Home Tips Kesehatan Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

269
0

Fakta Penting Tentang Kanker Payudara – Ada beberapa fakta kanker payudara yang sangat penting untuk diketahui. Dengan demikian, hal ini bisa memberi info tambahan agar kita bisa lebih peduli dan waspada.

Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

Ada beberapa fakta kanker payudara yang bisa kita ketahui. Hal yang satu ini pun bisa kita ketahui dengan semakin mudah di era digital seperti sekarang. Dengan demikian, kita pun bisa memahami lebih banyak fakta tentang kanker payudara yang belum diketahui.

Selama ini, tak banyak orang yang tahu tentang sejumlah fakta kanker payudara. Mereka hanya mengetahui beberapa fakta umum tentang penyakit yang satu ini. padahal ada beberapa hal penting yang ada baiknya untuk diketahui agar seseorang bisa melakukan hal terbaik.

Baca Juga : Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Pentingnya Tahu fakta kanker payudara

Seperti yang telah kita ketahui, fakta kanker payudara menjadi satu hal penting untuk diketahui banyak orang. Kanker payudara sendiri merupakan tumor ganas yang tumbuh pada jaringan payudara. Keadaan ini terjadi ketika sel payudara melakukan pembelahan secara tak terkendali serta menghasilkan jaringan tambahan dan terasa seperti ada benjolan di payudara.

Sel abnormal seperti ini bisa terbentuk pada lobus atau kelenjar susu. Bisa juga di ductus atau saluran susu yang pad umumnya dialami oleh wanita, namun juga bisa dialami kaun pria. Di dunia ini, kanker payudara diderita oleh 1 dari 8 wanita. Di negara ini, kanker payudara menjadi salah satu kasus tertinggi selain kanker serviks.

Tingginya angka kasus kanker payudara ini menjadikan banyak orang lebih peduli dan waspada dengan hal yang satu ini. maka dari itu, fakta kanker payudara pun penting untuk kita ketahui. Dengan demikian, kita pun bisa mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan penyakit ini, mulai dari penyebab, gejala, dan beberapa hal penting yang lainnya.

3 Fakta kanker payudara

Ada beberapa fakta kanker payudara yang bisa Anda ketahui. Beberapa fakta ini bisa menjadi info penting, sehingga Anda pun tak merasa asing lagi dengan beberapa hal yang ada hubungannya dengan kanker payudara. Mulai dari penyebab serta faktor risikonya.

1. Penyebab dan faktor risiko kanker payudara

Sebenarnya, belum ada kepastian apa yang menjadi penyebab kanker payudara. Akan tetapi, para ahli percaha selain adanya mutasi gen dan faktor keturunan, penyakit ini juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup dan riwayat penyakit.

Seiring bertambahnya usia, risiko menderita payudara pada seseorang pun semakin besar. Sebagian besar wanita yang menderita penyakit ini sudah berusia di atas 40 tahun. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan wanita yang lebih muda juga terkena penyakit ini. beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini seperti berikut.

  • Jenis kelamin
    Berdasarkan fakta kanker payudara, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini dibanding pria.
  • Riwayat keluarga
    Bila ada keluarga sedarah yang menderita kanker payudara, risiko seseorang mengidap penyakit yang sama akan lebih besar.
  • Paparan radiasi
    Siapa pun yang pernah menjalani radioterapi atau perawatan radiasi lebih rentan menderita kanker payudara.
  • Belum pernah menyusui dan hamil
    Wanita yang belum pernah menyusui atau hamil memiliki risiko yang lebih besar menderita kanker payudara.
  • Menderita obesitas
    Wanita yang kelebihan berat badan atau menderita obesitas lebih rentan terkena kanker payudara.

2. Gejala kanker payudara

Di samping beberapa faktor penyebab kanker payudara, masih ada beberapa fakta kanker payudara lainnya. Salah satunya adalah gejala terjadinya kanker payudara.

Meskipun tak semua benjolan di payudara mengindikasikan kanker payudara, namun siapa pun perlu waspada. Terlebih, jika ada benjolan di payudara yang muncul dengan disertai beberapa gejala lain seperti di bawah ini.

  • Ada perubahan ukuran, tampilan, dan bentuk payudara.
  • Keluar cairan tak biasa atau darah dari puting payudara.
    Puting tertarik atau masuk.
  • Ruam dan gatal yang terjadi secara terus-menerus pada area puting.
  • Bengkak di area ketiak akibat pembesaran kelenjar getah bening.
  • Pembuluh darah menonjol atau tampak di permukaan payudara.
  • Bengkak tak wajar di satu lengan atas.
  • Ada penyelupasan kulit di puting payudara.
  • Pengelupasan kulit payudara dan areola.

3. Pengecekan dan pengobatan kanker payudara

fakta kanker payudara berikutnya berhubungan dengan pemeriksaan. Bila dokter mencurigai kanker payudara yang diderita seseorang, maka ada sejumlah tes yang perlu dilakukan. Beberapa tes tersebut seperti mammogram, MRI, dan biopsi.

Di samping pengecekan, jika seseorang sudah terkena kanker payudara maka akan mengikuti beberapa jenis pengobatan. fakta kanker payudara menunjukkan pengobatan yang biasanya dilakukan seperti pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon, tergantung dengan kondisi dan kebutuhan.

Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

Itulah beberapa fakta kanker payudara. Anda sudah mengetahui hal ini, sehingga akan bisa lebih peduli dan waspada terhadap penyakit yang satu ini. anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat untuk meminimalisir penyakit yang satu ini. dengan demikian Anda pun akan bisa memiliki kemungkinan terbebas dari kanker payudara dalam persentase yang lebih besar.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Sakit Perut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here