Home Tips Kesehatan Hentikan 5 Kebiasan Buruk yang Mengancam Kesehatan Anda

Hentikan 5 Kebiasan Buruk yang Mengancam Kesehatan Anda

286
0

Hentikan 5 Kebiasan Buruk yang Mengancam Kesehatan Anda – Sering kali kebiasaan buruk dianggap sebagai hal yang biasa. Akan tetapi sangat mengancam kesehatan. Berikut kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan.

Hentikan 5 Kebiasan Buruk yang Mengancam Kesehatan Anda

Kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan sering kalai dianggap remeh. Hal ini didasari kurang sadarnya manusia akan mahalnya kesehatan tubuh.

Kesehatan tubuh dan seluruh organ yang membangunya merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang diberikan kepada manusia. Akan tetapi banyak manusia yang enggan merawatnya dengan baik, pola hidup yang slaah menjadi penyebab utamanya.

Pola hidup di zaman modern ini kerap kali membawa dampak negatif bagi kesehatan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya jenis penyakit yang mengintai manusia. Penyakit-penyakit ini lahir dari kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan.

Kebiasaan Buruk Kecanduan Bermain Gawai

Kebiasaan yang mengancam kesehatan paling kekinian adalah kecanduan dengan Gawai.

Gawai atau Gadged, smartphone hingga komputer menjadi salah satu alat yang menadi identitas populer dalam pola hidup masa kini. Dewasa ini gawai bermain atau mengoperasikan gawai menjadi aktivitas wajib bagi sebagian besar masyarakat, utama generasi Milineal.

Saking asyiknya bermain gawai mereka samapai lupa waktu dan akhirnya menadi kecanduan. Di balik asyik dan pentingya gawai di segala lini kehidupan nyatanya kebiasaan buruk ini menyimpan risiko yang besar bagi kesehatan tubuh.

Hal yang paling terlihat adalah penurunan fungsi penglihatan lantaran mata terlalu sering terpapar sinar dari layar gawai. Sehingga banyak anak-anak kecil yang sudah memakai kacamata dengan lensa tebal.

Tak hanya mengancam kesehatan mata saja. Kebiasaan buruk ini juga meningkat potensi obesitas, kencing manis, hingga kesehatan paru-paru.

Hal ini lantaran kebiasaan ngemil dan kurang aktivitas fisik karena hanya fokus pada pengoperasian gawai. Bahkan secara tidak langsung, seseorang yang terlalu sering bermain gawai atau menonton siaran televisi berisiko mengalami penurunan kecerdasan otak.

Kebiasaan Buruk Sering Begadang

Begadang atau kurang tidur di malam hari menadi kebiasaan yang dianggap wajar bagi sebagian orang. Biasanya mereka begadang karena urusan kesibukan pekerjaan atau hal lainnya yang dianggap penting.

Efek yang langsung terasa ketiga semalaman begadang tentunya rasa kantuk ketika besok paginya. Rasa kantuk ini biasanya memengaruhi semangat beraktivitas hingga mengganggu rutinitas makan sebagai asupan gizi bagi tubuh.

Selain itu jika begadang dilakukan terlalu sering maka akan menimbulkan gangguan sirkulasi darah pada tubuh. Gangguan ini tentunya akan menimbulkan berbagai macam penyakit misalnya asam lambung meningkat hingga gangguan pada fungsi ginjal.

Jadi mulai sekarang mulailah mengurangi kebiasaan buruk begadang, manajemen waktu dengan baik hingga akhirnya tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup.

Kebiasaan Buruk Merokok

Merokok bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan bermasyarakat. Rokok bahkan menjadi salah satu sarana komunikasi pergaulan sehari-hari. Namun risiko yang ditimbulkan rokok sangat mengerikan.

Dimulai dari perokok aktif, kesehatan organ dalam seperti paru-paru dan jantung menadi pertaruhan bagi yang menggemari rokok. Hal ini lantaran kandungan Nikotin dan racun-racun dalam rokok akan perlahan-lahan menggerogti kesehatan organ-organ vital tubuh manusia.

Selain itu, kebiasaan buruk ini juga berefek terhadap orang yang ada di sekitar perokok atau perokok pasif. Bahkan risiko dua kali lebih besar daripada yang merokok.

Hal ini disebabkan oleh paparan asap rokok yang langsung masuk ke paru-paru perokok pasif ini bisa lebih cepat mengakibatkan kanker paru-paru.

Kenyamanan orang sekitar perokok juga sangat terganggu. Apabila hal ini terus dibiarkan maka akan seperti bom waktu yang siap mengahabisi kehidupan manusia.

Kebiasaan Buruk Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur menjadi ancaman kesehatan berikutnya. Sibuknya aktivitas seseorang kadang melupakan kewajiban makan orang tersebut. Akibatnya waktu sarapan, makan siang serta makan malam menjadi seenaknya saja.

Organ vital yang terpengaruh dari kebiasaan buruk ini adalah sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia memiliki sistem kerja yang tersistem. Sehingga asupan makanan yang masuk seharusnya juga teratur.

Sebagai perumpamaan, sarapan yang baik itu dilakukan sebelum pukul 09.00. Hal ini dikarenakan pada saat-saat itulah sistem pencernaan bekera aktif sehingga perlu ada makanan yang masuk.

Jika hal ini tidak terpenuhi maka sistem pencernaan tidak bekerja normal. Penyakit maag, asam lambung, hingga penyakit yang menyerang usus merupakan efek nyata dari perilaku buruk ini.

Kebiasaan Buruk Malas Gosok Gigi

Banyak orang yang masih malas menggosok gigi sebelum tidur lantaran sudah mengantuk sekali atau alasan lainnya. Kebiasaan buruk ini nyatanya memiliki efek negatif yang mengancam kesehatan utamanya kesehatan mulut dan gigi.

Gigi merupakan organ vital yang berperan dalam proses pemenuhan asupan makanan bagi tubuh. Jika gigi mengalami kerusakan tentuny akan berdampak buruk juga pada organ-organ lain.

Maka dari itu mulai dari sekarang biasakan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, sehabis makan dan sebelum tidur. Tujuannya tentu agar kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga.

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here