Home Tips Kesehatan Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit

Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit

51
0

Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit – Perut buncit sangat menggangu penampilan Anda. Selain itu perut buncit juga bisa mengidentifikasikan suatu penyakit tertentu bisa penyakit ringan dan berat. Bahaya perut buncit dapat diatasi dengan berbagai tips sebagai berikut.

Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit

Seringkali kita menilai orang dari berat badannya. Orang yang memiliki badan berisi cenderung diidentifikasikan sebagai orang yang memiliki kehidupan yang makmur sedangkan orang yang memiliki tubuh kurus dinilai hidupnya kurang makmur. Pemikiran ini sangat menyelewang dari kenyataan. Nyatanya bahaya perut buncit lebih mematikan.

Dalam kehidupan nyata, beberapa pengusaha kaya, direktur-direktur perusahaan, CEO-CEO kebanyakan memiliki perut buncit. Namun bukan berarti semua orang yang memiliki perut buncit adalah orang kaya. Para pebisnis tersebut pastinya memiliki pola hidup yang kurang sehat sehingga lebih memungkinkan terjangkit bahaya perut buncit.

Baca Juga : 16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya

Mengapa orang kaya identik dengan perut buncit?

Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit

Pada umumnya apa yang kita makan bergantung dari seberapa besar penghasilan kita. Orang kaya dia memiliki banyak uang sehingga ia bisa makan apa saja yang diinginkannya akibatnya pola makan tidak terkontrol yang akhirnya bisa menimbulkan efek perut buncit.

Sedangkan orang miskin, dia memiliki penghasilan yang pas-pasan sehingga untuk kebutuhan makan saja harus ngirit bahkan terkadang mengabaikan kebutuhan nutrisi untuk kesehatan. Maka sangat jarang orang miskin yang memiliki perut buncit. Perut buncit lebih identik pada orang kaya.

Tidak ada orang yang suka memiliki perut buncit. Berbagai cara akan mereka lalukan untuk menghilangkan perut buncit. Perut buncit akan sangat mengganggu penampilan seseorang, membuat mereka kurang percaya diri saat tampil di depan umum atau saat menggunakan pakaian minim.

Namun mengesampingkan penampilan yang mengganggu yang lebih penting lagi adalah perut buncit bisa disebabkan oleh suatu penyakit. Maka dari itu ketika Anda memiliki perut buncit segeralah periksakan ke dokter barangkali ada penyakit yang sedang bersarang di tubuh Anda. Karena bahaya perut buncit patut diwaspadai sejak dini.

Penyebab perut buncit

Perut buncil timbul tidak serta merta. Pasti ada penyebab timbulnya perut buncit. Perut buncit disebabkan oleh adanya kelebihan asupan makanan yang tidak terbakar menjadi energi. Dengan kata lain porsi makanan yang masuk ke tubuh lebih banyak dari kebutuhan energi yang diperlukan untuk beraktifitas.

Jadi jika Anda memiliki nafsu makan yang sangat baik alangkah lebih baiknya jika digunakan untuk banyak beraktifitas. Sebaliknya jika Anda malas untuk bergerak maka jangan kebanyakan makan. Karena makan banyak aktifitas padat. Makan sedikit ngirit aktifitas. Sehingga makanan yang masuk ke perut tidak mubadzir dan perut pun tetap langsing.

Menumpuknya makanan di dalam perut yang sangat berpotensi menimbulakan perut buncit adalah makanan yang mengandung banyak kalori dan gula apalagi jika tidak dibarengi dengan olahraga teratur. Lemak pun akhirnya menumpuk dan menyebbkan perut menjadi buncit.

Perut buncit juga bisa disebabkan oleh stress yang berlebihan, kurang tidur, kurang olahraga dan juga pola makan yang buruk. Sehingga bahaya perut buncit tidak lagi bisa untuk dihindari.

Bahaya perut buncit

Saat seseorang memiliki peut buncit, ia harus lebih waspada. Apakah perut buncitnya itu akibat adanya suatu penyakit atau bukan. Beberapa penyakit ringan atau berat bisa saja menyebabkan perut menjadi buncit.

Karena jika diabaikan bisa saja bahaya perut buncit karena penyakit akan menjadi lebih parah dan akhirnya tidak tertolong lagi.

Tips Mengatasi Bahaya Perut Buncit

Bahaya perut buncit yang disebabkan oleh penyakit antara lain sebagai berikut :

  • Busung Lapar
    Perut buncit bisa menandakan seseorang terjangkit penyakit bususng lapar. Ciri-ciri penyakit busung lapar sangat mudah kita kenali. Salah satu cirinya adalah tubuh sangat kurus sedang perut membuncit. Busung lapar terjadi akibat gangguan sistem pencernaan. Penyakit ini biasanya diderita oleh bayi dan anak-anak.
  • Gagal Ginjal
    Gagal ginjal merupakan salah satu bahaya perut buncit. terjadinya ganguan pada ginjal yang semestinya mengeluarkan sisa metabolisme menjadi menumpuk lalu membengkak. Daerah yang biasanya terjadi pembengkakan aalah di bagian perut, kaki dan tangan.
  • Penyakit Jantung
    Lemak viseral dalam tubuh jika tidak diubah menjadi energi lama-kelamaan akan menumpuk. Penumpukan lemak viseral ini menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah karena kandungan lemak jahatnya yang tinggi. Otomatis pembuluh darah yang mengalir ke jantung dan otak pun terganggu sehingga timbul penyakit jantung dan stroke.

Cara mengatasi perut buncit

Bahaya perut buncit dapat diatasi dengan berbagai cara diantara adalah :

  • Perbanyak makanan yang banyak mengantung protein seperti sayuran, buah, telur, ikan dan sejenis kacang-kacangan. Karena jenis nutrisi ini ampuh untuk mengurangi lemak jahat di perut.
  • Rutin olahraga setiap pagi dapat mengurangi terkena bahaya perut buncit. Karena dengan berolahraga lemak akan terbakar menjadi energi sehingga terhindar dari penumpukan lemak berlebihan. Olahraga juga baik untuk kelancaran proses metabolisme tubuh sehingga badan lebih segar, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.
  • Pola tidur yang cukup juga akan membantu terhindar dari penyakit perut buncit. Karena pola tidur teratur akan mempengaruhi terhadap pola makan Anda.
  • Hindari stress berlebihan. Hilangkan penat saat kepala mulai terasa pusing misalnya dengan refreshing, tidur, mendengarkan musik atau yang lainnya.

Baca Juga : Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here