Home Tips Kesehatan Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Berbahaya bagi Kesehatan

Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Berbahaya bagi Kesehatan

497
0

Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Berbahaya bagi Kesehatan – Bagi Anda yang ingin memiliki hidup lebih sehat dan bebas penyakit, coba terapkan tips mengurangi konsumsi manis yang bermanfaat positif berikut ini.

Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Berbahaya bagi Kesehatan

Siapa yang tidak suka dengan makanan atau minuman yang memiliki citarasa manis? Ya, lidah tidak pernah bohong mengenai sensasi rasa legit yang banyak disukai semua orang mulai anak-anak hingga dewasa.

Aneka kue, permen, es krim, es buah sirup dan lain-lain tampak menggoda selera. Namun, ada baiknya Anda juga mengontrol diri agar tidak mengkonsumsi makanan manis berlebihan lho! Tips mengurangi konsumsi manis yang wajib dijadukan acuan hidup sehat yang seimbang.

Baca Juga : Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet

Dampak Negatif Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Mengapa Anda wajib mengaplikasikan tips mengurangi konsumsi manis? Hal ini dikarenakan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh harus dibatasi. WHO merekomendasikan pengurangan konsumsi makanan atau minuman manis sebanyak 10 persen dari asupan energi harian atau lebih baik kurang dari 5 persen.

Gula yang masuk dalam tubuh akan diolah menjadi zat glukosa yang bisa menjadi simpanan energi. Kelebihan zat gula ini malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Hal negatif yang berpotensi terjadi pada Anda antara lain selalu ingin makan, menumpuk lemak pada bagian perut, mengalami masalah karies gigi, kerusakan hati, mengalami penyakit jantung, bisa menyebabkan Sindrom Metabolik serta Resistensi hormon Insulin.

Resistensi Hormon Insulin bisa menyebabkan glukosa menumpuk di dalam aliran darah. Oleh sebab itu, penting sekali mempraktikkan tips mengurangi konsumsi manis agar Anda bisa memiliki hidup yang lebih sehat.

5 Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Mudah

Kalau Anda masih berencana melakukan hidup bebas gula, tidak ada salahnya mengetahui tips mengurangi konsumsi manis yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan harian berikut ini.

Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Berbahaya bagi Kesehatan

1. Memperhatikan setiap komposisi pada label makanan

Coba cek kembali label makanan yang Anda beli untuk mengetahui adanya tambahan zat pemanis seperti gula. Lebih teliti membaca zat tambahan gula yang biasa ditambahkan pada label makanan tentu bisa membuat Anda lebih teliti dalam mempraktikkan batasan konsumsi.

Biasanya zat gula tambahan di label makanan tertulis dengan nama lain seperti sirup gula, gula tebu, Fruktosa dan lain-lain.

2. Membeli makanan atau minuman tanpa pemanis tambahan

Agar Anda bisa memiliki hidup bebas gula yang sempurna, pilih jenis makanan atau minuman yang tidak mengandung pemanis seperti oatmeal atau susu kedelai.

Anda juga bisa memilih solusi makanan manis alami berupa buah-buahan yang bisa dijadikan salad buah dengan tambahan pemanis yoghurt atau madu.

3. Mengkombinasikan zat pemanis gula dengan zat bermanfaat lain

Konsumsi gula berlebihan bisa berakibat pada peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Agar terhindar dari risiko diabetes, Anda bisa mulai mempraktikkan tips mengurangi konsumsi manis dengan mengkombinasikan zat tersebut dengan zat lain yang bermanfaat seperti protein, lemak sehat dan serat.

4. Menambahkan banyak rasa

Agar pelepasan gula dalam tubuh bisa diperlambat, sebaiknya Anda menambahkan banyak rasa ke dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hal ini juga bisa memberikan sensasi rasa yang bisa menghilangkan candu manis pada makanan atua minuman.

Berdasarkan Journal of Medicinal Food menyebutkan bahwa rempah-rempah efektif mengatur kadar gula dalam darah. Anda bisa menambahkan tambahan pala, jahe, kayu manis, sereh dan sebagainya ke dalam menu yang hendak dikonsumsi.

5. Menggunakan bahan pemanis alami

Rasanya sulit meninggalkan aneka kue atau minuman yang memiliki rasa manis, bukan? Tak perlu bersusah payah meninggalkan kebiasaan tersebut secara instan sebab Anda masih bisa mengkonsumsinya kok. Tentu ada aturan yang wajib Anda perhatikan jika ingin terbebas dari konsumsi gula berlebihan.

Ya, Anda bisa menggunakan bahan pemanis alami yang terbukti lebih sehat dibandingkan gula pasir. Tambahan pemanis yang direkomendasikan antara lain madu, sirup jagung fruktosa, stevia dan lain-lain.

Tips mengurangi konsumsi manis bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari secara perlahan. Tentu sulit mempraktikkan gaya hidup sehat secara mendadak sehingga lakukan kebiasaan mengurangi gula konsisten.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda saja, tips mengurangi konsumsi zat pemanis berlebihan juga direkomendasikan untuk orang yang tengah menjalani program diet.

Tips Mengurangi Konsumsi Manis yang Berbahaya bagi Kesehatan

Manfaat Sehat Konsumsi Gula Terbatas

Apa yang akan terjadi pada tubuh saat Anda mencoba tips mengurangi konsumsi manis berlebihan? Setidaknya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan gaya hidup sehat ini antara lain memiliki kulit lebih sehat, terhindar dari risiko penyakit jantung, mengalami peningkatan kinerja otak, meminimalisir penumpukan lemak pada tubuh dan memiliki risiko penyakit diabetes yang minim. Mengkonsumsi gula terbatas juga akan membuat hati lebih efektif memecah racun yang tersimpan dalam tubuh lho!

Nah, apakah Anda yakin tidak ingin mendapatkan banyak manfaat sehat ini? Yuk, terapkan tips mengurangi konsumsi manis mulai sekarang! Ganti gula harian Anda dengan jenis pemanis alami yang lebih sehat mulai sekarang juga. Memiliki hidup yang lebih baik dan bebas gula, kenapa tidak?

Baca Juga : Sistem Pernapasan Manusia, Jenis, dan Mekanismenya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here