Home Tips Kesehatan 5 Makanan Perusak Gigi yang Perlu Diwaspadai

5 Makanan Perusak Gigi yang Perlu Diwaspadai

338
0

5 Makanan Perusak Gigi yang Perlu Diwaspadai – Berikut ini merupakan ulasan informasi mengenai 5 makanan perusak gigi yang perlu Anda waspadai dan batasi konsumsinya.

5 Makanan Perusak Gigi yang Perlu Diwaspadai

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap kerusakan dan penyakit. Terutama yang berasal dari makanan yang Kita konsumsi.

Penyakit seperti gigi berlubang dan gusi bengkak bisa menyerang anak-anak ataupun dewasa dan berujung pada rusaknya gigi. Berikut ini merupakan daftar dari 5 makanan perusak gigi yang perlu untuk Anda waspadai.

Daftar 5 Makanan Perusak Gigi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kesehatan gigi merupakan hal yang sangat bergantung dari makanan apa yang kita makan dan konsumsi setiap harinya.

Makanan itulah yang akan sangat berpengaruh dalam menentukan sehat atau tidaknya gigi kita. Dan juga adapula 5 makanan perusak gigi yang ternyata perlu untuk Anda waspadai.

5 makanan perusak gigi berikut ini, harus bisa Anda atur jumlah konsumsinya. Baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Dan berikut ini daftar lengkapnya untuk Anda :

1). Soda

Soda merupakan salah satu minuman yang bisa dibilang banyak digemari karena kesegarannya yang bisa sekaligus menghilangkan rasa haus dan dahaga yang kita rasakan.

Namun, jangan salah karena ternyata soda menjadi salah satu dari 5 makanan perusak gigi yang sangat perlu untuk Anda waspadai penggunaannya.

Hal ini dikarenakan di dalam soda mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan dapat menjadi salah satu pemicu gigi berlubang.

Selain itu sifat dari soda itu sendiri bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan mulut yang kering bisa menjadi ladang bagi bakteri dan kuman yang bisa mengganggu kesehatan mulut.

2). Permen asam

Siapa yang tidak menyukai permen? Rasanya hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai makanan yang satu ini.

Namun, konsumsi dari permen perlu untuk Anda batasi terutama konsumsi Permen Asam. Hal ini dikarenakan kandungan asam tinggi yang berada di dalam permen asam dapat merusak lapisan terluar gigi dan menyebabkan sakit gigi.

3). Buah Kering

Buah Kering seperti contohnya kismis, aprikot, plum, sultana dan buah-buahan kering lainnya ternyata juga bisa menjadi salah satu dari 5 makanan perusak gigi yang perlu Anda wasapadai.

Hal ini dikarenakan tekstur dari buah kering itu sendiri yang cenderung kering dan lengket.

Lengket dan keringnya tekstur buah kering tersebut tidak menutup kemungkinan bisa tertinggal di sela-sela gigi dan menjadi sasaran empuk bagi bakteri penyebab sakit gigi. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi dari buah kering ini.

4). Roti Putih

Roti putih ternyata juga termasuk dalam salah satu dari 5 makanan perusak gigi yang wajib untuk Anda perhatikan.

Hal ini dikarenakan ketika kita mengkonsumsi roti putih dan ada sisa kunyahan roti putih yang tertinggal di dalam mulut Kita, hal itu bisa menjadi pemicu berkembangnya bakteri dan kuman yang menyebabkan masalah bagi mulut Anda.

5). Acar

Dan acar merupakan makanan terakhir dari 5 makanan perusak gigi yang perlu Anda waspadai dan batasi konsumsinya.

Hal ini dikarenakan, kandungan asam yang terdapat di dalam acar ini ternyata menurut hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, bisa menyebabkan sakit gigi.

Bahkan acar juga menjadi penyebab sakit gigi nomor satu yang bisa menyerang anak-anak, remaja, bahkan hingga orang dewasa. Jadi, bagi Anda pecinta acar, baiknya Anda untuk membatasi konsumsi acar mulai dari sekarang.

Pentingnya Kesehatan Gigi

Setelah membahas mengenai 5 makanan perusak gigi, saat nya Kita membahas mengenai pentingnya kesehatan gigi.

Gigi menjadi salah satu bagian terpenting dari tubuh Kita yang tidak bisa Kita abaikan begitu saja kesehatannya.

Kesehatan gigi harus selalu di jaga dan diperhatikan karena itulah yang menjadi kunci dari kesehatan tubuh lainnya.

Bayangkan ketika gigi Anda sakit dan konsumsi makanan Anda menjadi terganggu, tentunya hal ini akan sangat memperngaruhi kesehatan tubuh Anda bukan?.

Selain membatasi konsumsi dari 5 makanan perusak gigi yang telah disebutkan diatas, menjaga kesehatan dari gigi Anda juga bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur pada pagi dan sore hari, dan bisa ditambah lagi pada malam hari sebelum Anda tidur.

Selain itu, setelah mengkonsumsi makanan seperti coklat, permen, ataupun makanan lain seperti yang telah disebutkan pada 5 makanan perusak gigi diatas, Anda bisa menyikat gigi Anda sampai benar-benar bersih dan memastikan mulut Anda sudah benar-benar bersih dari sisa makanan yang mungkin saja bisa tertinggal.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan Mouthwash yang bisa Anda gunakan setelah menyikat gigi Anda dengan cara berkumur.

Hal ini akan semakin membersihkan mulut Anda dari adanya Kuman, Bakteri, dan juga sisa makanan yang berpotensi bisa menyebabkan masalah pada gigi Anda dan juga mencegah kerusakan gigi Anda.

Terdengar sepele memang, akan tetapi kesehatan gigi adalah hal wajib yang harus Anda perhatikan selalu.

Penjabaran di atas adalah 5 Makanan Perusak Gigi yang Perlu Diwaspadai, jangan sampai gigi kita rusak.

Baca Juga : Lakukan Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Tubuh dari Musim Pancaroba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here