Home Tips Kesehatan Tips Jitu Cara Menjaga Kesehatan Jantung Selagi Masih Muda

Tips Jitu Cara Menjaga Kesehatan Jantung Selagi Masih Muda

117
0

Tips Jitu Cara Menjaga Kesehatan Jantung Selagi Masih Muda – Dari dulu hingga sekarang, penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian. Hal ini didukung dengan data dari WHO di tahun 2012 yang menyebutkan bahwa kematian yang disebabkan oleh permasalahan gangguan kardiovaskuler ini mencapai angka 17,5 juta di seluruh dunia.

Tips Jitu Cara Menjaga Kesehatan Jantung Selagi Masih Muda

Sering dengan perubahan zaman, jumlah penderita penyakit jantung mengalami peningkatan. Untuk itu, penting menjaga Kesehatan Jantung demi memperpanjang usia kehidupan.

Jika dilihat dari rentang usia para penderita penyakit jantung, sesuai dengan data Riskedas 2013, sebanyak 3,6% diderita usia 65-74 tahun, 3,2% usia 75 tahun ke atas, 2,1% usia 55-64 tahun dan 1,33% usia 35-44 tahun.

Dengan demikian, bisa dilihat bahwa penyakit jantung tidak mengenal usia hingga jenis kelamin. Sekalipun angka kematian cukup tinggi dari tahun ke tahun, resiko penyakit kardiovaskuler ini bisa diminimalisir dengan selalu menjaga kesehatan jantung.

Cara tepat kesehatan jantung sejak dini

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kesehatan jantung tetap dalam kondisi prima. Salah satunya adalah dengan mencoba untuk menjalani gaya hidup sehat sehingga secara lambat laun, resiko permasalahan kesehatan tersebut akan menurun.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda lebih sehat dan terbebas dari penyakit jantung.

1). Hentikan kebiasaan merokok.

Kebiasaan buruk sering menghabiskan beberapa puntung rokok ternyata bisa menyebabkan permasalahan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia di dalam rokok yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah sekaligus juga penyempitan arteri karena adanya penumpukan plak atau yang dikenal dengan sebutan aterosklerosis.

Pada kondisi yang parah, penumpukan plak akan menyebabkan penyakit jantung. Parahnya lagi, kandungan karbondioksida pada rokokpun juga ikut masuk dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan adanya kandungan CO2 pada darah dan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memasok kebutuhan oksigen di dalam tubuh melalui aliran darah. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan selalu menjaga kesehatan jantung.

2). Lakukan olahraga 30 menit.

Aktivitas fisik seperti olahraga selama 30 menit ternyata juga memberikan kontribusi dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan selalu berolahraga secara teratur, maka kesehatan jantung akan tetap terjaga. Selain itu, olahraga ini juga akan membantu dalam menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan juga kadar gula tetap stabil.

Selama waktu 30 menit tersebut, Anda yang sedang berusaha menjaga kesehatan jantung bisa melakukan olahraga ringan seperti halnya berjalan dengan langkah yang cepat. Dengan melakukannya berturut-turut selama seminggu, Anda akan mendapatkan hasil yang sangat mengejutkan. Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup, Anda bisa menyisakan waktu 10 menit setiap harinya.

3). Makan makanan yang sehat

Seperti yang disarankan oleh pakar kesehatan bahwa untuk membuat kesehatan jantung tetap terjaga, ada berbagai makanan yang memang harus dikurangi dari segi pengkonsumsiannya. Pastikan untuk selalu mengurangi garam, gula dan juga lemak jenuh yang sering kali menjadi penyebab utama pada penyakit jantung. Pengkonsumsian lemak jenuh hanya diperbolehkan 5-6% dari asupan kalori setiap hari.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti halnya biji-bijian, sayuran dan juga buah. Untuk mendukung asupan protein harian, Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak dan juga ikan. Jangan lupa mengkonsumsi alpukat karena kandungan lemak sehat di dalamnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4). Jaga berat badan seimbang

Jika Anda kelebihan berat badan, maka peluang terserang penyakit jantung sangatlah besar. Selain itu juga terdapat beberapa permasalahan kesehatan lain seperti kolesterol, diabetes dan juga tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, pastikan Anda menjaga asupan makan setiap harinya sehingga Anda bisa selalu menjaga kesehatan jantung. Untuk mengetahui berat badan seimbang, Anda bisa menghitung BMI (Indeks Massa Tubuh).

Saat Anda menyadari jika BMI Anda 25 atau lebih tinggi, maka sering kali hal semacam ini dikaitkan dengan adanya penyakit tekanan darah tinggi, stroke hingga penyakit jantung. Selain itu, lingkar pinggang juga bisa dijadikan sebagai indikator dari permasalahan penyakit jantung. Jika seorang pria memiliki lingkar pinggang lebih dari 101,6cm dan perempuan 88,9cm, maka peluang sakit jantung sangat besar.

5). Istirahat yang cukup

Kurangnya waktu untuk istirahat juga sering kali menyebabkan gangguan kesehatan jantung. Terkait dengan menjaga kesehatan jantung, akan sangat disarankan untuk istirahat 7-9 jam dalam sehari. Salah satu pertanda tidur yang cukup adalah ketika Anda bisa terbangun dengan badan segar tanpa menggunakan alarm.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga setiap hari, istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, menghindari kebiasaan merokok dan bergizi sekaligus menjaga berat badan agar tetap seimbang.

Dengan melakukannya hal positif tersebut di atas, maka Anda akan terhindar dari resiko penyakit jantung sekaligus membuat Anda menjadi lebih sehat seiring berjalannya usia yang semakin menua.

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup yang sehat seperti yang tersebut di atas.

Baca Juga : Jaga Selalu Kesehatan Mata Begini Cara Jitu Mempertahankannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here