Home Tips Kesehatan Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan

Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan

124
0

Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan – Bagi Anda yang belum tahu mengenai jenis makanan pahit yang berkhasiat bagi kesehatan, wajib tahu 6 jenis makanan pahit yang sehat berikut ini.

Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan

Banyak orang tidak suka mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa pahit khususnya sayuran. Padahal, ada banyak manfaat makanan pahit bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui lho!

Rasa pahit pada makanan ternyata bisa membantu tubuh mengendalikan nafsu makan, memperbaiki kerja hati, melancarkan sistem pencernaan dan lain-lain.

Baca Juga : Kaki Anda Berpeluang Tunjukkan 5 Masalah Kesehatan

6 Sayuran Pahit yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Yuk, simak 6 jenis makanan pahit yang berkhasiat namun sering diabaikan banyak orang berikut ini.

1. Daun Pepaya

Ya, siapa yang suka tumis daun pepaya yang biasa dicampurkan dengan Ebi dan Irisan Cabai Merah? Banyak orang tidak suka sensasi rasa pahit yang dihasilkan oleh daun pepaya ini.

Tetapi, tahukah Anda bahwa manfaat makanan pahit satu ini bisa menaikkan Trombosit secara cepat? Tak heran banyak sekali penderita demam berdarah disarankan mengkonsumsi daun pepaya.

Selain itu, daun pepaya juga bisa melancarkan ASI, melancarkan pencernaan, mencegah kerontokan rambut dan lain-lain. Mengkonsumsi air rebusan daun pepaya juga berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Untuk menetralisir rasa pahit., Anda bisa menambahkan satu sendok madu pada rebusan daun pepaya.

2. Pare

Jenis sayuran satu ini memang tidak asing sebagai menu kuliner yang dibenci sekaligus disukai. Ya, citarasa pare yang pahit sering membuat banyak orang berpaling. Tetapi, manfaat makanan pahit ini bisa memberikan khasiat kesehatan yang luar biasa lho!

Pare kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel pada tubuh. Pare direkomendasikan untuk Anda yang mungkin mengidap penyakit diabetes dan jantung.

Tak hanya itu, pare memiliki zat kimia berupa Zat Fitokimia seperti Polifenol, Triterpenoid dan Flavanoid yang efektif menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh Anda.

3. Kulit Jeruk

Kalau Anda mencari daftar menu makanan pahit yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, maka wajib memasukkan kulit jeruk. Memangnya kulit jeruk bisa dikonsumsi? Tak hanya memiliki daging buah yang kaya akan vitamin C, kulit jeruk juga bisa dikonsumsi karena mengandung Antioksidan Flavanoid khususnya Hesperidin dan Naringin.

Mengkonsumsi kulit jeruk berarti Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Lalu, bagaimana cara yang baik untuk mengkonsumsi kulit jeruk?

Ya, Anda bisa langsung mengkonsumsinya dengan serabut putih daging jeruk atau memarutnya menjadi tambahan hidangan. Dijamin Anda bisa lebih menyukai menu kuliner dengan parutan kulit jeruk yang membuat aroma makanan lebih enak.

4. Sayuran Cruciferous

Manfaat makanan pahit yang baik untuk kesehatan bisa Anda dapatkan dari aneka sayuran cruciferous. Jenis sayuran yang masuk dalam kelompok Cruciferous antara lain lobak, sawi hijau, brokoli, kembang kol dan pakcoy. Sayuran yang disebutkan memiliki kandungan senyawa Glucosinolates yang memberikan rasa pahit dan tidak disukai banyak orang khususnya anak-anak.

Tetapi, sayuran cruciferous mengandung fitonutrient berupa antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kelompok antioksidan pada sayuran ini yaitu Sulforaphane, Carotenoid dan Flavanoid. Zat kimia alami yang terdapat pada sayuran ini bisa mengurangi dampak zat karsinogen serta menetralkan racun dalam tubuh. Menarik, bukan?

5. Bubuk Kakao

Kalau anda suka mengkonsumsi cokelat hitam, pasti tidak asing dengan sensasi rasa pahit yang ditawarkan. Anda bisa mendapatkan manfaat makanan pahit seperti bubuk kakao yang sering dimasukkan dalam aneka minuman atau kue.

Bubuk kakao mengandung Polifenol dan Antioksidan yang bisa melebarkan pembuluh darah tubuh, meningkatkan fungsi jantung, serta mengurangi peradangan.

Bubuk kakao juga mengandung tembaga, mangan, magnesium serta zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Sebaiknya sediakan bubuk kakao dalam lemari dapur Anda untuk mendapatkan manfaat makanan pahit yang sehat, ya!

6. Teh Hijau

Sebagai salah satu minuman sehat, teh hijau sangat direkomendasikan dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, mengkonsumsi teh hijau bisa dilakukan beberapa kali sehari.

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi teh hijau lima cangkir setiap hari pun tak masalah. Anda malah akan mendapatkan manfaat makanan pahit berupa teh hijau yang kaya akan antioksidan.

Tak banyak orang suka minum teh hijau tanpa tambahan pemanis karena sensasi rasa pahit yang dihasilkan. Sensasi rasa pahit tersebut berasal dari kandungan senyawa polifenol dan katekin yang cukup kuat.

Anda wajib mengganti konsumsi kafein setiap pagi dengan teh hijau yang kaya antioksidan dan berfungsi sebagai anti radang. Mengkonsumsinya secara rutin akan membuat Anda memiliki kulit yang sehat serta baik bagi kesehatan jantung.

Sayuran Pahit Penting Untuk Kesehatan

6 jenis sayuran pahit di atas bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Manfaat makanan pahit di atas wajib Anda pertimbangkan tak sekadar menikmati menu kuliner enak saja.

Memiliki tubuh yang lebih sehat butuh pengorbanan besar, bukan? Ya, Anda butuh perjuangan memasukkan makanan pahit yang mungkin tidak enak di lidah. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang baik, kenapa tidak? Yuk, masukkan 6 sayuran di atas dalam keranjang belanja Anda ya!

Baca Juga : Waspada 5 Penyakit Lansia yang Paling Sering Menyerang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here