Home Tips Kesehatan Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

42
0

Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh – Ragam manfaat buah nanas bisa Anda dapatkan dengan mengkosumsinya dalam jumlah cukup.

Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Buah nanas merupakan salah satu jenis buah tropis dengan ujung daun yang berbentuk lancip menyerupai jarum serta pinggir daun yang cukup tajam. Jenis buah yang memiliki ketinggian mencapai 5-8 kaki ini memiliki nama latin Ananas Comosus.

Akhir-akhir ini, buah nanas telah banyak diteliti oleh para ahli untuk kemudian dicari tahu terkait dengan manfaat buah nanas bagi kesehatan yang konon sangat besar dan tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Terlepas dari manfaat buah nanas, disebutkan bahwa buah ini sebelumnya berasal dari wilayah Paraguay yang kemudian disebarkan oleh Colombus ke wilayah Spanyol. Jenis buah yang kaya akan vitamin C ini kemudian berhasil tersebar ke seluruh penjuru dunia hingga kemudian berbagai penelitian.

Dari penelitian tersebut disebutkan bahwa buah ini mampu mengatasi permasalahan pencernaan, menyehatkan tulang hingga mengatasi permasalahan nyeri.

Baca Juga : Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

Di Balik Manfaat Buah Nanas yang Harus Anda Ketahui

Berbicara mengenai manfaat buah nanas, tentu saja hal ini tidak terlepas dari kandungan di dalamnya. disebutkan bahwa selain mengandung vitamin C, vitamin B, bromelain dan kolagen, buah nanas juga menjadi sumber antioksidan yang akan menjaga sistem imun tubuh.

Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Merujuk pada beberapa kandungan bermanfaat di dalamnya, berikut khasiat dari buah nanas yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara teratur.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah nanas yang didapatkan dengan mengkonsumsi buah nanas adalah meningkatnya sistem pertahanan tubuh.

Seiring dengan peningkatan sistem imunitas, maka hal ini nantinya akan menghindarkan Anda dari berbagai permasalahan kesehatan seperti sakit tenggorokan, pilek, batuk hingga permasalahan bronkitis.

Tidak hanya itu saja, manfaat buah nanas juga bisa membantu dalam mengatasi permasalahan kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan dari bromelain yang ditemukan dalam buah nanas. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki gejala permasalahan kanker, pengkonsumsian nanas sangat dianjurkan dalam jumlah cukup.

2. Menyehatkan Tulang

Selain meningkatkan sistem imunitas dan mengatasi masalah kanker, manfaat buah nanas lainnya yaitu menyehatkan tulang.

Sebuah penelitian menghasilkan fakta bahwa buah nanas merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan magnesium sekaligus kalium yang cukup besar. Kedua jenis zat ini akan sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mengimbangi asupan gizi buah Anda dengan mengkonsumsi buah nanas secukupnya. Jangan terlalu berlebih sebab hal ini juga tidak baik bagi kesehatan.

Akan lebih baik Anda mengkonsumsi buah nanas setidaknya dua kali dalam seminggu untuk porsi yang cukup sehingga manfaat buah nanas bisa Anda rasakan.

3. Menyembuhkan Luka dengan Sangat Cepat

Menakjubkannya lagi, manfaat buah nanas juga sangat baik untuk menyembuhkan luka lebih cepat karena kandungan anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah nanas dalam menyembuhkan luka, Anda bisa mencoba memblender nanas hingga lembut kemudian bisa Anda oleskan pada luka dan membiarkannya dalam waktu yang lama hingga kering.

Menariknya lagi, jus buah nanas yang memiliki rasa segar ini juga bisa membantu dalam membersihkan luka lebih cepat. Dengan adanya manfaat buah nanas, maka andapun tidak perlu bingung lagi jika mendapati bagian tubuh Anda memiliki luka ringan. Melalui pemanfaatan buah nanas yang dihaluskan, maka semua akan terselesaikan dengan cepat.

4. Meminimalisir Terjadinya Peradangan

Selain mampu menyembuhkan luka, manfaat buah nanas lainnya adalah membantu dalam mengatasi peradangan. Kemampuan tersebut dipengaruhi oleh adanya kandungan meromelain yang terdapat pada buah nanas yang berfungsi sebagai anti-peradangan, anti-kanker dan juga anti-pengentalan.

Penelitian ini telah dibuktikan denga pengkonsumsian secara teratur bisa menghindarkan permasalahan arthritis dan masalah pencernaan.

Tidak hanya itu saja, kandungan broelain pada nanas juga turut mendukung adanya permasalahan atas peradangan yang mungkin terjadi pada diri Anda.

Dalam hal ini, beberapa contoh peradangan yang bisa diatasi dengan mengambil manfaat buah nanas adalah adanya permasalahan bengkak, memar, kesleo dan juga mengurangi rasa sakit.

5. Membantu Mengatasi Permasalahan Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia menyebutkan bahwa manfaat buah nanas juga bisa mendukung kinerja jantung menjadi lebih baik.

Bahkan, khasiat tersebut juga bisa mengatasi permasalaha pembekuan darah karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Tidak mengherankan jika kemudian buah nanas sering dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah jantung koroner.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan jantung Anda bisa memanfaatkan buah nanas yang bisa dikonsumsi secukupnya. Dengan berbagai manfaat buah nanas yang tersebut di atas, maka organ jantung Anda akan jauh lebih sehat serta membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Begini Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat buah nanas yang bisa Anda dapatkan dengan mencoba untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang cukup. Dalam hal ini, kandungan buah nanas seperti vitamin C, B dan juga beberapa mineral yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan dari tubuh.

Dengan cara ini, Anda tidak akan mengalami berbagai permasalahan kesehatan seperti kanker hingga permasalahan kardiovaskuler.

Baca Juga : Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here