Home Tips Kesehatan Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

403
0

Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk – Terlalu banyak duduk ternyata bisa memicu munculnya beberapa gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh. Berikut merupakan informasinya untuk Anda.

Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sering kali menghabiskan waktu untuk duduk dalam waktu yang cukup lama, seperti pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya hampir setengah hari duduk diatas kursi, maka mulai saat ini Anda harus mewaspadai adanya gangguan kesehatan yang bisa saja muncul akibat terlalu banyak duduk.

Tuntutan pekerjaan ataupun profesi memang membuat duduk dalam waktu yang lama dan bekerja di depan komputer, menjadi hal yang wajib dan harus untuk Anda lakukan.

Jangan dianggap remeh, karena pada dasarnya ada gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat terlalu banyak duduk. Berikut ini merupakan informasi selengkapnya untuk Anda.

5 Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa akibat terlalu banyak duduk, adalah munculnya gangguan kesehatan yang bisa menyerang tubuh Kita. Dan dalam waktu yang lama, hal itu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan jangka panjang tubuh Kita.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai 5 gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat terlalu banyak duduk :

1. Sakit pada leher dan bahu

Salah satu akibat terlalu banyak duduk yang pertama adalah munculnya rasa sakit pada bagian leher dan bahu tubuh Anda. Hal ini dikarenakan duduk terlalu lama akan memberikan rasa tegang yang luar biasa pada bagian bahu dan juga leher Anda.

Hal ini bisa semakin parah tatkala posisi duduk Anda berada dalam kondisi yang buruk, karena lama kelamaan sakit yang ada pada leher dan juga bahu Anda bisa merusak otot Anda.

2. Meningkatkan resiko terserang penyakit

Kemudian, akibat terlalu banyak duduk yang selanjutnya adalah meningkatnya resiko terserang penyakit. Penyakit tersebut diantaranya adalah penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan bahkan penyakit kanker.

Hal ini dikarenakan ketika Anda duduk dalam waktu yang lama dan terlalu banyak, akan meningkatkan tekanan darah, gula darah, lemak tubuh sekitar pinggang, dan juga kolestrol.

3. Melemahkan kekuatan Otak dan ketajaman berpikir

Menurunnya kekuatan otak dan juga ketajaman berpikir ternyata juga bisa disebabkan akibat terlalu banyak duduk terutama duduk dalam waktu yang lama.

Hal ini dikarenakan ketika duduk dalam waktu yang lama, oksigen yang diangkut atau dibawa ke otak akan menjadi semakin lambat. Dan lambatnya aliran oksigen ke otak ini bisa memicu turunnya ketajaman berpikir dan kekuatan dari otak itu sendiri.

4. Meningkatkan resiko obesitas

Terlalu banyak duduk dan dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab dari obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika duduk, Anda akan terpacu untuk banyak makan, sehingga secara tidak sadar Anda akan mengalami kenaikan berat bedan yang cukup besar.

Apalagi ketika porsi makan yang bertambah tersebut tidak diiringi dengan olahraga secara teratur, maka jangan salahkan tubuh Anda jika tumpukan lemak yang ada di tubuh Anda menjadikan Anda semakin gemuk setiap harinya.

Jadi, usahakan untuk tetap mengontrol pola makan dan asupan apa saja yang Anda konsumsi selama Anda menghabiskan waktu dengan banyak duduk tersebut.

5. Melemahnya Kekuatan Otot

Melemahnya kekuatan otot juga merupakan salah satu akibat terlalu banyak duduk yang bisa sangat buruk bagi kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan, ketika dalam posisi duduk dalam waktu yang lama, otot Anda akan bergerak dalam jumlah yang sangat minim dan bisa menyebabkan kekuatan dari otot itu sendiri juga menjadi berkurang.

Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk

Setelah mengetahui bahwa ada 5 gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat terlalu banyak duduk, maka Anda juga perlu untuk mengetahui cara apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama.

Pada dasarnya, mencegah gangguan kesehatan akibat terlalu banyak duduk bisa Anda lakukan dengan cara melakukan lebih banyak gerakan atau lebih banyak bergerak ketika Anda duduk.

Hal ini bisa Anda mulai atau lakukan dengan gerakan-gerakan yang mudah dan sederhana seperti berdiri, berjalan, ataupun dengan melakukan olahraga ringan lainnya.

Hal ini dikarenakan ketika Anda menggerakan tubuh Anda disela-sela waktu duduk yang lama tersebut, otot-otot tubuh yang semula tegang, akan menjadi rileks dan tidak lagi terlalu tegang seperti saat Anda duduk tanpa adanya istirahat sedikitpun.

Selain itu, ketika Anda memiliki pilihan untuk berdiri atau berjalan dibandingkan dengan duduk, maka pilih pilihan tersebut dan gerakkan tubuh Anda sebanyak mungkin.

Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan Anda dengan rutin berolahraga dan juga makan makanan yang sehat dan bergizi serta penuhi asupan air putih Anda.

Hal ini akan sangat berguna untuk menyeimbangkan tubuh Anda dari kondisi terlalu banyak duduk yang dapat menyebabkan banyak gangguan penyakit. Minum air putih minimal 8 gelas perhari dan juga jaga pola makan Anda.

Baca Juga : Cara Kerja Sistem Imun Manusia yang Jarang Dipahami Selama Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here