Home Tips Kesehatan 5 Kondisi Lidah yang bisa Menjadi Indikasi Penyakit

5 Kondisi Lidah yang bisa Menjadi Indikasi Penyakit

411
0

5 Kondisi Lidah yang bisa Menjadi Indikasi Penyakit – Ternyata kondisi lidah bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda. Berikut ini merupakan ulasanya untuk Anda.

5 Kondisi Lidah yang bisa Menjadi Indikasi Penyakit

Lidah ternyata bisa menjadi salah satu indikator adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda. Tidak hanya digunakan sebagai alat mengunyah dan juga berbicara, lidah juga bisa menjadi tanda tersebut.

Setidaknya ada beberapa gejala dari lidah yang bisa Anda amati. Dan berikut ini merupakan informasi mengenai kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit untuk Anda.

5 Kondisi Lidah Yang Bisa di Lihat Kemungkinan Menjadi Indikasi Penyakit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda ternyata bisa dilihat dari konsisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit.

Hal ini tidak mengherankan karena memang lidah menjadi salah satu bagian vital dari tubuh Kita yang harus Kita perhatikan kesehatannya.

Lidah yang sehat pada umumnya bewarna merah jambu yang segar dan terdapat bintik-bintik kecill atau yang disebut dengan papila.

Lidah semacam ini merupakan lidah sehat yang juga mengindikasikan bahwa Anda berada dalam kondisi sehat, namun apa bila ada 5 kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit seperti yang akan dijelaskan berikutnya maka Anda harus waspada.

1. Warna Merah Terang seperti Buah Stroberi

Kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit pertama yang harus Anda wasapadai adalah ketika lidah Anda memiliki warna merah terang seperti buah stroberi.

Warna merah terang seperti buah stroberi yang diperlihatkan oleh lidah Anda bisa menjadi tanda jika tubuh Anda sedang mengalami kekurangan Zat Besi ataupun Vitamin B12.

Kekurangan dua zat ini bisa menyebabkan penyakit pada tubuh Anda karena dua zat tersebut menjadi zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Dilapisi Bintik Bewarna Putih

Selain bewarna merah terang, kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit selanjutnya adalah ketika lidah Anda ditutupi oleh bintik-bintik bewarna putih di seluruh permukaan lidah Anda.

Jika lidah Anda mengalami kondisi yang demikian, berarti menandakan bahwa Anda sedang mengalami masalah yaitu infeksi jamur yang sedang menyerang mulut Anda.

Seringkali infeksi jamur semacam ini disebabkan karena kurangnya kebersihan mulut. Selain itu, infeksi jamur juga sering terjadi pada orang yang memiliki sisem kekebalan tubuh yang rendah.

3. Munculnya bintik hitam seperti bulu

Mungkin ketika mendengar kata bulu akan membuat Anda bergidik, namun bukan bulu seperti rambut yang tumbuh pada lidah melainkan bulu tersebut merupakan Papila atau Bintik Lidah yang tumbuh lebih panjang dari sebelumnya dan bewarna kehitaman.

Kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit ini disebabkan karena kegemaran Anda untuk merokok, minum kopi, kurangnya kebersihan gigi, atau bisa juga infeksi bakteri.

Selain papila yang tumbuh lebih panjang, akan juga ada sensasi tidak nyamand dan bau mulut yang mengikuti kondisi lidah semacam ini.

4. Lidah Keriput

Kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakitselanjutnya adalah ketika lidah ada sedang berada dalam kondisi keriput. Kondisi lidah yang semacam ini patut untuk Anda waspadai karena kondisi yang semacam ini bisa menjadi indikasi bahwa sedang ada infeksi jamur yang menyerang mulut Anda.

Selain itu, kondisi lidah keriput juga diiringi dengan bau mulut, mulut dengan rasa terbakar, dan juga rasa sakit yang akan Anda rasakan pada lidah Anda.

Jika Anda mengalami kondisi semcam ini baiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut pada tubuh Anda.

5. Luka di Lidah

Adanya bercak luka di lidah bisa menjadi indikasi penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda. Hal ini dikarenakan luka dilidah yang mirip seperti sariawan juga bisa menjadi gejala munculnya kanker lidah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Gejala lain yang biasanya mengiringi kanker lidah adalah bengkaknya lidah dan juga diserta kesulitan menelan. Selain tiu, ada pula rasa nyeri yang lama kelamaan akan menyebar ke area mulut Anda hingga ke dalam leher dan juga tenggorokan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lidah

Setelah mengetahui bahwa lidah bisa menjadi indikator adanya penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda, maka menjaga kesehatan lidah menjadi suatu hal yang penting untuk Anda lakukan.

Kondisi lidah yang bisa menjadi indikasi penyakit biasanya diawali dengan kurangnya perhatian Anda terhadap kebersihan lidah saat membersihkan mulut.

Dengan cara sederhana Anda bisa membersihkan lidah Anda seperti saat Anda menyikat gigi. Biasakan sebelum mulai untuk menyikat gigi, juga harus membersihkan bagian lidah Anda. Baik permukaan lidah ataupun bagian lidah yang paling dalam dan juga ujung.

Untuk membersihkan lidah, Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi dan pasta gigi secara perlahan dari ujung lidah hingga ke bagian pangkal lidah terdalam.

Selain itu Anda juga bisa membersihkannya dengan alat pembersih lidah yang bisa Anda beli di toko obat ataupun swalayan. Selain itu, Mouthwash juga bisa menjadi alat pembersih lidah yang aman dan baik untuk digunakan secara rutin.

Baca Juga : Penyebab Gastroenteritis Pada Bayi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here