Home Tips Kesehatan Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan

Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan

40
0

Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan – Bahaya membersihkan hidung dengan menggunakan jari sangat buruk sehingga kebiasaan mengorek dengan jari perlu dihindari dan dihentikan. Semua lengkap dalam artikel berikut ini.

Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan

Hidung adalah satu organ tubuh manusia yang sangat vital. Fungsinya yakni sebagai indera penciuman serta untuk menjaga kelembapan serta penghangat udara.

Selama ini, untuk menjaga kebersihan/menghilangkan kotoran pada hidung manusia terbiasa untuk mengoreknya padahal sesungguhnya terdapat bahaya membersihkan hidung dengan jari.

Membersihkan hidung dengan jari tanpa disadari adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Dan itu sangat wajar terjadi, karena dengan santainya orang-orang mengupil atau mengorek hidung dengan tangan dalam waktu yang lama.

Kebiasaan dari mengupil ini dilakukan ketika hidung terasa gatal ataupun terdapat kotoran di dalamnya.

Rasa enak dan lega ketika telah selesai mengupil dengan jari tangan akan didapatkan ketika rasa gatal telah berkurang ataupun kotoran yang didapati di dalamnya turut keluar.

Namun, terdapat suatu hal yang selama ini jarang diketahui dan diabaikan oleh kebanyakan orang mengenai bahaya membersihkan hidung dengan jari tangan.

Kotoran yang berada di rongga hidung atau yang sering disebut upil adalah normal adanya pada setiap manusia. Kondisi terbentuknya upil (kotoran hidung) merupakan suatu kondisi hasil pengeringan dari ingus atau Mukus Koloid.

Keberadaannya terkadang sangat mengganggu sehingga dengan reflek, orang-orang membersihkan hidung dengan jari.

Penyebab Terbentuknya Kotoran Hidung (Upil)

Sebelum membahas lebih lanjut terkait bahaya membersihkan hidung dengan jari tangan, Anda harus mengetahui bagaimana sesungguhnya upil itu dapat terbentuk di dalam hidung.

Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan

Berdasarkan keterangan para spesialis dokter Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) penyebab produksi upil antara lain :

1). Kondisi lingkungan sekitar yang kering, sangat cepat meningkatkan produksi kotoran dalam hidung.

2). Terangkatnya sebuah lapisan di dalam hidung yang terjadi setelah dilakukannya operasi Sinusitis.

3). Adanya bakteri Ozaena yang menghambat proses produksi kelenjar dalam hidung, sehingga diakibatkan ingus akan cepat kering.

Untuk membersihkannya, dianjurkan untuk tidak dengan mengoreknya mengingat bahaya membersihkan hidung dengan jari tangan juga dapat berakibat terhadap hal yang tidak diharapkan.

Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Jenis-Jenis Distrofi Otot Sebagai Penyakit Berbahaya

Bahaya Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan yang Perlu Anda Ketahui

Kebersihan hidung harus selalu terjaga dengan baik. Setiap orang perlu membersihkan hidung secara rutin. Namun terdapat hal yang selama ini menjadi kebiasaan justru sangat membahayakan, yakni membersihkannya dengan jari.

Padahal perilaku demikian tanpa disadari memiliki bahaya membersihkan hidung dengan jari.

Adapun bahaya membersihkan hidung dengan jari dikemukakan telah dikemukakan oleh banyak dokter dan spesialis THT, di antaranya sebagai berikut :

1. Membersihkan kotoran hidung menggunakan jari mengakibatkan meningkatnya resiko bakteri masuk ke dalam hidung dan menyebabkan infeksi serta mimisan.

Hal ini dikarenakan tangan yang digunakan untuk mengorek dalam keadaan yang kotor, bakteri masuk sementara kondisi Mukosa hidung sangatlah tipis dan mudah robek.

2. Kebiasaan mengorek hidung kebanyakan disertai dengan garukan-garukan yang dapat menyebabkan hidung mengalami bisul sampai terjadinya radang otak.

3. Mengorek hidung secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan hidung sehingga hidung akan tersumbat, terjadi pilek, gangguan tidur, gangguan saluran napas atas, dan lebih parahnya lagi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan saluran napas bawah yang selama ini ditakutkan oleh semua orang.

4. Bahaya yang paling parah dikarenakan mengorek hidung dengan jari adalah ketika hidung sudah terkena infeksi hingga komplikasi akan timbul gejala pilek, hidung tersumbat, gangguan penciuman yang berkelanjutan, pusing yang menimbulkan Rhinosinusitis dan akan menyebabkan Bronkitis.

Dengan demikian, diharapkan mengorek atau mengupil secara berlebihan sebaiknya perlu dihindari jika berbagai bahaya membersihkan hidung dengan jari tangan seperti yang telah disebutkan di atas tidak terjadi pada diri kita.

Cara Membersihkan Hidung yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui bahaya membersihkan hidung dengan jari, hendaknya kita lebih bijak lagi dalam persoalan kebersihan hidung yang lebih aman dan sehat.

Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan

Adapun cara membersihkan kotoran pada hidung yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

Membersihkan hidung yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan larutan garam sebanyak 200 ml air yang diambil dari sebanyak dua sendok teh garam.

– Membersihkan hidung dengan memanfaatkan handuk yang basah untuk bagian dalam hidung.

– Selain bagian dalam hidung, bagian luar hidung juga tidak boleh dilewatkan kebersihannya.

– Jika hidung sering terasa gatal yang diakibatkan oleh adanya bulu hidung yang panjang, maka nisa dilakukan pemotongan bulu hidung dengan menggunakan alat khusus bernama Hairnose Clipper atau Hairnose Trimmer.

– Cara lain yang sangat tepat digunakan untuk membersihkan kotoran hidung adalah dengan memakai Cotton Bud yang sebelumnya telah diolesi Baby Oil.

Namun, yang perlu diperhatikan bila menggunakan cara ini, hendaknya tidak mengorekkan Cotton Bud terlalu ke dalam.

Beberapa cara untuk membersihkan hidung di atas sangat penting untuk diketahui dan sebaiknya hindari/hentikan membersihkan hidung dengan menggunakan jari.

Jaga kesehatan organ vital Anda agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Jangan Remehkan Kelainan Tulang Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here