Home Tips Kesehatan 12 Cara Mudah Merawat Kulit untuk Remaja

12 Cara Mudah Merawat Kulit untuk Remaja

145
0

12 Cara Mudah Merawat Kulit untuk Remaja – Siapa yang tak ingin memiliki kulit yang cantik, sehat dan terawat. Tak hanya wanita bahkan mungkin para pria juga menginginkannya, apalagi remaja cewek yang sangat mendewakan penampilan.

12 Cara Mudah Merawat Kulit untuk Remaja

Beragam cara bahkan kerap digunakan, mulai dari mencoba produk terbaru sampai yang paling mahal. Hal ini tujuannya hanya satu, menjaga penampilan kulit agar tetap sehat, dan terawat. Namun, sebenarnya cara Merawat kulit bukanlah hal yang sulit, asalkan telaten.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa merawat kulit tidaklah dilakukan setelah ada masalah. Perawatan bahkan mulai dilakukan ketika kulit tidak ada masalah sama sekali.

Prinsipnya, lebih baik menjaga dan mencegah daripada harus mengobati. Menerapkan kebiasaan pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.

12 Cara Merawat Kulit untuk Remaja

Berikut beberapa cara merawat kulit yang harus diperhatikan dengan benar, khususnya untuk para remaja. Daripada menghabiskan uang untuk membeli produk perawatan yang mahal, ada baiknya cukup terapkan cara merawat kulit dibawah ini:

1). Cuci muka rutin 2 kali dalam sehari

Ini adalah poin utama dalam hal perawatan kulit wajah. Paling tidak cucilah muka dua kali dalam sehari yakni ketika bangun dan akan tidur. Jika tidak sempat, gunakan tisu basah khusus wajah. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2). Berikan pelembab

Untuk remaja yang memiliki kulit kering, pelembab hukumnya wajib. Tidak perlu memilih pelembab dengan banderol harga selangit, cukup gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu.

3). Sunscreen

Paparan radikal bebas menjadi salah satu ancaman terburuk untuk kesehatan kulit. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah.

4). Mencuci rambut rutin

Cara merawat kulit tak hanya terbatas pada kulit wajah dan kulit tubuh saja, namun juga kulit kepala. Cukup dengan rutin mencuci rambut menggunakan sampo atau dengan bahan alami semisal pisang, telur dan yoghurt kesehatan kulit kepala dan rambut akan senantiasa terjaga.

5). Gunakan masker

Masker juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Nah, rutinkan cara merawat kulit ini 2 kali dalam seminggu. Saat ini sudah banyak masker yang dijual dipasaran, nah, pilihlah jenis masker yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Jika Kamu memiliki waktu yang longgar, ada baiknya untuk membuat masker sendiri dari bahan alami. Masker dari bahan alami disebut lebih ampuh dan lebih baik serta lebih aman.

Tidak perlu khawatir terkait cara pembuatannya, karena saat ini sudah tersedia sangat banyak resep masker yang tersedir di internet.

6). Bersihkan alat makeup setelah menggunakannya

Bagi Kamu yang suka menggunakan makeup, rajinlah untuk membersihkannya. Sisa-sisa kotaran yang menempel pada alat makeup bisa menyebabkan pori tersumbat, infeksi dan iritasi. Selain itu hindari berbagi alat makeup dengan orang lain.

7). Jangan terlalu sering menggunakan makeup

Keseringan menggunakan makeup sama saja dengan tidak memberi waktu pada kulit untuk beristirahat. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk menggunakannya hanya saat ada acara saja.

Selain itu, jika menggunakan makeup, cukup pakai riasan seminimalis mungkin. Jikapun harus menggunakan riasan yang tebal, maka pastikan untuk membersihkannya sebelum tidur.

8). Hindari menggunakan produk perawatan yang tidak cocok dengan kulit

Tidak semua produk perawatan yang berharga mahal atau bermerek terkenal pasti cocok dengan jenis kulitmu. Jadi jangan mudah tergoda.

Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Bergonta-ganti produk perawatan juga bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan kulit nantinya.

9). Hindari memegang wajah

Cara merawat kulit ini terbilang sangat sederhana namun juga sering terlupakan. Perlu diingat, tangan adalah salah satu bagian tubuh yang tidak mungkin bebas dari kuman.

Nah, jadi sebisa mungkin hindari kontak tangan dengan wajah tanpa mencucinya terlebih dahulu.

10). Mengurangi junk food

Junk food bukanlah makanan yang sehat, nah tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, makanan ini juga berdampak pada kesehatan kulit. Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik perbanyak asupan buah dan sayur.

11). Minum air putih

Ini adalah cara merawat kulit yang paling mudah, namun kerap diabaikan. Air akan membuat kulit terhidrasi sehingga kelembabannya tetap terjaga dengan baik.

12). Cukup Istirahat

Kurang istirahat juga menjadi salah satu hal yang membuat kulit bisa lekas keriput atau mengalami penuaan disini. Kurang tidur bisa mengakibatkan kulit menjadi stress sehingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Tentu tak mau kan umur remaja namun wajah nampak seperti umur 30 tahunan. Jadi, pastikan untuk cukup istirahat dan tinggalkan begadang.

Itulah 12 cara merawat kulit baik kulit wajah, tubuh ataupun kulit kepala untuk remaja. Lakukan tips diatas dengan telaten agar bisa terhindar dari beragam masalah kulit yang mengancam.

kulit yang sehat dan terawat merupakan idaman semua orang, khususnya remaja. Agar tidak salah kaprah, berikut cara merawat kulit yang perlu diperhatikan oleh para remaja.

Baca Juga : Ingin Kesehatan Tubuh Sehat, Yuk Jaga dengan Cara Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here