Home Tips Kesehatan Cara Kerja Sistem Imun Manusia yang Jarang Dipahami Selama Ini

Cara Kerja Sistem Imun Manusia yang Jarang Dipahami Selama Ini

113
0

Cara Kerja Sistem Imun Manusia yang Jarang Dipahami Selama Ini – Sistem imun manusia akan bekerja dengan akurat, sehingga cara kerja yang dilakukannya jarang atau bahkan tidak pernah melakukan kesalahan.

Cara Kerja Sistem Imun Manusia yang Jarang Dipahami Selama Ini

Seperti yang kita tahu selama ini bahwa sistem imun manusia sangat penting dan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

Sistem imun yang ada pada setiap tubuh manusia merupakan serangkaian sistem dengan susunan mulai dari sel, jaringan, serta organ tubuh manusia.

Sistem imun manusia biasa juga disebut dengan sistem kekebalan tubuh atau sistem pertahanan alami tubuh manusia, memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Banyak yang mengetahui tentang sistem imun, namun tidak dengan cara kerjanya.

Adapun cara kerja sistem imun yang harus kita ketahui bahwa sistem imun akan menyerang berbagai Benda Antigen dengan melakukan respon kekebalan tubuh.

Benda Antigen bisa diartikan sebagai benda asing / luar yang masuk pada tubuh manusia yang bersangkutan. Jenisnya berupa mikroba yang meliputi Virus, Bakteri, Jamur atau Parasit.

Setelah kita mengetahui cara kerja sistem imun yang ada pada tubuh manusia seperti di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem imun manusia dapat bekerja dengan baik apabila sistem tersebut mampu untuk membedakan benda yang asli dari dalam tubuh dengan benda asing yang seharusnya diserang.

Sistem imun yang baik dan sehat akan menolak secara otomatis berbagai zat atau benda asing yang masuk pada tubuh agar tetap terjaga kesehatan tubuh dan tidak terserang penyakit.

Berbagai fakta mengenai sistem imun manusia yang wajib Anda tahu

Selain cara kerja daripada sistem kekebalan tubuh manusia, Anda juga harus mengetahui berbagai fakta yang menarik dan mengejutkan dari sistem imun manusia, beberapa di antaranya adalah :

1. Terdapat Antibodi yang memiliki peran fungsi sebagai pasukan tentara

Antibodi adalah zat pelindung tubuh. Zat ini terbentuk ketika tubuh mendeteksi bahwa adanya zat asing yang masuk ke tubuh dan mengharuskan terjadinya respon kekebalan tubuh.

Selanjutnya, Zat Antibodi yang ada dalam sistem imun manusia akan mengingat jenis zat asing yang telah masuk dan akan menyerangnya ketika itu maupun ketika masuk kembali.

Sebagai pasukan tentara tubuh, zat antibodi akan melakukan metode vaksinasi agar tubuh tidak terserang oleh penyakit berbahaya.

2 Sistem Imun Manusia jarang atau bahkan tidak pernah salah dalam melakukan cara kerja

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kondisi tubuh yang sehat, maka sistem imun manusia akan melakukan perlindungan dengan mendeteksi berbagai macam zat asing yang masuk, mengingatnya dan kembali melakukan penyerangan dan penolakan terhadapnya.

Dengan demikian, sistem imun bekerja dengan baik dalam merespon zat semisal jamur, bakteri, virus dan sebagainya. Namun, jarang atau hanya ditemui dalam kasus-kasus tertentu bilamana sistem imun manusia tidak dapat bekerja secara maksimal.

Kondisi sistem imun yang tidak dapat bekerja secara maksimal disebut kondisi imunodefesiensi primer yakni suatu keadaan dimana kekebalan tubuh seseorang dalam kondisi kronis (tidak mampu melakukan perlindungan dan pertahanan secara maksimal).

3. Peran Usus Sebagai Penjaga Gerbang dalam Pertahanan Tubuh

Dalam sistem imun manusia, terdapat sebuah bagian yang sangat penting yang bertugas untuk menjaga dan bekerja dengan baik yakni sistem saluran pencernaan atau usus.

Usus bekerja dengan keras yakni untuk membedakan manakah yang termasuk zat diri sendiri ataupun zat asing yang ikut serta masuk.

Dengan kata lain, usus akan membedakan mana yang termasuk bakteri baik dan mana bakteri yang buruk.

4. Manusia Dapat Hidup Dengan Tanpa Limpa

Limpa merupakan salah satu bagian dari sistem imun manusia di mana berperan yakni sebagai pembersih virus, bakteri dan semacamnya yang ada dalam darah, menyaring sel-sel darah merah yang telah rusak serta menyimpan dan menjaga sel darah putih untuk proses antibodi.

Ukuran limpa cukup besar, dan akan bertambah besar ketika melawan infeksi. Sebagai salah satu bagian dari sistem imun manusia, perannya sangat penting.

Namun sesungguhnya manusia ketika kehilangan limpa tetap mampu melangsungkan hidup karena sistem imun akan bekerja dengan cara yang lain.

5. Kelenjar Timus Memiliki Peran yang Sangat Penting

Kelenjar Timus berfungsi dalam pembentukan sel darah putih (Limfosit). Kelenjar timus akan mematangkan Limfosit dan di sinilah perannya sebagai sistem imun manusia.

Kelenjar timus akan tumbuh dan berkembang dengan baik ketika masa golden age yakni masa kanak-kanak. Sehingga bisa dipastikan bila masa tersebut terjadi gangguan pertumbuhan dan perkembangan kelenjar tersebut, maka sistem imun (kekebalan) tubuh manusia juga akan terganggu dan bermasalah.

Dengan mengetahui hal (fakta) penting di atas, maka hendaknya kita berusaha untuk terus menjaga agar sistem imun manusia kita bekerja dengan baik dan maksimal dengan pola hidup yang sehat mulai dari rajin berolahraga, pola makan yang sehat, tidur cukup, serta menghindari stres yang terus-menerus.

Baca Juga : 4 Masalah Kesehatan Fisik yang Disamakan dengan Gangguan Kesehatan Mental

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here