Home Tips Kesehatan Jangan Biarkan Aktivitas Terganggu karena Kesehatan Lambung Terganggu

Jangan Biarkan Aktivitas Terganggu karena Kesehatan Lambung Terganggu

221
0

Jangan Biarkan Aktivitas Terganggu karena Kesehatan Lambung Terganggu – Kesehatan lambung sebenarnya menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan sesegera mungkin. Sayangnya, kebanyakan orang kerap melakukan kebiasaan buruk yang justru memicu sakit pada lambungnya.

Kesehatan Lambung Terganggu

Pada sebagian orang penderita penyakit lambung, stres dapat memicu perut kembung, rasa nyeri di sekitar perut dan ulu hati, hingga mengakibatkan sembelit. Stress juga dapat menyebabkan diare dan semakin menurunnya nafsu makan.

Selain itu, kebanyakan orang yang mengalami gangguan pada Kesehatan Lambung disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Ubahlah gaya hidup yang tidak sehat menuju gaya hidup sehat, diantaranya :

Cukup tidur sekitar 8 jam setiap hari.

Minimalkan mengonsumsi makanan pedas.

Hindari atau berhentilah merokok.

Menghindari atau berhentilah dari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan soda atau minuman berkarbonasi.

Jenis minuman mengandung kafein diantaranya teh dan kopi sebaiknya dikonsumsi seminimal mungkin, yakni 1 cangkir sehari.

Bila telah terlanjur terkena penyakit yang berhubungan dengan lambung, maka langkah pengobatan harus dilakukan, terlebih lagi apabila tingkatannya sudah parah.Berikut beberapa masalah terkait dengan kesehatan lambung.

Masalah Kesehatan Lambung yang Mengganggu

Beberapa masalah yang mengganggu kesehatan lambung antara lain :

1). GERD

Gastroesophageal Reflux Disease atau yang biasa disingkat GERD adalah penyakit pada saluran cerna di bagian atas. Masyarakat awam biasa menyebutnya penyakit asam lambung. GERD umumnya disebabkan oleh LES (lower-esophageal-sphinchter) yang tidak berfungsi baik. LES manusia terdapat di sekitar otot lingkar bawah Esophagus.

Fungsi LES secara alamiah berfungsi sebagaimana pintu otomatis. Ketika makanan dan minuman turun masuk ke organ lambung, maka LES terbuka. Kemudian LES kembali menutup supaya asam lambung tidak naik ke Esophagus. Dikarenakan LES yang tidak berfungsi dengan baik, maka inilah yang mengakibatkan terjadi penyakit GERD.

Gejala utama diantaranya sensasi terbakar di sekitar dada, hingga bisa menyebar ke tenggorokan, lalu mengakibatkan asam dalam mulut. Atau sensasi terbakar pada bagian dada karena asam lambung yang naik ke Esophagus.

2). Tukak Lambung

Kondisi ini merupakan luka pada lapisan organ kesehatan lambung. Gejala utamanya ialah rasa perih pada perut sebelah kiri atas.

Kondisi ini bisa disebabkan infeksi bakteri bernama Helicobacter Pylori. Selain itu, mengonsumsi obat anti nyeri berkepanjangan juga dapat memicu kondisi tukak lambung.

3). Kangker Lambung

Dalam dunia medis belum bisa dipastikan apa sebenarnya penyebab terjadinya kanker lambung. Tetapi ada sejumlah faktor yang diduga meningkatkan risiko terjadinya serangan kanker lambung, antara lain infeksi bakteri bernama Helicobacter Pylori, mengonsumsi makanan dengan cara diasapi maupun diasinkan, menderita anemia pernisiosa, dan menderita radang lambung level kronis.

Agar tetap bisa menjaga kesehatan lambung maka Anda tentu memerlukan beberapa cara dalam merawat lambung dengan tepat. Di bawah ini penjelasannya!

Cara Menjaga Kesehatan Lambung yang Tepat

Rasa nyeri menusuk perut bagian kiri bahkan seolah menusuk ulu hati kerap melanda penderita sakit lambung. Salah satu usaha dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan lambung ialah menerapkan 3T ketika mengonsumsi makanan.

Kebiasaan 3T yakni tepat waktu makan, tepat nutrisi yang dikonsumsi, serta tepat solusi bagi lambung.

Tepat waktu makan adalah dengan menepati jadwal secara teratur. Sangat dianjurkan agar jangan menunggu rasa lapar datang lebih dulu baru makan. Makanlah sebelum lapar. Atur jadwal makan setiap hari. Jam sarapan yang baik antara jam 6 hingga 8 pagi.

Sedangkan makan siang antara jam 12 hingga 1 siang. Sementara jam makan malam yang baik yakni sebelum pukul 20.00.

Tepat nutrisi yang dikonsumsi adalah makan secara wajar, tidak kekurangan maupun kelebihan. Asupan nutrisi makanan pun perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan lambung.

Hindari makanan pedas, makanan asam dan bahan makanan atau minuman pemicu gas berlebihan dalam lambung. Selain itu, ada baiknya pula membiasakan makanan selingan tetapi yang sehat seperti kacang rebus, buah-buahan, atau kacang panggang supaya lambung tak kosong dalam jangka waktu lama.

Sedangkan tepat solusi bagi lambung adalah jangan mengunyah makanan terburu-buru, lalu segera menelannya sebelum halus. Hal itu akan membebani kinerja sistem pencernaan.

Setelah makan sebaiknya tidak langsung berbaring atau tidur, karena mengganggu proses pengolahan makanan dalam sistem pencernaan. Tetap lakukan aktivitas ringan.

Tak hanya menerapkan 3T untuk menjaga kesehatan lambung, tetapi sebaiknya berusaha pula untuk mengelola dengan baik stres yang Anda alami.

Hal tersebut karena stress sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Perasaan cemas yang besar bisa mengganggu kondisi sistem pencernaan terutama lambung.

Tak hanya mengelola stress, pemilihan menu makanan yang bersahabat dengan lambung juga perlu Anda ketahui. Berikut merupakan beberapa pilihannya!

Makanan yang Baik Bagi Kesehatan Lambung

Guna mengontrol terjadinya gejala akibat gangguan lambung, cobalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa makanan sehat yang baik bagi lambung :

1). OatMeal

Oatmeal bisa jadi penyerap asam lambung berlebihan sehingga mengurangi gejala Reflux. Tak hanya kaya serat tetapi juga mampu menjadikan rasa kenyang tahan lama.

2). Jahe

Rempah satu ini bisa mengurangi risiko asam lambung berlebihan dan naik. Kandungan anti-inflamasinya mampu mengatasi gangguan pencernaan dan menjadi obat alami bagi penyakit terkait lambung.

3).  Lidah Buaya

Selain bisa dikonsumsi berupa minuman, tanaman lidah buaya dapat juga berfungsi sebagai pendingin. Sebab itu lidah buaya baik untuk menenangkan lambung.

Sejumlah informasi di atas tentunya sudah cukup bagi Anda untuk tidak terus membiarkan lambung merasakan sakit. Jagalah kesehatan lambung agar aktivitas Anda berjalan dengan lancar tanpa adanya rasa sakit.

Jangan biarkan kesehatan lambung terganggu. Kenyamanan Anda saat beraktivitas juga akan terganggu. Anda perlu menjaga kesehatannya dengan beberapa cara berikut!

Baca Juga : Cegah Cuci Darah Dengan Menjaga Kesehatan Ginjal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here