Home Tips Kesehatan Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

192
0

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang – Bagi Anda yang memiliki orangtua atau memasuki usia lanjut usia, sebaiknya memahami betul 5 jenis penyakit yang sering menyerang usia tua berikut ini.

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Tubuh manusia akan semakin mengalami penurunan kesehatan seiring pertambahan usia. Para lansia bisa saja menderita beberapa penyakit bersamaan akibat daya imun tubuh yang tak lagi sebaik usia produktif.

Akibatnya, banyak lansia yang mudah sekali tertular penyakit. Di Indonesia, ada beberapa jenis penyakit yang paling sering diderita para lansia lho! Berikut 5 jenis penyakit umum lansia berdasarkan Risketdas Indonesia tahun 2013 yang wajib Anda ketahui.

1. Hipertensi

Penyakit ini sebenarnya bisa saja menyerang semua golongan baik usia produktif atau orang tua. Tetapi, para lansia rentan terkena peningkatan tekanan darah seiring masalah penuaan tubuh. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya sebab bisa memicu penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Jika orang tua atau lansia memiliki tekanan darah sebesar 140/90 mg, wajib melakukan pengobatan dan perawatan lebih signifikan. Anda bisa mulai melakukan pola hidup lebih sehat agar meminimalisir dampak negatif hipertensi seperti mengurangi asupan garam, berolahraga, rajin mengontrol berat badan berlebih dan jauhi gaya hidup tidak sehat seperti Merokok, Kafein dan Alkohol.

2. Artritis atau Radang Sendi

Penyakit umum lansia yang sering dikeluhkan banyak orang adalah arthritis atau mengalami radang sendi. Penyakit artritis ditandai dengan rasa nyeri, kaku dan bengkak pada sendi.

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Semakin usia bertambah, gejala radang sendi bisa semakin parah sehingga menyebabkan ruang gerak orang tua juga terbatas. Cara meminimalisir rasa sakit akibat radang sendi adalah beristirahat cukup, olahraga rutin dan menjaga berat badan tetap ideal.

3. Penyakit Stroke

Bukan hal yang asing kalau stroke banyak menyerang lansia di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Penyakit umum lansia ini butuh perawatan segera agar bisa meminimalkan kerusakan otak. Sebenarnya bagaimana lansia bisa terkena stroke?

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Stroke terjadi saat otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup sehingga jaringan di organ vital ini tidak bisa mendapatkan nutrisi dan oksigen yang maksimal. Stroke bisa terjadi akibat kadar gula yang cukup tinggi, hipertensi dan lain-lain.

Tanda seseorang terkena gejala stroke adalah mati rasa pada wajah, lengan, kaki atau sebagian sisi tubuh saja, penurunan penglihatan pada salah satu sisi mata, sulit berbicara, sakit kepala mendadak dan kehilangan keseimbangan saat lansia berjalan.

4. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit PPOK mengacu pada kelompok penyakit paru yang menghalangi aliran udara sehingga mengganggu sistem pernapasan. Penyakit umum lansia ini bisa terjadi karena lansia mengalami kondisi Emfisema atau Bronchitis Kronis. Anda harus tahu bahwa penyakit PPOK merupakan penyakit paru serius lho!

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Gejala terkena penyakit ini antara lain sulit bernapas dan berbicara, bibir dan kuku berwarna biru, kewaspadaan mental, detak jantung lebih cepat, pembengkakan pada telapak tangan dan kaki serta penurunan berat badan.

Selain gejala serius di atas, gejala ringan yang sering terjadi pada lansia adalah batuk membandel, mengi, sesak napas dan rasa sesak di dada. Kebiasaan merokok atau menjadi perokok pasif sangat rentan terkena penyakit umum lansia ini.

5. Diabetes Melitus

Penyakit yang paling sering menyerang lansia lain adalah diabetes mellitus. Ya, penyakit satu ini memang sering menyebabkan kenaikan angka kematian di Indonesia. Penyakit ini disebut sebagai ibu dari segala penyakit sebab seseorang yang menderita diabetes bisa saja rentan terkena penyakit lain seperti kolesterol, penyakit jantung dan stroke.

Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

Lansia yang terkena diabetes mellitus harus lebih hati-hati menjaga kesehatan diri. Mengontrol asupan makan dan melakukan olahraga secara rutin merupakan cara mengatur kadar gula dalam darah tetap normal. Jika tidak segera ditangani, komplikasi diabetes bisa saja terjadi hingga memicu masalah lebih serius termasuk kematian.

Baca Juga : 5 Jenis Jamu Tradisional yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Cara Mencegah Para Lansia Terserang Penyakit Kronis

Deretan penyakit umum lansia di atas bisa dicegah sedini mungkin kalau Anda memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Cara pertama yang paling efektif mencegah usia lansia terserang berbagai penyakit adalah mulai menerapkan pola makan sehat. Pilih makanan kaya gizi seperti sayur dan buah-buahan, kurangi konsumsi gula dan mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh.

Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, kacang-kacangan dan lain-lain. Hindari pula kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkhol ya!

2. Lebih Aktif

Lebih Aktif secara fisik lebih bisa menekan penyakit umum lansia lho! Para orangtua disarankan untuk rutin melakukan olahraga agar bisa mencegah penyakit kronis datang. Selain itu, olahraga bisa melatih kekuatan, keseimbangan, kelenturan dan aerobik yang mendukung kesehatan para lansia.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Orang yang mengalami obesitas lebih rentan terkena serangan penyakit dibandingkan lansia yang memiliki berat badan ideal. Terapkan pola hidup sehat agar berat badan tetap stabil. Sebaiknya para lansia juga beristirahat cukup dan mengelola stress dengan baik.

Tips menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit umum lansia di atas wajib Anda jadikan bahan pertimbangan. Memiliki fisik dan psikis yang sehat akan mendukung masa pensiun Anda lebih menyenangkan dan produktif. Setidaknya Anda bisa meningkatkan kualitas hidup diusia tua lebih baik lagi.

Baca Juga : Kaki Anda Berpeluang Tunjukkan 5 Masalah Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here