Home Tips Kesehatan Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya

Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya

256
0

Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya – Penyakit HIV mengisyaratkan gejala yang sangat sulit untuk dideteksi. Ini dikarenakan semua gejalanya adalah penyakit yang diremehkan dan biasa diderita orang-orang.

Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya

Kalau bicara tentang penyakit HIV, maka perasaan takut akan sama besarnya dengan penyakit kanker. Bisa dibayangkan bagaimana terpukulnya para penderita HIV, karena belum ada obatnya. Penyakit ini menjadi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia sehingga akan lebih mudah terserang penyakit.

Padahal saat menjaga kesehatan, yang kita perhatikan adalah sistem kekebalan tubuh. Tetapi saat sistem kekebalan tubuh itu terserang atau virus yang bernama HIV, maka berakhirlah hidupnya. Banyak yang menginggal karena penyakit ini. Memang benar belum ada obatnya.

Cara efektif yang harus kita lakukan adalah dengan mencegah. Lebih baik kita menggunakan kata cegah daripada mengobati. Banyak pencegahan yang bisa kita lakukan dengan penerapan gaya hidup hidup yang baik.

Adapun asumsi masyarakat tentang penyakit HIV ini adalah disebabkan oleh seks bebas. Benar saja, bahwa kebanyakan penderitanya adalah orang yang telah melakukan seks bebas.

Namun ada juga yang menyatakan bahwa penderitanya adalah semua orang. Bukan hanya para pekerja seks. Hal tersebut dikarenakan penyakit HIV adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus.

Baca Juga : Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

Apa itu Penyakit HIV?

HIV sendiri adalah sebuah singakatan. Kepanjangannya adalah Human Immunodeficiency Virus. HIV ini adalah nama sebuah virus yang menginfeksi kekebalan tubuh manusia.

Saat virus ini dinyatakan menyerang kekebalan tubuh manusia, maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut telah menderita AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Berbagai penyakit akan lebih mudah menderita penyakit karena kekebalan tubuh yang menurun.

Adapun hal mengerikan dari penyakit HIV ini adalah bahwa sekali saja kita terserang virus HIV, maka akan selamanya ada di dalam tubuh. Virus ini mematikan dan akan menjangkiti tubuh seumur hidup.maka dari itulah para penerita HIV banyak dikucilkan oleh masyarakat. Terlebih lagi bahwa virus ini bisa ditularkan.

Namun sebenarnya virus HIV ini tidak kelihatan. Dalam artian tidak langsung memunculkan gangguan pada fisik atau tubuh manusia, melainkan hanya akan memperlemah kondisi tubuh manusia. Deteksinya adalah dengan melakukan pengujian di laboratorium dengan mengambil sampel air kencing dan juga darah.

Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya

Lalu, antara HIV dan AID sendiri masih banyak disamakan sebagai satu penyakit dengan kategori yang sama. Padahal sebenarnya berbeda. Di mana penyakit HIV ini jelas berbeda dengan penyakit AIDS.di mana penyakit AIDS adalah kondisi terburuk dari penderita HIV itu sendiri.

Di mana penderita HIV sudah menunjukkan gangguan kesehatan yang tidak kasat mata. Mereka ada yang terkena kanker, atau penyakit yang lainnya.

Gejala penyakit HIV yang penting untuk diketahui

Padahal penyakit HIV ini sudah banyak diperbincangkan, tetapi masyarakat sendiri masih sangat awam saat benar-benar dihadapkan dengan kasus HIV.

Di mana mereka bahkan masih asing dengan gejala-gejala penyakit HIV. Sebagai pencegahan dan pengetahuan yang lebih lanjut, kita harus paham tentang gejala penyakit HIV :

1. Kelelahan

Ini adalah sebua kondisi biasa yang dialami oleh orang-orang usai beraktivitas. Apalagi kalau aktivitasnya tinggi. Akan sangat mudah untuk lelah. Namun untuk penderita HIV, tingkat kelelahan akan sangat tinggi.

2. Demam

Gejala penyakit HIV yang satu inia adalah gejala yang biasa. Kita tidak bisa menyangkalnya karena memang gejala ini sangat sering kita alami. Biasanya dibarengi dengan influenza. Namun untuk demam ini, tidak ada penyakit sambungannya atau penyakit pendampingnya.

3. Sakit kepala

Beda dengan pusing. Sakit kepala yang dialami akan sangat sering dan memang sangat menyiksa. Para penderita HIV akan lebih sering terganggu aktivitasnya karena sakit kepala.

4. Badan semakin kurus

Padahal semakin kurus berarti berhasil diet. Tapi dalam hal ini, penyakit HIV adalah penyebab berkurangnya berat badan. Tidak ada hubungannya dengan diet. Bahkan berat badan akan terus berkurang. Badan akan semakin kurus dan kurus. Tipenya adalah kurus kering. Penderiat HIV tidak akan terlihat segar sama sekali.

5. Nyeri otot

Hampir semua orang mengalaminya. Kelelahan bisa menjadi faktor penyebab utamanya. Namun untuk penderita HIV, nyeri otot datang secara tiba-tiba dan sudah pasti akan sangat menyiksa. Nyeri pun akan terusmeradang hingga memunculakn penyakit otot.

6. Mengalami pembengkakan

Biasanya penyebab pembengkakan adalah karena luka. Tetapi untuk penderiat HIV, penyebabnya adalah karena pembengkakan pada kelenjar kulit. Biasanya akan muncul pada bagian ketiak, paha, tenggorokan, ataupun ketiak.

Hampir semua gejala yang menyertai penderita HIV tersebut adalah gejala yang ringan. Namun sangat mengkhawatirkan karena kita tidak akan menyadarinya.

Terlebih jika gejalanya adalah demam. Akan ada banyak kemungkinan penyakit. Akan lebih baik jika kita mencegah dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Penanganan penyakit HIV

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk penanganan penyakit HIV :

  • Melakukan konsultasi rutin dengan dokter.
  • Tidak perlu kebingungan karena akan mematahkan semangat untuk sembuh.
  • Memint dukungan orang terdekat agar kuat dan sehat kembali.
  • Berhati-hati dalam menggunakan barang-barang sehingga tidak menular.
  • Mencari banyak infro tentang penyakit HIV.
  • Tetap berusaha untuk berobat dan menjaga kerahasiaan tentang penyakit yang diderita.

Sampai detik ini, HIV sangat sulit untuk diobati. Tetapi ada yang berhasil sembuh. Kekebalan tubuh itu sendirilah obatnya. Jangan melakuakn seks bebas. Tetap menjaga kesehatan dan jauhi hal-hal yang membahayakan kesehatan. Penyakit HIV adalah virus yang mematikan.

Baca Juga : Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here