Home Tips Kesehatan Donor Darah dapat Selamatkan Orang Lain

Donor Darah dapat Selamatkan Orang Lain

188
0

Donor Darah dapat Selamatkan Orang Lain – Donor darah sangat penting dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan dan penting dari sisi kemanusiaan. Semua jawaban lengkapnya ada disini !

Donor Darah dapat Selamatkan Orang Lain

Donor atau donasi darah merupakan sebuah kegiatan yang sangat dianjurkan karena sifatnya sangat mulia. Kegiatan donor darah adalah kegiatan mentransferkan darah dari seseorang kepada orang lain yang membutuhkan, atau sebuah kegiatan pemberian cairan berupa darah untuk ditampung di bank darah guna ditransferkan orang lain.

Pemberian donor darah yang dilakukan secara rutin sangat membantu orang lain karena dapat menyelamatkan nyawa kurang lebih 1.000 orang. Kegiatan ini bisa dilakukan secara sukarela oleh siapapun yang telah memenuhi syarat sebagai pendonor darah.

Syarat yang harus dipenuhi oleh pendonor pun tidak sedikit dan setiapnya harus terpenuhi dengan baik, karena bila mana salah satunya tidak terpenuhi akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan pada penerima darah tersebut. Sehingga sangat diharuskan kepada siapapun yang donor darah harus siap untuk memenuhi persyaratan.

Syarat yang Harus Dipenuhi Pendonor Darah

Orang yang mengalami kekurangan darah seperti penderita penyakit kanker atau anemia, orang yang sedang mengalami kecelakaan, ataupun melakukan transpalantasi organ. Ketika akan melakukan donor darah, seorang calon pendonor harus mendaftar serta diharuskan mengisi formulir dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Donor Darah dapat Selamatkan Orang Lain

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pendonor darah antara lain sebagai berikut :

  • Pendonor harus sehat baik jasmaninya maupun rohaninya.
  • Berat badan pendonor sekurang-kurangnya minimal adalah 45 kg.
  • Batas usia seorang pendonor yakni antara 17 tahun hingga 65 tahun.
  • Kadar Hb (Hemoglobin) adalah lebih dari 12,5 g%.
  • Tekanan darah yang meliputi sistol antara 100-170 mmHg dan distol 70-100 mmHg.
  • Suhu tubuh seorang pendonor yakni antara 36,6 hingga 37,5 derajat Celcius.
  • Denyut nadinya normal yakni antara 50 hingga 100 kali denyut setiap menitnya.
  • Tidak sedang mengalami hemofilia atau gangguan terhadap pembekuan darah.
  • Jarak waktu dalam donor darah yang sebelumnya adalah 3 bulan (12 minggu) atau dengan batasan paling banyak melakukannya 5 kali dalam waktu 1 tahun.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pendonor yang boleh melakukan pendonoran adalah yang badannya sehat secara fisik maupun batinnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendonor yang sedang mengalami penyakit tertentu tidak diizinkan untuk mendonorkan darah yang dimilikinya karena sangat berbahaya untuk penderita.

Sedangkan menurut PMI (Palang Merah Indonesia) terdapat beberapa penyakit yang bisa tertular kepada penderita apabila darah tersebut ditransfer. Penyakit yang dimaksud tersebut adalah penderita penyakit gula, hepatitis dan penderita penyakit Autoimun yang meliputi Spondylitis, Tiroid, serta Ankylosing.

Selain persyaratan di atas, hal yang tidak diperbolehkan seseorang melakukan donor darah adalah ketika si pendonor dalam masa hamil ataupun menyusui. Jika pun ingin mendonorkan darahnya maka harus menunggu hingga masa 1 bulan setengah (6 minggu) setelah masa melahirkan.

Hal lain adalah ketika seseorang sedang konsumsi obat-obatan baik jenis apapun. Maka, seharusnya apabila berencana akan melakukan donor darah, pastikan diri Anda sendiri dalam keadaan dan kondisi yang memenuhi syarat agar tidak memberikan efek yang tidak diinginkan kepada si penerima darah tersebut nantinya.

Baca Juga : Efek Kopi yang Perlu Diketahui

Manfaat yang Didapatkan dari Donor Darah

Darah merupakan cairan yang wajib ada dalam tubuh dan tubuh akan terus memproduksi serta mengganti darah yang hilang, sehingga dengan demikian cairan darah dalam tubuh dipastikan tidak akan pernah habis. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa mengakibatkan seseorang membutuhkan darah melalui proses donor darah.

Selain itu, hal yang kurang diketahui oleh kebanyakan orang adalah bahwa sesungguhnya jumlah darah yang dimiliki orang dewasa adalah sekitar 5 liter dan terus berputar-putar dalam tubuh. Dari jumlah sedemikian banyaknya tersebut, setiap selnya akan terpecah menjadi sel baru dalam waktu 120 hari.

Donor Darah dapat Selamatkan Orang Lain

Namun, darah dari hasil donor darah tersebut hanya akan mampu untuk bertahan sekitar 42 hari saja. Maka dari itu, mengingat usia pendek tersebut sangat penting bagi siapapun untuk memberikan darahnya kepada yang membutuhkan.

Manfaat donor darah sangat besar baik bagi pendonor maupun penerima. Manfaat bagi penerima tersebut tentunya akan akan terselamatkan jiwanya, sedangkan manfaat bagi pendonor darah adalah sebagai berikut :

  • Untuk menjaga kesehatan jantung
  • Memperlancar sistem peredaran darah
  • Dengan melakukan donor darah, maka produksi sel darah merah akan meningkat. Selebihnya, jika dilakukan dengan rutin maka akan membuat tubuh memproduksi sel darah baru dan segar.
  • Berawal dengan donor darah maka pendonor akan mendapatkan hasil cek darah secara cuma-cuma. Ketika darah pendonor diambil, darah tersebut akan diperiksa di laboratorium dan dapat diketahui kemudian apakah terjadi sesuatu pada tubuh pendonor.

Setelah mengetahui manfaat donor darah tersebut, sangat penting bagi kita untuk memberikan setetes ataupun beberapa tetes darah yang kita miliki untuk menyelamatkan orang lain.

Baca Juga : Gizi Seimbang untuk Kesehatan yang Terjaga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here