Home Tips Kesehatan Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang

Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang

53
0

Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang – Disadari ataupun tidak, ternyata patah tulang yang pernah Anda alami sebelumnya menyebabkan berbagai permasalahan baru dalam hidup Anda.

Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang

Salah satunya adalah adanya pengecilan otot yang membuat beberapa penderitanya mengalami kekhawatiran yang besar atas perubahan tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa permasalahan otot mengecil setelah patah tulang dianggap sebagai hal wajar dan tidak perlu dirisaukan terlalu mendalam.

Patah tulang itu sendiri merupakan sebuah keadaan yang terjadi karena adanya ketidaksinambungan pada bagian tulang yang diakibatkan oleh berbagai hal termasuk di dalamnya kecelakaan.

Sering kali jalan penyelesaian yang akan diambil atas terjadinya patah tulang adalah operasi hingga akhirnya dalam proses penyembuhan sering mengalami berbagai perubahan yang salah satunya adalah otot mengecil setelah patah tulang.

Penyebab otot yang mengecil setelah patah tulang

Permasalahan otot yang mengecil atau yang lebih dikenal dengan sebuta atrofi merupakan kondisi dimana otot tersebut sudah lama tidak digunakan karena beberapa hal termasuk di dalamnya proses penyembuhan tulang yang retak.

Tidak mengherankan jika kejadian otot mengecil setelah patah tulang sangat mungkin terjadi. Layaknya para gym-goers yang memiliki otot besar karena rutin dilatih. Hal sama terjadi pada otot yang lama tidak dilatih juga.

Tidak hanya itu saja, permasalahan otot mengecil setelah patah tulang ini juga bisa disebabkan oleh adanya cedera yang mengharuskan Anda untuk melakukan tindakan operasi.

Kondisi yang demikian ini akan menyebabkan Anda harus menjalani bed rest selama kurun waktu yang sangat lama dan mengakibatkan otot tubuh tidak melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh adanya serangan penyakit.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

Pertanda apa saja yang bisa diamati atas penyusutan otot?

Untuk perlu diketahui bersama bahwa ada berbagai tanda yang menyebabkan otot mengecil setelah patah tulang.

Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang

Berikut ini beberapa tanda yang perlu diperhatikan untuk nantinya akan menjadi awal kewaspadaan untuk menghindari dampak negative yang berkesinambungan.

1). Adanya ukuran yang tidak sama antara satu bagian dengan bagian lain yang merupakan bekas dari terjadinya patah tulang.

2). Munculnya perasaan yang lemah pada salah satu anggota badan yang merupakan bekas patah tulang pada saat melakukan aktivitas.

3). Hilangnya efektifitas pada seseorang dalam melakukan aktivitas fisik untuk waktu yang cukup lama.

Jika Anda mengalami salah satu gejala atas otot mengecil setelah patah tulang tersebut, pastikan Anda segera mengkonsultasikannya kepada dokter langganan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak akan merasakan ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas dan lebih mengetahui secara jauh atas kondisi Anda pasca patah tulang.

Langkah tepat dalam mendeteksi adanya pengecilan otot

Perlu Anda ketahui bahwasannya kejadian otot yang mengecil pada dasarnya bisa dilakukan pemeriksaan fisik oleh pihak dokter. Dengan menyampaikan keluh kesah atas permasalahan otot mengecil setelah patah tulang ini, maka pihak medis akan melakukan pemeriksaan terhadap luka ataupun memar yang terjadi pada saat patah tulang terdahulu.

Langkah yang demikian ini akan membantu dalam memprediksi kondisi medis terdahulu dan juga akan datang untuk menjadi perhatian.

Bila memungkinkan, dalam pemeriksaan atas otot mengecil setelah patah tulang ini pihak medis juga akan melakukan beberapa tindakan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Beberapa pemeriksaan tersebut mencangkup tes darah, Magnetic Resonance Imaging (MRI), foto Rontgen, Biopsy Otot sekaligus syaraf dan juga Computed Tomography (CT Scan).

Penanganan yang tepat atas kondisi otot yang mengecil

Pada umumnya, permasalahan otot mengecil setelah patah tulang ini akan terjadi dalam waktu yang singkat saja dan peluang untuk kembali seperti semula akan sangat besar terjadi lagi.

Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang

Hal ini terjadi pada saat Anda telah mampu untuk melakukan aktivitas fisik sehingga otot yang sebelumnya mengecil akan menjadi membesar untuk mendapatkan kembali ukuran semula. Untuk memulai aktivitas fisik, biasanya dilakukan dengan berjalan ataupun membawa barang yang ringan.

Sedangkan untuk penanganan atas otot mengecil setelah patah tulang ini bisa dilakukan dengan merujuk pada tingkat keparahan atas kondisi patah tulang yang terjadi sebelumnya. Untuk penanganan umum bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1). Melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti halnya olahraga. Sangat direkomendasikan untuk melakukan olahraga air karena akan mempermudah pergerakan anggota tubuh.

2). Melakukan kegiatan terapi fisik yang dibantu oleh pihak therapist. Cara ini akan membantu Anda melakukan pergerakan secara perlahan setelah permasalahan patah tulang terjadi.

3). Melakukan terapi ultrasound yang menggunakan bantuan gelombang bunyi untuk mempercepat penyembuhan.

4). Dengan operasi pada bagian tertentu seperti tendon, ligament, otot ataupun kulit yang sebelumnya mengalami kondisi kencang hingga menyulitkan untuk melakukan gerakan
Menyikapi adanya permasalahan otot mengecil setelah patah tulang ini pada dasarnya juga bisa diatasi dengan sangat mudah.

Dalam hal ini, Anda disarankan untuk selalu melakukan aktivitas fisik seperti halnya olahraga yang akan membuat otot Anda terus berkembang. Dengan cara ini pula, maka permasalahan otot yang mengecil karena jarang digunakan untuk aktivitas fisikpun bisa diatasi dengan baik.

Baca Juga : Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here