Home Tips Kesehatan Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet

Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet

240
0

Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet – Banyak sekali penyebab sering pusing dan lemas yang terjadi pada seseorang saat diet dan salah satunya adalah kurangnya asupan karbo dan air.

Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet

Hampir semua orang selalu memimpikan untuk memiliki berat badan yang ideal, sehingga berbagai cara akan ditempuh untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan melakukan diet yang cukup ketat dengan diimbangi olahraga yang teratur.

Sayangnya, banyak orang yang kemudian berusaha memperketat diet tanpa mengindahkan kebutuhan kalori harian sehingga banyak dari mereka yang mengeluhkan sering pusing dan lemas.

Sekalipun kondisi semacam ini cukup sering dialami oleh mereka yang sedang menjalankan diet, nampaknya mereka tidak terlalu mempedulikan dan menganggap hal semacam ini adalah suatu kondisi yang biasa.

Padahal, jika permasalahan sering pusing dan lemas tidak mendapatkan penanganan yang baik, sudah pasti berbagai permasalahan kesehatan lain akan muncul dan bisa jadi akan membahayakan kesehatan orang yang bersangkutan.

Baca Juga : Cara Mencegah Kanker Mulut Yang Perlu Dipahami

Pusing dan Lemas, Mengapa Diet di jadikan Sebagai Pilihan?

Tidak bisa dipungkiri lagi jika hingga kini diet selalu dijadikan sebagai pilihan oleh hampir semua orang yang mengalamai permasalahan Over Weight.

Dengan maraknya berbagai jenis diet yang saat ini informasinya bisa dengan mudah diakses melalui internet, banyak orang yang kemudian mencoba teknik tertentu tanpa mengkonsultasikan kepada praktisi kesehatan. Alhasil, kondisi sering pusing dan lemas akan selalu menyertai diet tersebut.

Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet

Sebagai langkah bijaknya, sebelum Anda memulai untuk melakukan program diet demi menurunkan berat badan Anda, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu diet apa yang cocok untuk Anda.

Tidak semua orang cocok dengan satu jenis diet. Kebanyakan dari mereka akan gagal di tengah perjalanan karena kondisi sering pusing dan lemas sehingga setelah dikonsultasikan kepada dokter, hal ini berkaitan dengan cara diet yang salah.

Lantas, Mengapa Perasaan Sering Pusing dan Lemas itu Muncul?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang mengalami perasaan sering pusing dan lemas saat melakukan diet. Disebutkan bahwa kebanyakan dari mereka mengabaikan asupan kalori yang dibutuhkan dalam keseharian.

Dengan kata lain, seseorang cenderung mengurangi kebutuhan karbohidrat. Dalam jangka panjang, tindakan ini bisa menyebabkan kadar gula darah tubuh yang rendah atau Hipoglikema.

Untuk mengatasi permasalahan sering pusing dan lemas pada saat diet, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Menghindari Kondisi Gula Darah yang Rendah

Ketika kondisi gula darah Anda sangat rendah hingga mencapai 70 mg/dl, kondisi semacam ini bisa menjadi pemicu awal sering pusing dan lemas.Tentu saja, yang demikian ini juga dibarengi dengan permasalahan lain termasuk di dalamnya rasa cemas hingga peningkatan detak jantung yang semakin cepat.

Untuk menghindari permasalahan sering pusing dan lemas, sangat disarankan memenuhi asupan karbohidrat melalui pengkonsumsian gandum, biji-bijian hingga kacang-kacangan. Jika kondisi ini Anda biarkan dalam jangka waktu lama, bisa jadi Anda tidak lagi memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas keseharian.

2. Kebutuhan Kalori Harian yang Tidak Mencukupi

Perihal lain yang menyebabkan sering pusing dan lemas adalah kebutuhan kalori yang tidak mencukupi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, kalori dan lemak akan bekerja bersama-sama dalam menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Disebutkan oleh pihak Dr. Titi Sekarindah, SpGK bahwa kebutuhan kalori dalam menjalankan diet ideal tidak boleh kurang dari 1,000 kalori setiap harinya.

Sedangkan untuk pola makanan diet biasa rata-rata adalah 1,200-1,300 dan disesuaikan dengan berat badan serta aktivitas harian. Jika Anda mengabaikan hal ini, maka kondisi sering pusing dan lemas tidak bisa dihindarkan.

3. Kurang Minum Air Putih

Hal lain yang menyebabkan seseorang mengalami sering pusing dan lemas saat melakukan diet adalah kurangnya asupan air putih. Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa 60% tubuh kita terdiri dari air sehingga asupan airpun harus terpenuhi setiap harinya.

Jika Anda kekurangan air, selain pusing dan lemas, ada beberapa permasalahan kesehatan lain seperti kram hingga bibir yang kering.

Jika kondisi diet yang kurang asupan air ini Anda barengi dengan aktivitas olahraga yang intens, maka sangat besar kemungkinannya jika Anda akan merasa sering pusing dan lemas. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan air harian Anda dengan cukup.

4. Penyebab Lainnya

Saat Anda menjalankan diet dan tiba-tiba perasaan sering pusing dan lemas datang menghampiri Anda, maka hal ini bisa juga disebabkan oleh permasalahan lainnya.

Biasanya hal semacam ini terkait dengan gaya hidup Anda yang baru dimana badan masih belum bisa menyesuaikannya sehingga perasaan lemas dan pusing sering terjadi.

Jika kondisi ini terjadi terus menerus, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ternyata Ini 4 Penyebab Pusing Dan Lemas Saat Sedang Diet

Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini saat menjalankan diet. Beberapa diantaranya adalah karena kondisi tubuh yang kurang asupan air, mengabaikan asupan karbo secara berlebih, tidak terpenuhinya asupan kalori dalam tubuh hingga penyebab lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan cara diet yang sehat dan sesuai dengan Anda.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Hipertensi Paru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here