Home Tips Kesehatan Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk!

Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk!

126
1

Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk! – Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan organ liver yang terjaga, sebaiknya tahu aneka makanan dan minuman yang baik untuk hati berikut ini.

Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk!

Hati atau liver merupakan organ penting dalam tubuh yang memiliki tugas menetralisir racun. Racun yang masuk dalam tubuh seperti alkohol, obat-obatan dan sisa proses metabolisme tubuh bakal dipecah oleh hati.

Selain itu, organ vital ini juga berfungsi memproduksi protein, kolesterol, menyimpan vitamin, mineral dan karbohidrat. Alangkah baiknya menjaga kesehatan hati sejak dini dengan memberikan makanan dan minuman yang baik. Apa saja makanan dan minuman untuk hati yang direkomendasikan?

Aneka makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk hati

Berikut daftar makanan dan minuman untuk hati yang wajib Anda konsumsi secara rutin dan seimbang.

1. Air

Tubuh manusia terdiri dari lebih 60 persen berupa cairan. Kadar air dalam tubuh manusia berupa sirkulasi yang tersimpan dalam tubuh. Jika tubuh tidak mengalami cukup cairan, Anda bisa mengalami masalah dehidrasi yang mengganggu kesehatan tubuh.

Pasalnya, racun meninggalkan tubuh dalam bentuk cairan yaitu air seni dan keringat. Sebaiknya konsumsi cukup air untuk mendukung kesehatan organ liver dan tubuh minimal 3 liter sehari.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi air putih secara berlebihan sebab bisa menimbulkan efek negatif seperti kegemukan. Anda bisa pula mengkonsumsi kopi dan teh hijau yang baik untuk kesehatan hati asal tidak menambahkan zat pemanis seperti gula pasir ya!

2. Sayuran hijau

Makanan dan minuman untuk hati bisa Anda dapatkan dari konsumsi sayuran hijau seperti kembang kol, kale, Dandelion dan lain-lain. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau yang dimasak atau dibuat jus sayuran sehat.

Dandelion sangat efektif memicu produksi empedu hati dan kantung empedu bisa mendukung pencernaan serta penyerapan lemak secara maksimal.

3. Jenis tanaman laut

Tahukah Anda bahwa masyarakat Jepang memiliki panjang umur dengan risiko penyakit hati paling rendah? Hal ini dikarenakan kebiasaan baik mereka yang mengkonsumsi tanaman laut seperti jenis Algae Arame, Nori, Kombu, Wakame, Hijiki dan lain-lain.

Tanaman laut ini membantu hati bekerja maksimal dan bisa mencegah tubuh menyerap logam.

4. Biji-bijian, kacang-kacangan dan padi

Konsumsi makanan seperti biji-bijian bisa meningkatkan kesehatan hati yang ampuh menetralisir racun masuk dalam tubuh.

Tiga jenis makanan yang direkomendasikan ini mengandung zat kimia yang efektif mencegah penyakit kanker.

5. Minyak zaitun

Anda bisa menjadikan minyak zaitun sebagai salah satu jenis makanan wajib dikonsumsi secara rutin. Minyak zaitun merupakan lemak sehat yang bisa meningkatkan enzim hati.

Konsumsi minyak zaitun ini bisa meningkatkan kadar protein dan memberikan efek positif metabolisme tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan jantung lho!

6. Buah-buahan

Makanan dan minuman untuk hati bisa Anda dapatkan dari buah-buahan. Anda bisa membuat aneka makanan atau jus yang berasal dari buah-buahan bernutrisi. Buah yang paling direkomendasikan sebab mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan adalah anggur.

Anda juga bisa membuat jus buah bit merah yang memiliki sumber nitrat dan antioksidan yang disebut betalains. Kandungan pada bit ini bisa mengurangi kerusakan oksidatif serta pembengkakan pada liver Anda.

7. Makanan mengandung sulfur tinggi

Makanan dan minuman untuk hati yang wajib dipertimbangkan adalah makanan mengandung sulfur tinggi. Sulfur bisa mengurangi efek peradangan dan bisa mengeluarkan zat beracun seperti merkuri yang berasal dari jenis makanan tertentu dari dalam tubuh.

Ada beberapa makanan yang mengandung sulfur yaitu bawang putih, bawang merah, bawang perai bawang bombay, telur, jamur kesehatan seperti Maitake, Shitake dan Reishi.

Tentu masih ada banyak jenis makanan dan minuman untuk hati yang bisa Anda konsumsi sebagai menu makanan sehat setiap hari. Jenis rempah-rempah, protein hewani, makanan fermentasi, makanan penuh serat prebiotik baik untuk kesehatan organ liver Anda.

Hati bisa mengeluarkan racun dalam tubuh yang biasa didapatkan pola hidup buruk, pola makan dan polutan dari lingkungan sekitar.

Mengubah pola makan merupakan salah satu cara membantu hati meningkatkan kinerja optimal mengeluarkan racun dari tubuh.

Saat Anda memberikan asupan makanan dan minuman untuk hati yang berefek positif, Anda bakal mendapatkan banyak khasiat kesehatan lho!

Jika tubuh Anda terbebas dari racun penyebab masalah kesehatan, berikut beberapa manfaat positif yang akan Anda rasakan.

Baca Juga : Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya

Manfaat memiliki organ hati yang sehat

Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk!

Seseorang yang memiliki organ hati yang sehat akan memiliki tubuh yang terbebas dari risiko penyakit. Anda akan merasakan manfaat seperti peningkatan energi, sistem kekebalan tubuh yang meningkat, pikiran dan mood yang selalu baik, hilangnya penyakit Sinusitis, Sembelit, Napas Bau serta bisa memiliki kulit yang terawat dan bebas dari masalah.

Bagi wanita yang rutin mengkonsumsi makanan dan minuman untuk hati di atas, bisa memiliki siklus menstruasi yang lancar dan mengurangi PMS.

Manfaat kesehatan tersebut akan membuat hidup dan produktifitas harian Anda lebih meningkat.

Bisa memiliki tubuh yang senantiasa sehat dan bugar, kenapa tidak? Yuk, mulai menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi aneka makanan dan minuman untuk hati yang direkomendasikan!

Baca Juga : Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here