Home Tips Kesehatan Ini Akibatnya Jika Jarang Gosok Gigi

Ini Akibatnya Jika Jarang Gosok Gigi

301
0

Ini Akibatnya Jika Jarang Gosok Gigi – kebiasaan buruk jarang gosok gigi sering kali dianggap remeh. Namun kebiasaan ini membawa dampak menakutkan bagi kesehatan. Berikut akibat jarang gosok gigi.

Ini Akibatnya Jika Jarang Gosok Gigi

Kebiasaan jarang gosok gigi nyatanya masih sering ditemui. Hal ini terkadang dianggap hal yang lumrah dan biasa karena kesibukan atau malas saja.

Seperti yang diketahui gigi merupakan organ penting bagi manusia, organ yang disusun dari tulang-tulang ini memiliki andil yang cukup dominan terhadap kinerja organ tubuh lainnya.

Sehingga diperlukan perawatan khusus terhadap gigi, salah satunya dengan menggosok gigi.

Bagi yang jarang gosok gigi, siap-saiap saja menerima efek dan dampak dari kebiasaan buruk ini. Jangan anggap remeh hal yang kelihatan sepele ini, sebelum dampak buruk yang cukup besar akan datang.

Sebagai pengetahuan beberapa dampak serta efek yang bisa didapatkan dari kebiasaan buruk ini sebagai berikut.

Jarang Gosok Gigi berakibat Gigi Rusak

Dampak buruk yang paling jelas adalah kerusakan gigi. Kerusakan ini biasanya berupa gigi yang berlubang. Penyebab gigi berlubang berasal dari sisa-sisa makanan yang mengendap serta menempel pada sela-sela gigi.

Kotoran yang menempel pada gigi inilah akan memicu bakteri serta kuman berkembang biak di dalam gigi. Bakteri yang bercampurkan dalam mulut akan menghasilkan senyawa asam di mulut.

Senyawa asam inilah yang akan memusuhi gigi. Efeknya gigi akan terasa ngilu dan sakit. Lama-kelamaan gigi tersebut akan keropos hingga akhirnya berlubang.

Jika gigi telah berlubang maka ketika makan akan kemasukan makanan hingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Selain itu arang gosok gigi yang terus-teruskan akan menimbulkan penyakit gigi yang lebih akut.

Saran bagi yang jarang gosok gigi, mulai sekarang buang kebiasaan buruk itu dengan membiasakan gosok gigi minimal 2 kali sehari. Semakin sempurna ditambah dengan gosok gigi sebelum tidur malam agar gigi selalu teraga kebersihannya.

Bau Mulut Tidak Sedap Karena Jarang Gosok Gigi

Mulut yang berbau tidak sedap akan sangat menggangu penampilan seseorang. Hal ini lantaran mulut serta gigi yang tidak bersih. Akibatnya bakteri berkembang biak serta menghasilkan bau busuk pada mulut.

Jika mulut bau tentunya berdampak pada rekan sekitar yang enggan mendekat karena tidak nyaman dengan bau tidak sedap dari mulut Anda.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keadaan ini, salah satu yang paling mudah adalah rutin menggosok gigi dengan benar.

Jarang Gosok Gigi Berakibat Diabetes

Pernyataan tersebut sepintas dibilang sangat ekstrim dan menakutkan. Akan tetapi jika ditelisik lebih dalam pernyataan tersebut bisa dikatakan benar.

Hal ini berawal lantaran kondisi mulut dan gigi yang tidak sehat akan memengaruhi produksi liur dalam mulut.

Seperti yang diketahui bersama bahwa liur atau ludah merupakan sistem kekebalan tubuh manusia yang berada di mulut. Melalui liur inilah maka kesehatan gigi dan mulut bisa tercapai.

Jarang gosok gigi menimbulkan mulut menadi kering karena produksi air liur yang berkurang karena terdesak oleh asam dari bakteri mulut serta gigi.

Jika jumlah air liur sedikit maka sistem imunitas manusia akan menurun. Sehingga bakteri pada gigi dan mulut akan menimbulkan kadar gula padah darah meningkat.

Tentunya situasi ini bisa memicu timbul penyakit diabetes yang mematikan. Bukan tidak mungkin diabetes yang terlanjur akut bermuara pada kematian.

Jarang Gosok Gigi Menyebabkan Serangan Jantung

Hal yang lebih ekstrim lagi adalah serangan jantung yang disebabkan oleh kerusakan gigi. Gigi yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang bakteri jahat. Bakteri yang berkembang biak dengan subur ini lama kelamaan akan melahirkan Phatogen.

Phatogen merupakan tumpukan plak yang ada pada pembuluh darah arteri. Plak inilah yang bisa menghambar sirkulasi darah pada pembuluh arteri hingga akhirnya menimbulkan serangan jantung berupa stroke secara tiba-tiba.

Jarang Gosok Gigi Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak

Dampak buruk akibat kebiasaan buruk ini tidak hanya mengancam usia dewasa saja, tetapi juga bagi anak-anak. Penyakit gigi yang sering teradi lantaran jarang membersihkan gigi pada anak salah satunya adalah Karies.

Karies atau lebih dikenal dengan gigis, merupakan pengeroposan atau kerusakan pada gigi susu anak-anak. Sepintas hal ini dianggap wajar, namun nyatanya gigi yang tidak sehat memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan anak.

Anak akan menjadi susah makan karena giginya sakit, sehingga asupan gizi untuk pertumbuhan anak akan berkurang. Kebiasaan makan makanan manis pada anak sangat memengaruhi timbulnya karies gigi. Mulai biasakan menggosok gigi secara benar dan teratur agar gigi nanak selalu sehat.

Dari beberapa pemaparan di atas bisa disimpulkan jika kebiasaan jarang menggosok gigi yang kelihatannya sepele namun dampak dan efek yang ditimbulkan sangat kompleks.

Apabila ingin gigi terawat dan sehat maka rajin-rajinlah menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur secara teratur. Gigi sehat akan menjadikan hidup semakin bergairah dan semangat untuk menggapai segala impian.

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Baca Juga : Fakta Obat Antivirus yang Wajib Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here