Home Tips Kesehatan Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

273
0

Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui – Berbicara tentang fakta tubuh manusia, ternyata banyak sekali keunikan yang ada dalam tubuh kita yang mungkin belum kita ketahui. Untuk itu, agar Anda tidak ketinggalan informasi simak disini!

Fakta Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

Berbicara tentang fakta tubuh manusia, ternyata banyak sekali keunikan yang ada dalam tubuh kita yang mungkin belum kita ketahui.

Secara sekilas kita dapat mengetahui fungsi setiap anggota tubuh kita masing-masing, namun ternyata tidak semudah itu. Semua organ tubuh kita sudah memiliki tugasnya masing-masing, tetapi ada beberapa keunikan dalam fakta tubuh manusia.

Jika kita mengetahuinya lebih dalam, mungkin kita akan dapat merasaknnya manfaat atau kenikmatan tersendiri atas pemberian Tuhan kepada kita.

7 Fakta Tubuh Manusia yang Perlu Anda Tahu

Keunikan yang tubuh kita miliki ini harusnya menjadikan kita berfikir lebih atas semua ini, alangkah hebatnya Tuhan sehingga menciptakan sesuatu yang tepat untuk kita, sehingga dengan mudah kita bisa memanfaatkannya.

Ketahuilah beberapa fakta tubuh manusia yang akan membuat Anda semakin bersyukur atas nikmat ini, karena tidak semua manusia dapat merasakannya.

1. Kulit

Kulit adalah organ tubuh yang paling banyak, karena semua tubuh kita terbalut oleh kulit. Kulit juga merupakan organ paling rumit yang terdapat dalam fakta tubuh manusia.

Kulit yang membalut tubuh kita bersifat sangat elastis karena satu inci kulit bisa melakukan peregangan 2 sampai 3 kali dari ukuran semula.

Ada seorang asal Inggris yang bernama Gary Turner, pria ini memiliki kulit paling elastis yang ada di dunia. Kulit Gary Turner dapat meregang hingga 6 inci.

2. Air mata

Fakta tubuh manusia selanjutnya yang jarang diketahui yaitu air mata. Untuk melumasi dan membersihkan mata, mata perlu melakukan proses lakrimasi untuk menghasilkan Air mata.

Air mata tidak selalu keluar karena faktor emosi, tetapi air mata dapat keluar karena beberapa hal, salah satunya dikarenakan oleh iritasi yang disebabkan oleh sesuatu yang sensitif bagi mata, misalnya bawang merah, asap, atau mungkin proses menguap.

Ini karena fakta tubuh manusia yang satu ini, kita mengetahui bahwa ternyata setiap tubuh manusia mempunyai 3 jenis air mata berbeda dengan komposisinya dan keluar pada situasi yang berbeda.

Walaupun nampak sama secara sekilas, namun akan sangat berbeda unsur kimia yang dihasilkan ketika dilihat melalui mikroskop.

3. Lidah

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kalimat Lidah tak bertulang bukan. Benar sekali pepatah itu, bahwa lidah tak memiliki tulang dan hal ini juga masuk kategori fakta tubuh manusia yang jarang diketahui manusia pada umumnya.

Selain membolak balikkan makanan yang sedang dikunyah oleh gigi, merasakan, mencampur, juga menelan makanan ternyata Lidah juga berfungsi sebagai pelengkap saat berbicara.

Coba saja jika lidah tidak ikut serta membantu proses berbicara, pastilah ada beberapa kata yang tidak terucap dengan sempurna.

Fakta tubuh manusia yaitu lidah, ternyata juga merupakan organ manusia yang paling sering bergerak dan memiliki sifat lentur, sehingga dapat berubah bentuk tetapi masih tetap dalam satu tempat.

4. Iris mata

Sekilas Iris Mata nampak seperti biasa, tetapi ternyata iris terbentuk oleh susunan yang sangat unik.

Iris termasuk dalam daftar fakta tubuh manusia yang jarang diketahui karena ternyata Iris Mata setiap manusia itu berbeda, seperti halnya sidik jari yang dimiliki satu orang dengan yang lainnya.

5. Telinga

Fakta tubuh manusia selanjutnya yang perlu kita ketahui yaitu telinga, ternyata Telinga atau indra pendengaran kita tidak benar-benar istirahat seperti organ tubuh lainnya.

Bahkan ketika tidur, Telinga masih tetap menerima gelombang suara, hanya saja gelombang tersebut tidak diproses oleh otak dan menjadikannya tidak terdengar oleh tubuh.

6. Tulang

Tulang juga termasuk fakta tubuh manusia yang jarang diketahui. Ternyata saat kita lahir, kita memiliki lebih dari 300 tulang dan akan terus berkurang dengan bertambahnya usia kita hingga nanti hanya tersisa 206 Tulang saja.

7. Lesung

Banyak sekali orang yang mengira bahwa Lesung Pipi adalah kecantikan tersendiri bagi setiap orang yang memilikinya, tetapi fakta tubuh manusia ini ternyata bukan yang sebenarnya.

Karena ternyata Lesung Pipi adalah kelainan anatomi yang disebabkan oleh pendeknya otot-otot wajah dan mengakibatkan bagian wajah tertarik saat tersenyum sehingga timbullah lesung pipi.

Nah itulah beberapa fakta tubuh manusia yang jarang diketahui orang pada umumnya, sehingga kita hanya mengabaikannya begitu saja.

Jika sudah mengetahui fakta tubuh manusia hal yang perlu kita lakukan yaitu bersyukur atas nikmat Tuhan yang begitu luar biasa untuk dapat kita nikmati.

Kemudian kita juga harus lebih memahami fungsi kerja anggota tubuh yang perlu kita perhatikan karena dapat berdampak terhadap diri kita sendiri.

Misalkan lidah, karena fungsinya yang luar biasa, kita tidak boleh menyakitinya dengan minum atau makan makanan terlalu panas, karena hal ini dapat menyebabkan lidah tidak dapat berfungsi dengan normal seperti sedia kala.

Karena hal ini juga berlaku untuk organ tubuh manusia yang lain, Anda sebaiknya jangan menggunakannya dengan sewajarnya dan merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga : Kenali Dulu Apa Itu Organ Limpa Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here