Home Tips Kesehatan 8 Bagian Dari Sistem Endokrin

8 Bagian Dari Sistem Endokrin

343
0

8 Bagian Dari Sistem Endokrin – Masing – masing bagian berupa kelenjar kelenjar yang menghasilkan beberapa hormon. Setiap hormon yang dihasilkan memiliki fungsi yang berbeda. simak penjelasannya berikut!

8 Bagian Dari Sistem Endokrin

Setiap manusia memiliki sistem tubuh yang kompleks dengan beberapa bagian, salah satunya adalah bagian sistem indokrin. Ada 8 bagian sistem endokrin yang perlu kita ketahui.

Kesemua bagian tersebut terdiri dari kelenjar kelenjar yang berbeda dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Tanpa adanya bagian sistem endokrin diatas maka kinerja sistem tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik.

Fungsi 8 Kelenjar Bagian Sistem Endokrin

Masing masing bagian sistem endokrin berupa kelenjar yang menghasilkan hormon untuk selanjutnya dialirkan ke dalam darah. Berikut akan dijelaskan semua bagian sistem endokrin yang ada dalam tubuh kita.

1. Kelenjar Hipotalamus

Kelenjar Hipotalamus merupakan kelenjar yang berada di bawah otak. Kelenjar ini terdiri dari Nukleus yang berfungsi terhadap kepekaan steroid, glukokortiroid, suhu dan glukosa.

Hipotalamus berhubungan dengan saraf dan Hipofisis, sehingga ia berfungsi dalam memelihara suhu tubuh, menstabilkan tekanan darah, menormalkan denyut jantung dan juga emosi. Selain itu, hipotalamus juga berfungsi dalam monitor aktifitas tubuh.

2. Kelenjar Tiroid

Kelenjar ini terletak di bawah leher bagian depan. Fungsi dari kelenjar ini adalah untuk memproduksi hormon Tiroid yang berperan dalam proses metabolisme tubuh.

Disamping itu, kelenjar tiroid juga berfungsi dalam membantu perkembangan otak serta sistem saraf pada tulang anak. Fungsi lainnya adalah membantu menormalkan tekanan darah, detak jantung, reproduksi dan otot serta sistem pencernaan.

3. Kelenjar Reproduksi

Kelenjar ini yang menghasilkan hormon seks. Pada laki laki, hormon ini terletak di dalam skrotum. Fungsi dari hormon ini adalah mempengaruhi pertumbuhan anak laki laki, khususnya saat mulai menginjak masa puber.

Hal ini ditandai dengan produksi sperma, pertumbuhan rambut dan perubahan wajah, serta perkembangan seks.

Sedangkan pada wanita, terletak di kedua sisi rahim. Berfungsi dalam mempengaruhi pertumbuhan wanita, seperti tumbuhnya bulu, menstruasi dan kehamilan.

4. Kelenjar Pankreas

Kelenjar ini terletak di bagian kiri atas perut dan memanjang menempel pada Duodanum. Fungsi Pankreas ada dua, yaitu fungsi Eksokrin dan fungsi Endokrin.

Fungsi Eksokrin adalah memproduksi enzim pencernaan, sehingga ia berfungsi dalam membantu dalam sistem pencernaan, yakni memecahkan makanan yang kita cerna sehingga sari makanan bisa diserap oleh tubuh.

Sedangkan fungsi Endokrin adalah memproduksi hormon insulin, yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Jika hormon ini tidak berfungsi dengan baik, maka berakibat pada timbulnya penyakit diabetes atau biasa disebut dengan kencing manis.

5. Kelenjar Adrenal

Kelenjar ini terletak di atas ginjal kanan dan kiri, serta berbentuk menyerupai bangun segitiga. Kelenjar adrenal terdiri dari dua bagian, yakni bagian korteks dan bagian medula.

Bagian Korteks (luar) adrenal berperan menghasilkan hormon kortekosteroid yang berfungsi dalam membantu metabolisme tubuh, menyeimbangkan kadar garam dan air, serta berperan dalam fungsi seksual dan juga kekebalan tubuh.

Sedangkan bagian Medula (dalam) berfungsi menghasilkan hormon katekolamin yang akan berperan meredakan stress dan emosi.

6. Kelenjar Paratiroid

Kelenjar ini terletak di atas permukaan kelenjar tiroid yang masing masing berjumlah satu pasang, sehingga terdiri dari 4 kelenjar kecil.

Fungsi dari kelenjar ini adalah membantu proses metabolisme dengan cara mengatur jumlah kalsium yang hendak diproses pada tulang dan darah.

7. Kelenjar Pituitari

Kelenjar Pituitari terdiri dari dua bagian, yaitu Lobus Anterior dan Lobus Posterior. Lobus anterior diatur oleh Kelenjar Hipotalamus.

Hormon yang dihasilkan Lobus Anerior antara lain:

  • Hormon Pertumbuhan, yang berfungsi dalam membantu mempercepat perkembangan tulang dan jaringan.
  • Hormon Perangsang Tiroid, berfungsi dalam mempercepat produksi hormon tiroid pada kelenjar tiroid.
  • Hormon Adrenocorticotropin, berfungsi dalam mempercepat produksi hormon yang dihasilkan adrenal.
  • Hormon Perangsang Folikel, berfungsi sebagai monitoring perkembangan seksual.
  • Hormon Prolaktin, berfungsi dalam membantu menghasilkan susu pada seorang ibu.

Lobus Posterior tidak diatur Hipotalamus. Sedangkan hormon yang dihasilkan antara lain:

  • Hormon Antidiuretik, berfungsi dalam mengontrol kadar air dalam pengerjaan ginjal.
  • Hormon Oksitosin, berfungsi dalam mengontrak rahim pada saat melahirkan serta mempercepat produksi susu.

8. Kelenjar Pineal

Kelenjar ini terletak di dalam otak. Hormon yang dihasilkan adalah hormon melatonin. Fungsi dari hormon ini adalah mengatur siklus pada saat tubuh tidur maupun terbangun.

Itulah kedelapan bagian dari sistem endokrin yang ada dalam tubuh kita.

Jadi intinya, sistem endokrin berperan dalam banyak hal, seperti mengatur metabolisme tubuh, menyeimbangkan fungsi otak, emosi, aliran darah dan segala komponen yang berada dalam tubuh.

Peran peran tersebut dikerjakan oleh hormon yang dihasilkan oleh masing masing kelenjar. Masing-masing kelenjar tidak hanya menghasilkan satu hormon, melainkan beberapa hormon.

Masing-masing hormon yang dihasilkan oleh setiap kelenjar dari sistem endokrin ini memiliki fungsi dan peran sendiri. Dengan demikian kita tahu bahwa fungsi sitem endokrin ini begitu kompleks dan bermacam macam.

Baca Juga : Apa Saja Buah Pencegah Penyakit Liver?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here