Home Tips Kesehatan Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

139
0

Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh? – Tidak suka minum jus buah atau sayur? Ketahui manfaat jus bagi tubuh disini, dijamin kamu pasti langsung suka konsumsi jus!

Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

Jus merupakan minuman yang terbuat dari berbagai macam jenis buah dan sayur. Oleh karena itu manfaat jus bagi tubuh sangat tinggi, terutama membuat tubuh sehat. Saat ini, jus sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai minuman paling favorite.

Minuman jus rasanya manis dan segar. Akan tetapi, jus yang rasanya manis perlu dijauhi karena mengandung gula terlalu tinggi. Terlalu sering minum jus manis dapat menyebabkan diabetes.

Manfaat jus bagi kesehatan memang telah terbukti nyata, namun manfaatnya tidak maksimal jika Anda mengolah jus dengan cara yang salah. Seperti menambahkan susu, gula atau lainnya dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Cara Mengolah yang Benar Supaya Manfaat Jus Bagi Tubuh Maksimal

Jus buah ukuran sedang, mengandung kalori sekitar 60 kal. Belum lagi ditambahkan dengan gula dan susu, kalorinya terus bertambah. Berbeda dengan kandungan kalori pada sayuran, tiga gelas jus sayuran hijau mengandung kalori sebesar 25 kal.

Bila ingin membuat jus yang rendah kalori sebaiknya campurlah buah dengan sayur, agar kalorinya tidak terlalu banyak. Bisa menambahkan Yogurt dalam jus supaya kandungan proteinnya makin bertambah.

Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

Setelah mengetahui bahwa kandungan kalori jus lumayan banyak, sekarang Anda bisa memilih komposisi buah dan sayur untuk jus. Berikutnya selesai memilih bahannya, Anda dapat melihat cara mengolah jus yang benar agar manfaatnya maksimal.

1. Siapkan Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat jus hanya blender dan pisau. Saat ingin membuat jus tanpa kulit buah, persiapkan alat pengupas kulit buah.

Beralih ke alat blender, bersihkan blender dengan menggunakan air sabun pencuci piring, lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat. Pastikan bahwa bau sabunnya hilang.

2. Cuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan sebelum membuat jus sangat dianjurkan. Cucilah tangan sampai bersih. Sudah mencuci tangan, kemudian bisa mempersiapkan bahan-bahan pembuatan jus.

3. Menentukan Porsi Bahan

Setiap hari disarankan untuk mengkonsumsi jus sehat dengan komposisi bahan 2 buah dan 3 macam sayuran. Pilihlah 2 buah kesukaan Anda, beserta tiga jenis sayuran.

4. Blender Semua Bahan

Masukkan semua bahan ke dalam blender, tambahkan air, gula (sedikit saja), yogurt secukupnya. Nyalakan blender dengan kecepatan tinggi supaya bahannya benar-benar hancur.

5. Letakkan di Botol

Setelah di blender, letakkan jus yang telah jadi di dalam botol. Simpan jus dalam kulkas agar lebih segar ketika diminum.

Anda telah bisa membuat jus menggunakan langkah yang benar seperti di atas, dengan begitu rasakan manfaat jus bagi tubuh secara maksimal.

Tubuh menjadi sehat setelah mengkonsumsi jus. Ada satu informasi lagi untuk Anda, jus yang sudah jadi sebisa mungkin harus dihabiskan pada hari itu juga. Jangan menyimpan jus terlalu lama dalam kulkas, karena kualitas jus dapat menurun jika disimpan terlalu lama.

Manfaat Jus Bagi Tubuh

Bagi Anda yang kurang menyukai jus, sebaiknya ketahui dahulu manfaat jus bagi tubuh. Dijamin setelah mengetahui manfaatnya, pasti Anda selalu mengkonsumsinya setiap hari. Berikut merupakan contoh manfaat jus bagi tubuh.

1. Membuat Tidur Lebih Pulas

Pekerjaan sehari-sehari tidak ada habisnya, bahkan kerjaan selalu menumpuk menyebabkan kurang istirahat. Hal ini membuat tubuh lelah sehingga tidak dapat melakukan pekerjaan secara totalitas.

Cobalah istirahat dari semua pekerjaan, ingat tangguhkan dahulu pekerjaannya. Nanti bisa dikerjakan setelah istirahat. Minumlah jus buah dan sayur sebelum istirahat (tidur) supaya lebih nyenyak.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus terbuat dari campuran buah, sayur, susu, atau yogurt. Otomatis kandungan yang terdapat dalam jus sangat bervariasi, mulai dari protein, serat, vitamin, mineral, dan lainnya.

Kandungan vitamin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Saat badan Anda terasa lemah, minumlah jus buah yang menyehatkan. Beberapa saat kemudian, badan kembali lebih kuat dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Memiliki badan gemuk membuat Anda tidak percaya diri. Lebih baik kuruskan badan dengan diet. Makanan diet harus dijaga dengan ketat, salah satunya dalam memilih buah dan sayuran untuk dimakan.

Anda dapat mengolah buah menjadi jus, minuman jus dapat mengenyangkan perut lebih lama. Rasa kenyang bisa dirasakan setelah minum jus, bahkan Anda tidak ingin ngemil sama sekali.

4. Meningkatkan Energi

Manfaat jus bagi tubuh selanjutnya yaitu meningkatkan energi. Seringkali seseorang kekurangan energi, sehingga membuat konsentrasi kerja kurang maksimal. Segera konsumsi jus sebelum bekerja untuk mengembalikan konsentrasi.

5. Melancarkan Pencernaan

Rutin minum jus membuat proses pencernaan lancar. Buang air besar bisa dilakukan secara rutin setiap hari.

Apa Manfaat dan Kekurangan Jus Bagi Tubuh?

Nah itulah manfaat jus bagi tubuh. Sangat bagus untuk kesehatan, sehingga Anda perlu memasukkan jus buah sebagai minuman yang wajib di konsumsi setiap hari. Sekali lagi perlu diingat, boleh konsumsi jus setiap hari dengan catatan jangan menambahkan gula dan susu terlalu banyak karena tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga : Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here