Home Tips Kesehatan Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

217
0

Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda – Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh awet muda, wajib mempertimbangkan 5 cara hidup sehat berikut ini.

Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

Memiliki tubuh yang sehat dengan wajah dan kulit awet muda jelas menjadi dambaan setiap orang. Sebagian besar orang yang telah memasuki usia 30 tahun keatas cenderung memiliki permasalahan kesehatan.

Tak hanya soal penuaan pada kulit dan wajah, berbagai masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan, hipertensi, diabetes dan lain-lain bisa saja menyerang usia produktif lho! Lalu, bagaimana cara memiliki tubuh awet muda? Berikut tips hidup sehat yang bisa Anda jadikan panduan terbaik.

Baca Juga : Ketahui Bahaya Di Balik Badan Terlalu Kurus

1. Mengkonsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Semakin bertambah usia, masalah penuaan seperti kulit kusam, berjerawat, bintik hitam hingga keriput sering membuat penampilan tak lagi percaya diri.

Anda tetap bisa tampil segar dan sehat, Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran berwarna oranye, merah, kuning dan hijau dipercaya bisa memperbaharui dan mencegah sel tubuh mengalami kerusakan.

Buah dan sayur banyak mengandung antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas. Masing-masing antioksidan yang ada pada buah dan sayur memiliki khasiat yang berbeda-beda.

Misalnya antioksidan pada brokoli mampu membantu mencegah pertumbuhan kanker payudara atau antioksidan pada buah alpukat yang baik untuk kesehatan kulit. Anda yakin tidak ingin mempraktikkan cara memiliki tubuh awet muda yang mudah ini?

2. Konsumsi Lemak Sehat

Kehidupan harian rasanya tidak bisa lepas dari konsumsi lemak khususnya lemak jenuh. Kalau Anda pecinta makanan gorengan, lemak jenuh menjadi musuh utama kesehatan yang tidak bisa dihindari.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mulai mengganti penggunaan minyak goreng biasa dengan minyak goreng yang tidak mengandung lemak jenuh seperti minyak zaitun, minyak jagung dan sebagainya.

Dari faktor makanan, cara memiliki tubuh awet muda adalah rajin mengkonsumsi biji-bijian. Biji-bijian sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kolesterol, penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, Anda bisa pula mendapatkan manfat omega 3 yang baik dari konsumsi ikan laut seperti salmon dan sarden yang efektif mencegah kerusakan pada kulit.

3. Mengkonsumsi Teh Hijau

Kalau Anda pecinta kafein, sebaiknya mulai batasi konsumi kafein setiap hari agar memiliki tubuh yang lebih sehat. Cara memiliki tubuh awet muda adalah mengatasi kecanduan kafein dengan mulai mempertimbangkan konsumsi minuman pengganti seperti teh hijau.

Teh alami ini mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of Food Science menyebutkan bahwa teh hijau organik memiliki kandungan antioksidan paling tinggi lho! Apalagi aman dikonsumsi hingga lima cangkir setiap hari.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Diabetes merupakan masalah yang sering melanda orang yang mengalami pertambahan usia. Alangkah baiknya untuk menjaga berat badan tetap ideal kalau Anda ingin tampil lebih awet muda.

Memiliki tubuh ideal juga mendukung kehidupan yang lebih sehat sehingga Anda terhindar dari risiko penyakit seperti Jantung, Diabetes, Kolesterol, Hipertensi hingga Stroke.

Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

Seiring pertambahan usia yang mulai tua, sebaiknya terapkan cara memiliki tubuh awet muda yaitu mengatur pola makan lebih sedikit namun bergizi.

Pada usia 30 tahun ke atas, metabolisme tubuh lebih lambat sehingga Anda wajib mengkonsumsi jenis makanan yang rendah kalori. Selain itu, cukupi asupan kebutuhan cairan dalam tubuh yaitu minum air minimal delapan gelas setiap hari.

5. Memiliki Gaya Hidup Sehat

Cara memiliki tubuh awet muda pasti didukung kesehatan fisik dan psikis. Gaya hidup sehat tentu mendukung keinginan tampil lebih segar setiap saat. Anda wajib beristirahat cukup, hindari alkohol dan nikotin dan rutin berolahraga.

Bagi orang yang cukup sibuk, meluangkan waktu setidaknya 20 menit setiap hari untuk berjalan kaki atau olahraga ringan sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, hal paling penting yang bisa Anda coba terapkan untuk memiliki hidup yang lebih sehat dan bahagia adalah mengelola stress. Stress bisa membuat Anda mengalami masalah kesehatan termasuk penuaan dini.

Coba atur waktu lebih fleksibel untuk berkumpul bersama keluarga, menonton film atau melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti traveling atau menjalani hobi Anda. Cara memiliki tubuh awet muda dengan mengelola stress dianggap paling jitu lho!

Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

Menjaga penampilan dan kecantikan diri sendiri juga diperlukan untuk mendukung gaya hidup sehat dan awet muda. Gunakan produk kecantikan yang sesuai jenis kulit dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jangan lupa untuk melindungi kulit dari pancaran Sinar UV berlebihan agar terhindar dari risiko radikal bebas yang merusak kulit. Anda jelas tidak ingin terlihat lebih tua daripada umur sebenarnya karena kulit mengalami masalah kusam, keriput dan bermasalah, bukan?

Yuk, coba cara memiliki tubuh awet muda yang bisa membuat Anda tampil lebih segar dan bahagia! Tak hanya bisa terlihat lebih muda, Anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan yang terbebas dari risiko penyakit seiring usia yang menua. Nah, Anda yakin tidak ingin terlihat lebih berseri di usia 30 tahun keatas?

Baca Juga : Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here