Home Tips Kesehatan Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

250
0

Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui – Selama ini banyak kurang mengenal jenis tanaman yang bernama basil. Tanaman basil merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki banyak kegunaan.

Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

Banyak yang mengetahui bahwa daun basil hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, padahal khasiat minyak daun basil sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Jenis tanaman basil masih memiliki rumpun yang sama dengan tanaman Mint serta daun Kemangi. Dari sisi bentuknya daun basil sangat mirip dengan daun kemangi hanya saja perbadaannya dapat dilihat dari daun kemangi yang lebih tebal, lebar dan besar. Karakteristik daun basil sangat khas dari aroma dan rasanya.

Hingga saat ini, daun basil masih banyak dimanfaatkan sebagai bahan dan bumbu penyedap rasa oleh masakan khas Thailand, India, Italia dan juga China karena aroma dan rasa yang dimilikinya.

Sesungguhnya di samping sebagai bumbu masakan, daun basil memiliki kandungan nutrisi yang sangat cocok untuk kesehatan.

Beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki daun basil adalah sebagai berikut :

  • Serat sebanyak 1,6 gram.
  • Lemak sebanyak 0,69 gram.
  • Energi 22 kcal (94 Kj).
  • Karbohidrat seberat 2,65 gram.
  • Protein 3,15 gram.
  • Vitamin A seberat 264 gram.
  • Thiamine B1 sebanyak 0,034 miligram.
  • Vitamin B6, C, E, K.
  • Kalsium seberat 177 miligram.
  • Dan masih banyak yang lain.

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada tersebut menunjukkan bahwa khasiat daun basil sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

Apalagi setelah diolah menjadi minyak daun basil yang memiliki sejuta manfaat.

Baca Juga : Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Manfaat Minyak Daun Basil bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Selain menjadi bahan dan bumbu masak, daun basil yang telah diolah menjadi minyak dapat memberikan khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia.

Dan banyak orang yang mengabaikan adanya tanaman tersebut serta kegunaannya bagi kesehatan tubuh. Adapun khasiat minyak daun basil adalah sebagai berikut :

1). Sangat efektif dalam perlawanan terhadap bakteri

Khasiat minyak daun basil yang pertama adalah sebagai antibakteri. Sebagai zat Antibakteri atau Antimikroba, minyak daun basil sangat efektif dalam melawan ragi, jamur, bakteri dari makanan terkontaminasi. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Minyak daun basil dapat melawan Bakteri E. Coli.

Tidak hanya sebagai Antibakteri pada tubuh manusia, yang selam ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang bahwa minyak daun basil sangat efektif pula untuk membasmi bakteri yang ada di peralatan mandi maupun peralatan masak / dapur.

2). Sangat efektif untuk melegakan dan menyembuhkan hidup tersumbat (flu)

Berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan dari sebuah Kaohsiung Medical University menunjukkan bahwa khasiat minyak daun basil salah satunya adalah sebagai antivirus yang sangat efektif untuk melawan virus yang menyebabkan hidung tersumbat karena flu.

Cara untuk menggunakan minyak daun basil untuk meredakan flu adalah dengan menyiapkan baskom lalu mengisinya dengan air panas yang dicampur dengan beberapa tetesan minyak daun basil. Selanjutnya penderita flu memposisikan kepala di atas baskom dan menghirup uapnya.

3). Dapat menyembuhkan rasa pegal

Khasiat minyak daun basil yang lain adalah sebagai pereda pegal. Hal tersebut bisa terjadi karena sifat daun basil yakni antiradang sehingga dapat berfungsi untuk melemaskan kaku-kaku otot yang sering dialami baik orang dewasa maupun orang tua.

Caranya sangat mudah dilakukan yakni dengan meneteskan antara 2 hingga 3 tetes pada bagian yang kaku kemudian gosok dan pijat dengan perlahan sampai terasa rileks otot-otot yang sebelumnya kaku.

4). Berfungsi sebagai pembersih mulut dan gigi

Khasiat minyak daun basil yang jarang diketahui oleh orang adalah sebagai antioksidan alamai dan bersifat antibakteri sehingga sangat efektif untuk membersihkan mulut maupun gigi dan menjaga kesehatan keduanya secara menyeluruh.

Cara penggunaan minyak daun basil sebagai penbersih mulut dan gigi ini adalah dengan menambahkan 3-5 tetes minyak daun basil dalam segelas air minum dan manfaatkan sebagai obat kumur. Atau cara yang lainnya adalah dengan meneteskannya pada pasta gigi yang kita gunakan untuk menyikat gigi.

5). Dapat mengatasi permasalahan rambut berminyak

Bagi siapa saja yang memiliki permasalahan rambut berminyak, bsia memanfaatkan minyak daun basil. Khasiat minyak daun basil adalah mampu menghilangkan ketombe serta berbagai permasalahan rambut yang lain seperti rambut berminyak.

Cara penggunaannya sangat mudah, yakni dengan mencampurkannya dengan sampo yang biasa dipakai untuk keramas rambut.

Atau juga dengan cara lain seperti mencampurnya dengan baking soda ataupun cuka sari apel guna keseimbangan kulit kepala sehingga rambut akan menjadi bersih dan bebas minyak.

Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui berbagai khasiat minyak daun basil serta kandungan nutrisinya, maka sangat dianjurkan bagi kita untuk tidak mengabaikan tanaman-tanaman herbal yang ada di sekitar kita dan mudah kita temui, sehingga tidak selalu bergantung pada obat kimia sebagai pengobatan.

Baca Juga : Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here