Home Tips Kesehatan Jaga Selalu Kesehatan Mata Begini Cara Jitu Mempertahankannya

Jaga Selalu Kesehatan Mata Begini Cara Jitu Mempertahankannya

390
0

Jaga Selalu Kesehatan Mata Begini Cara Jitu Mempertahankannya – Mata merupakan indera penglihat yang sangat penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Sekalipun dianggap sebagai organ yang penting, namun sering kali beberapa orang mengabaikan Kesehatan Mata sehingga menyebabkan ragam permasalahan yang menjadikan mereka harus menggunakan kacamata sebagai bantuan dalam melihat obyek benda.

Jaga Selalu Kesehatan Mata Begini Cara Jitu Mempertahankannya

Namun, seiring bertambahnya usia, kesehatan mata seseorang akan mengalami penurunan sehingga berbagai gangguan matapun tidak bisa lagi dihindarkan. Bagi Anda yang ingin tetap memiliki penglihatan tajam seiring dengan bertambahnya usia, maka tindakan menjaga kesehatan penglihatan sangat perlu dilakukan dengan menerapkan berbagai kebiasaan baik setiap harinya.

Cara menjaga kesehatan mata yang perlu dilakukan

Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan setiap harinya untuk membuat kesehatan mata Anda selalu dalam kondisi yang terjaga. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kesehatan penglihatan Anda termasuk di dalamnya selalu menjaga pola hidup sehat.

1). Konsumsi makanan yang baik untuk mata

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi sehingga akan meningkatkan ketajaman mata sebagai organ penglihat. Beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga mata adalah vitamin A, omega-3, vitamin C, Zinc, vitamin E serta Lutein. Ragam vitamin dan mineral tersebut bisa ditemukan pada sayuran hijau, buah dan ikan.

Sangat disarankan bagi Anda yang sedang menjaga kesehatan mata untuk mengurangi konsumsi lemak. Hal yang menjadi alasan mengapa lemak tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah resiko penyempitan pembuluh darah pada mata yang mengakibatkan masalah yang lebih parah.

2). Istirahatkan mata setelah menatap monitor

Cara lain yang bisa dilakukan dalam membuat kesehatan mata tetap dalam kondisi prima adalah selalu berisitirahat setelah lama menatap monitor. Jika Anda menatap layar komputer ataupun televisi dalam waktu yang panjang, maka kebiasaan ini bisa menyebabkan sakit pada kepala, penglihatan kabur hingga leher yang terasa sangat tegang.

Cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda secara berkala setiap 20 menit sekali. Jangan sesekali mengalihkan pandangan Anda pada gadget karena hal yang demikian ini sama saja. Akan sangat baik jika Anda mengalihkan pandangan pada tumbuhan hijau yang akan membantu dalam merelaksasi otot mata. Jangan lupa untuk mengedipkan mata sesering mungkin jika mata Anda terasa lelah.

3). Menggunakan kacamata hitam

Menggunakan sebuah kacamata hitam ternyata tidak hanya dianggap sebagai fashion semata. Dari sisi kesehatan mata, kacamata hitam akan sangat bagus untuk membantu dalam mencegah paparan sinar UV secara langsung pada mata. Jika mata Anda terpapar sinar matahari setiap hari dan dalam waktu lama, maka akan menyebabkan masalah mata berupa katarak, kanker mata dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan, pastikan Anda menggunakan kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata. Namun, jika saat ini Anda tidak memiliki kacamata hitam tersebut, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan topi, sehingga paparan sinar matahari tidak akan mengenai mata.

4). Kurangi kebiasaan merokok

Selain dikenal sebagai pemicu penyakit jantung, merokok juga dianggap sebagai penyebab terjadinya kerusakan pada mata. Untuk mempertahankan kesehatan mata, pastikan mengurangi rokok sesegera mungkin. Jika kebiasaan ini terus Anda lakukan, maka peluang terjadinya kerusakan syaraf optic, degenerasi macula, katarak hingga kebutaan bisa saja mengancam para pecandu rokok.

Adanya kebiasaan merokok juga sering kali menyebabkan gangguan kesehatan mata. Hal ini disebabkan oleh rokok yang bisa mempersempit pembuluh darah mata karena pembentukan plak. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka lambat laun resiko kebutaan adalah hal yang paling dikhawatirkan oleh para pecandu rokok.

5). Jauhi konsumsi alkohol

Sangat mengejutkan bagi sebagian besar pecandu alkohol. Disebutkan bahwa kesehatan mata akan mengalami gangguan berupa kebutaan permanen jika pengkonsumsian minuman beralkohol ini terus dilakukan. Kondisi ini dimungkinkan terjadi mengingat alcohol berpotensi menyebabkan kerusakan pada syaraf optik. Oleh sebab itu, kurangi minum alkohol di berbagai acara.

Di lain sisi, alkohol juga sering kali menyebabkan adanya gangguan pada neurotransmitter dari otak ke seluruh tubuh termasuk pada mata. Jika keterlambatan koordinasi antara otak yang menuju ke mata lambat, maka penglihatan Anda akan terkesan terdistorsi. Parahnya lagi, alkohol juga memperlambat penyerapan vitamin dalam tubuh termasuk vitamin A yang sangat berperan dalam mempertahankan kesehatan mata.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan mata agar tetap memiliki penglihatan yang tajam. Untuk itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak terlalu lama dalam melihat layar monitor, mengurangi kebiasaan merokok hingga minum minuman alkohol. Dengan melakukan apa yang disarankan di atas sekaligus menjaga pola makan sehat, maka Anda akan bisa mendapatkan kesehatan dari mata Anda yang tetap terjaga sepanjang masa hingga tua.

Untuk menjaga kesehatan mata, ada berbagai cara seperti yang diulas pada pembahasan singkat di atas.

Baca Juga : Tips Jitu Cara Menjaga Kesehatan Jantung Selagi Masih Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here