Home Tips Kesehatan Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya

Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya

218
0

Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya – Melakukan buang air besar rutin ternyata menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan. Di samping itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlancarnya. Seperti apa itu? Ini dia penjabarannya.

Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya

Sejumlah orang merasa penasaran dengan apakah BAB rutin itu penting. Ada juga yang mulai merasa penasaran dengan seperti apa rutin yang dimaksud jika dihubungkan dengan jangka waktu tertentu, sebab tak semua orang bisa BAB tiap hari.

Adanya beberapa pertanyaan tentang pentingnya BAB rutin ini pun menjadi satu hal yang penting untuk diketahui. Di samping itu, hal seperti ini pun bisa menjadi satu info penting untuk kita agar pola hidup bisa lebih sehat lagi.

Apa pentingnya buang air besar rutin?

Seperti yang telah kita ketahui, BAB rutin menjadi satu hal yang dianggap penting oleh sebagian besar orang. Akan tetapi, ada sebagian orang yang tak bisa BAB tiap hari dan menganggap dirinya tak sehat.

Ternyata, hal ini belum tentu benar. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui sebenarnya rutin yang dimaksud itu seperti apa.

Studi yang ada pada Scandinavian Journal if Gastroenterology menyatakan bahwa sebaiknya kita Buang Air Besar rutin setiap hari.

Berdasarkan studi yang ada di sana, jadwal sehat untuk buang air besat adalah 1 sampai dengan 3 kali sehari serta bisa tak sama antar satu hari ke yang lainnya.

Seperti yang kita tahu, pup merupakan limbah atau sampah yang ada di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kita perlu membuang atau membersihkannya tiap hari untuk memastikan racun yang ada di dalam tubuh menghilang.

Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya

Beberapa orang bahkan juga melakukan BAB tiap kali sudah selesai makan.

Doktor GI Unit Massachusetts General Hospital, Boston, Bernard Aserkoff menjelaskan bahwa tak ada Jadwal buang air besar normal, melainkan hanya rata-rata.

Menurutnya, rata-rata ini adlaah 1 atau 2 kali sehari. Akan tetapi ada juga sejumlah orang yang lebih atau kurang dari itu. Ada yang tiap 2 hari sekali atau 1 sampai 2 kali seminggu.

Menurut Bernard Aserkoff, selama seseorang merasa nyaman, maka tak perlu melakukan buang air besar dalam jangkka waktu yang sering.

Oleh karena itu, BAB rutin menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bisa memberi rasa nyaman pada tubuh dan mengeluarkan sampah yang sudah tak diperlukan lagi oleh fisik kita.

Baca Juga : Masalah Gigi Sensitif! Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa saja trik yang bisa kita lakukan agar buang air besar rutin?

Setelah mengetahui pentingnya BAB rutin seperti ulasan di atas, kita pun bisa memperkirakan seberapa sering waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan racun ini dari dalam tubuh.

Pada umumnya, sebagian orang akan melakukan buang air besar pada pagi hari, lebih tepatnya sebelum mereka menjalani aktivitas atau rutinitas sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin buang air besar rutin, maka hal ini ternyata memiliki beberapa trik yang bisa didapat.

Anda bisa mengetahui beberapa trik dari buang air besar yang dilakukan secara rutin. Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda coba secara langsung.

1. Jangan suka menahan buang air besar

Semakin sering menahan buang air besar, maka risiko Anda terkena sembelit pun semakin besar. Hal ini akan membuat Anda tak rutin melakukan BAB.

Maka, saat ingin BAB, segeralah pergi ke toilet untuk melakukannya.

2. Makan makanan berserat

Bagi Anda yang ingin BAB secara lancar dan rutin, maka memperbanyak konsumsi serat menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan.

Hal ini dikarenakan serat bisa memperlancar BAB. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur untuk menambah asupan serat di dalam tubuh.

3. Perbanyak minum air putih

Selain serat, Anda bisa memperbanyak minum air putih agar BAB rutin dilakukan. Konsumsi air putih yang banyak bisa memberi kemudahan untuk tinja agar keluar.

4. Perhatikan asupan makanan

Anda bisa memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan asupan Vitamin B12 di dalam makanan yang Anda konsumsi memadai.

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan Vitamin B12 antara lain adalah jeruk, kiwi, oatmeal, lidah buaya, bayam, yogurt, nasi, dan kacang.

5. Hindari stres

Sistem pencernaan tubuh manusia ternyata sangat sensitif terhadap stres. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan banyak hal yang disenangi. Kegiatan ini bisa mengurangi tingkat stres. Misalnya pergi nonton, bernyanyi, atau yang lainnya.

6. Perbanyak olahraga

Anda bisa memperbanyak olahraga agar bisa buang air besar rutin. Melakukan olahraga bisa meningkatkan denyut jantung serta pernapasan yang akan merangsang kontraksi pada semua bagian tubuh.

Hal ini bisa membantu makanan agar bergerak lebih cepat melalui usus.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang pentingnya buang air besar rutin dan cara untuk memperlancarnya. Dengan begitu Anda bisa menerapkan hal ini dengan lebih mudah. Maka dari itu, pastikan Anda melakukannya dengan tepat.

Baca Juga : Ketahui Cara Tepat Merawat Kesehatan Hidung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here