Home Tips Kesehatan Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

178
0

Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan – Bagi Anda yang belum tahu mengenai efek radiasi ponsel bagi kesehatan, wajib tahu beberapa risiko yang bisa terjadi termasuk tips meminimalisir efek buruk berikut ini.

Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

Perkembangan teknologi yang kian canggih memang tidak bisa dipungkiri mempengaruhi aktivitas manusia modern. Keberadaan ponsel pintar bukan hal yang asing dewasa ini.

Ponsel tak hanya berperan sebagai alat komunikasi namun bisa menjadi kebutuhan primer kaum Millenial. Memang segala aktivitas pekerjaan Anda bisa menjadi lebih praktis dan mudah, tetapi pernahkah Anda mempertimbangkan dampak negatif radiasi ponsel bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga : Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan

Dampak Negatif Radiasi Ponsel yang Paling Berbahaya

Efek radiasi gelombang radio yang dikirimkan dan diterima ponsel dapat menyebar ke seluruh penjuru termasuk tubuh Anda.

Berikut dampak negatif radiasi ponsel bagi kesehatan yang wajib Anda waspadai.

1. Bisa Mempengaruhi Kesuburan Pria

Bagi gender pria, efek buruk dari radiasi ponsel yang berlebihan bisa menyebabkan masalah pada organ intim. Dampak buruk ini bakal semakin parah kalau Anda suka menelepon menggunakan handsfree atau meletakkan ponsel di saku celana.

Bisa jadi dampak buruk radiasi ponsel akan mempengaruhi sperma mengalami kerusakan, kemampuan gerak lebih lambat dan mudah sekali mati.

Jika Anda tidak segera menghilangkan kebiasaan buruk meletakkan ponsel di sekitar alat reproduksi, maka risiko buruk seorang pria menjadi mandul semakin besar. Tak hanya ponsel, pria juga dilarang meletakkan gadget seperti laptop di atas pangkuan.

2. Mempengaruhi Kesehatan Ibu Hamil

Efek penggunaan ponsel pada ibu hamil juga wajib diwaspadai sejak dini lho! Radiasi ponsel bisa mempengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi sel syaraf otak dan janin.

Sebagai langkah pencegahan ibu hamil dianjurkan tidak terlalu sering bermain ponsel termasuk meletakkan ponsel di atas perut.

3. Bisa Menyebabkan Kanker

Dampak negatif radiasi ponsel yang paling berbahaya adalah bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut meski Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengungkapkan kemungkinan radiasi ponsel berefek pada kanker tersebut.

Bagi wanita yang suka meletakkan ponsel di saku dada sangat berpeluang besar terkena kanker payudara lho!

Radiasi ponsel akan mudah menembus jaringan kalenjar susu dan memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Tentu dampak buruk radiasi yang terakumulasi beberapa waktu bisa mengaktifkan sel kanker payudara, berkembang dan merusak sel jaringan tubuh yang sehat sehingga Anda bisa positif terkena kanker payudara.

4. Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak-anak

Hal yang wajib Anda ketahui seputar dampak negatif radiasi ponsel adalah bisa memberikan efek buruk pada tumbuh kembang si kecil. Anda wajib memberikan perhatian ekstra pada anak yang kemungkinan kecanduan ponsel.

Pasalnya, anak-anak lebih mudah terkena paparan radiasi ponsel dibandingkan orang dewasa lho! Hal ini dikarenakan anak-anak memiliki jaringan otak yang lebih tipis, lebih mudah menyerap dan ukuran yang lebih kecil.

Penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang terkena radiasi ponsel berlebihan bisa membentuk kelainan jaringan dan metabolisme syaraf sel-sel otak anak. Berbahaya, bukan?

Selain dampak negatif radiasi ponsel yang lebih spesifik di atas, ada pula dampak berbahaya ponsel bagi kesehatan yang wajib Anda waspadai.

Dampak tersebut antara lain sering merasa sakit kepala, mudah lelah, sulit tidur, memicu kerusakan otak dan ginjal bahkan bisa menyebabkan depresi. Ada sebagian besar orang yang mengalami muntah-muntah akibat energi negatif RF yang terkumpul serta mudah masuk ke dalam otak.

Selain itu, terlalu sering melihat layar ponsel bisa saja mengakibatkan sakit mata dan bisa memicu penyakit katarak. Katarak terjadi akibat mata terlalu lama bersinggungan dengan suhu panas radiasi ponsel sehingga lama-lama bisa terjadi pemadatan kabut penghalang kornea Anda.

Peletakkan ponsel di telinga terlalu dekat juga bisa masuk ke rongga telinga yang akan membuat sirkulasi aliran darah di sekitar mata mengalami gangguan.

Tips Meminimalisir Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

Menghilangkan kebiasaan tanpa ponsel bisa dikatakan tidak mungkin. Ponsel sudah menjadi gaya hidup banyak orang di era modern ini. Langkah terbaik meminimalisir dampak negatif radiasi ponsel berikut mungkin bisa Anda jadikan referensi.

  • Gunakan ponsel saat dibutuhkan saja baik berkomunikasi, bermain sosial media atau Googling.
  • Saat menelepon memakai Hands free, sebaiknya tidak meletakkan ponsel di saku celana atau gunakan pengeras suara ponsel saja.
  • Jauhkan ponsel dari tubuh saat tidak digunakan dan tidak meletakkan ponsel di samping tempat tidur.
  • Lakukan panggilan saat sinyal ponsel penuh untuk mengurangi dampak negatif radiasi yang berlebihan dibandingkan menelepon saat sinyal sedang lemah.
  • Sebaiknya lakukan komunikasi lewat pesan singkat untuk mengurangi pajanan radiasi yang berlebihan.

Selain beberapa tips mengurangi dampak negatif radiasi ponsel di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan ponsel pada anak-anak.

Kenali Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan

Sebaiknya berikan aturan ketat mengenai penggunaan ponsel agar anak-anak terhindar dari risiko buruk radiasi. Sebaiknya hentikan penggunaan ponsel saat mata terasa lelah, berair dan kepala terasa pusing.

Yuk, batasi penggunaan smarthpone Anda mulai sekarang agar kesehatan tetap terjaga ya!

Baca Juga : Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here