Home Tips Kesehatan Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

187
0

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda – Efek kurang tidur masih dianggap sepele, padahal menimbulkan berbagai macam efek negatif dari mulai penyakit hingga penurunan kekebalan tubuh. Simak selengkapnya berikut.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Efek kurang tidur masih dianggap hal sepele oleh masyarakat kebanyakan. Mereka hanya mengira bahwa tidak cukup tidur membuat mereka kelelahan dan mengantuk saja di hari itu. Padahal banyak sekali efek yang ditimbulkan.

Terlebih apalagi kalau Kita tidak cukup istirahat di malam, Efek yang berkepanjangan akan membuat sistem kekebalan tubuh Kita akan menjadi terganggu.

Tidur merupakan suatu hal yang fitrah dan dialami oleh semua orang. Tidur berarti memejamkan mata dan kondisi tidak sadar pada sistem penginderaan setiap orang. Setiap orang memiliki jam istirahat yang berbeda-beda.

Ada yang 3 jam saja melakukan istirahat sudah merasakan kesegaran yang luar biasa. Bahkan ada yang baru merasakan kesegaran tubuh dan pikiran ketika sudah memejamkan mata selama 10 jam.

Baca Juga : Cara Menumpas Habis Bakteri di Mulut

Apa Saja Bahaya Jika Anda Kurang Tidur?

Berikut kami jabarkan beberapa bahaya kurang tidur:

1. Mood Mudah Berubah

Efek kurang tidur yang pertama adalah dapat terjadi fluktuasi mood/ perubahan mood yang cepat berubah. Orang akan mudah marah. Seringkali fluktuasi ini mengakibatkan orang mudah sensitif terhadap berbagai masalah.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Meskipun itu hanya masalah yang dianggap pihak lain sepele. Akan tetapi apabila orang tidak cukup istirahat, akan membuatnya menjadi mudah sekali tersinggung.

2. Tubuh akan Mudah Sakit

Efek kurang tidur yang kedua adalah tubuh Kita akan rentan ataupun mudah sakit. Hal ini dikarenakan tervosirnya pikiran dan tubuh untuk dipaksa beraktivitas secara terus menerus. Efeknya, membuat sistem kekebalan tubuh Kita akan terganggu.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Ketika Kita tidur, tubuh akan menghasilkan produksi sitokin. Jadi, apabila istirahat pun kurang, hal ini akan sangat berdampak buruk pada kemampuan sistem kekebalan tubuh Kita untuk bertahan melawan infeksi.

3. Mengakibatkan Penyakit Serius

Efek kurang tidur selanjutnya adalah dapat mengakibatkan tubuh Kita akan terserang penyakit serius. Apabila tidak adanya kecukupan dalam istirahat Kita dalam efek panjangnya membuat tubuh menjadi drop dan mengakibatkan penyakit serius yang bisa diderita. Misalnya, meningkatkan resiko Kanker Usus Besar, Kanker Payudara, ataupun Kanker Prostat.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Selain itu penyakit serius yang bisa diderita adalah mengakibatkan serangan jantung, bahkan dapat berakibat Stroke. Penyakit serius tersebut dapat menyerang tubuh Kita secara perlahan-lahan.

4. Membuat Otot dan Sendi Menjadi Nyeri

Efek kurang tidur lagi adalah nyeri otot dan sendi. Semakin meningkatnya umur Kita, tak menampik pikiran Kita bisa jadi akan mudah rentan terkena penyakit nyeri otot dan sendi.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa salah satu yang mengakibatkan Kita mudah terserang penyakit otot dan sendi adalah ketika Kita sering begadang atau bisa dikatakan bahwa jam tidur Kita kurang teratur.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Bisa jadi ketika Kita masih muda sering melakukan aktivitas fisik yang terlampau keras dengan menghabiskan waktu Kita begadang malam. Apalagi kalau Kita hanya tidur selama kurang dari 5 jam perharinya, bisa diperiksa kalau Kita mudah pegal di bagian otot ataupun sendi.

5. Membuat Kita Menjadi Mudah Lupa

Efek kurang tidur juga dapat membuat Kita menjadi mudah lupa dalam mengingat. Ada beberapa penelitian yang memaparkan bahwa ketika Kita tidur ataupun istirahat yang cukup, otak akan lebih efektif dan efisien dalam mengolah dan menyimpan informasi informasi di dalam otak Kita.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Pada dasarnya, Kita memang memerlukan jam istirahat yang cukup untuk menyerap informasi baru. Baik itu informasi internal ataupun eksternal di dalam otak dan pikiran Kita.

Terlalu banyak informasi yang diserap oleh otak tanpa membuat otak Kita istirahat secara cukup, akan membuat Kita menjadi seorang pelupa.

6. Turunnya Libido/ Gairah Seks

Efek kurang tidur lainnya adalah dapat mengakibatkan penurunan gairah seks ataupun hasrat seks ke pasangan suami/ istri Kita. Hasrat mereka mengalami penurunan drastis karena adanya rasa kantuk yang berlebih.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Selain itu rasa kelelahan yang berlebih dikarenakan kurang dalam mengistirahatkan tubuh membuat keinginan untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan menjadi terganggu.

Hal ini tidak menampik akan memunculkan masalah baru yaitu konflik dengan pasangan Kita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa para laki-laki yang mengalami gangguan kurang tidur ini membuat efek kadar testosteron mereka menjadi lebih rendah.

7. Terjadinya Penuaan Dini

Efek kurang tidur selanjutnya adalah terjadinya penuaan dini. Terlalu terbiasa dalam begadang dengan efek berkepanjangan, dapat membuat banyak kerutan-kerutan di wajah Anda. Selain itu kulit juga akan terlihat semakin kusam.

Mata Anda pun akan ikut bengkak atau bisa Kita sebut sebagai mata pAnda. Untuk itulah wajah Anda bisa terlihat semakin tua dari usia Anda yang seharusnya.

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda

Hal-hal di atas merupakan penjabaran dari dampak buruk kurang tidur bagi tubuh Kita. Pada hakikatnya, istirahat yang cukup bagi mayoritas orang kebanyakan adalah selama kurang lebih 8 jam.

Biasanya apabila tidur Kita tidak mencapai batas normal/ selama kurang lebih 8 jam, badan akan merasakan dampaknya. Bisa jadi dampaknya seperti yang saya jelaskan di atas.

Mari bersama-sama belajar untuk mengatur pola tidur Kita untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Baca Juga : Cara Efektif Memiliki Tubuh yang Awet Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here