar gula dalam tubuh Anda.

Kemudian melakukan olahraga rutin setiap harinya, berhenti merokok untuk menjaga kesehatan otak Anda, lalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung gizi seimbang, serta istirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina tubuh serta kerja otak yang semakin maksimal untuk beraktifitas kembali.

Baca Juga : 8 Bagian Dari Sistem Endokrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here