Home Tips Kesehatan Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

267
0

Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh – Ada berbagai manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa didapatkan oleh semua orang yang beberapa diantaranya mampu memperbaiki sistem kesehatan pencernaan dan juga peredaran darah.

Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Hampir setiap tahun, umat Islam selalu melaksanakan ibadah puasa sebagai bentuk ketaatan terhadap ajaran Islam itu sendiri. Tindakan yang dilakukan dengan menahan rasa lapar dari terbitnya sang surya hingga terbenamnya matahari ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelakunya.

Dalam hal ini, ada beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang sangat mengejutkan yang tidak disadari oleh banyak orang.

Ketika bericara mengenai manfaat puasa bagi kesehatan disebutkan bahwa ketika Anda sedang menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 24 jam, pastinya kinerja tubuh Anda akan menjadi lebih baik.

Tentunya, hal ini kemudian memberikan dampak positif pada mencuatnya manfaat lain atas hilangnya berbagai gejala penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, asam urat, diabetes hingga penyakit pada sistem kardiovaskuler.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Sakit Perut

Puasa Sangat Bermanfaat bagi kesehatan yang perlu diketahui

Terkait dengan adanya anggapan atas manfaat puasa bagi kesehatan yang sangat besar, maka berbagai penelitianpun kembali dilakukan untuk membuktikan kebenaran tersebut.

Seperti yang disebutkan oleh pakar diet yang berasal dari Inggris, Nathan Hewitt melalui laman lifehack, ada beberapa manfaat puasa jika dilihat dari sisi kesehatan. Tentu saja, manfaat tersebut cukup mencengangkan bagi sebagian orang yang sempat menjalankan puasa.

1. Menetralisir racun yang ada di dalam tubuh

Seiring dengan perubahan gaya hidup yang kurang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang instan, ternyata hal ini kemudian mengakibatkan adanya penumpukan racun di dalam tubuh.

Dengan menjalankan ibadah puasa, maka manfaat puasa bagi kesehatan akan Anda dapatkan seperti menetralisir racun yang mengendap atas pengkonsumsian makanan instan tersebut.

Bagaimana hal semacam ini bisa terjadi? Disebutkan bahwa ketika Anda sedang berpuasa, maka tubuh akan mengalami proses pembakaran lemak yang sangat signifikan sebagai bentuk cara menghasilkan energi.

Adanya proses yang semacam ini, maka manfaat puasa bagi kesehatan akan mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh tersebut.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Banyak penelitian yang telah mengungkapkan jika tindakan puasa yang dilakukan oleh seseorang ternyata akan membantu dalam meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) sekaligus juga apoprotein alfa 1 yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Di lain sisi, manfaat puasa bagi kesehatan juga akan menurunkaan LDL (Low Density Lipoprotein) yang memicu munculnya kolesterol jahat yang sering memicu penyakit jantung.

Dengan adanya penurunan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, maka manfaat puasa bagi kesehatan juga akan membantu Anda dalam menghindarkan diri atas adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh nadi yang menyebabkan gangguan pada sistem kardiovaskular.

Salah satu gangguan yang sering muncul adalah adanya arteriosclerosis atau yang dikenal dengan penyempitan pembuluh darah.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Siapa sangka jika ternyata manfaat puasa bagi kesehatan juga sangat baik dalam mendukung kesehatan mental. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Ehret yang merupakan ilmuwan kejiwaan bahwa dengan berpuasa, maka sel sel neuron yang mati pada otak akan dimakan oleh sel neuroglial cells yang merupakan sel pembersih otak. Dengan cara ini, maka kesehatan mental seseorang akan semakin baik.

Sebuah penelitian mengungkapkan atas adanya manfaat puasa bagi kesehatan yang diterapkan pada mereka penderita gangguan mental. Penelitian yang dilakukan di Moskow tersebut membuktikan jika dengan berpuasa selama 30 hari, maka kesehatan mental akan membaik dan kebanyakan dari pihak penderita gangguan mental tersebut tidak kambuh lagi selama 6 bulan hingga adanya penemuan yang sembuh total.

4. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan

Ketika Anda menjalankan ibadah puasa, maka sistem pencernaan di dalam tubuh Anda akan berhenti sementara. Sekalipun demikian, fungsi fisiologis pencernaan Anda tidak berhenti terutama sistem sekresi yang akan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sekaligus membersihkan endapan makanan juga. Tidak mengherankan jika manfaat puasa bagi kesehatan sangatlah besar bagi pelakunya.

Selain itu, manfaat puasa bagi kesehatan lainnya juga akan membantu dalam merevitalisasi sekaligus meningkatkan sistem pencernaan. Jadi, sangat disarankan untuk Anda yang ingin memperbaiki sistem kinerja pencernaan dengan mencoba untuk berpuasa.

5. Menurunkan kadar gula darah

Saat Anda sedang berpuasa, maka tubuh nantinya akan membantu dalam meningkatkan produksi glukosa yang akan dijadikan sebagai sumber energi.

Dalam hal ini, glucagon juga turut diproduksi yang nantinya akan membantu dalam pemecahan glukosa. Kaitannya dengan manfaat puasa bagi kesehatan, maka akan mengurangi produksi insulin sehingga menurunkan potensi peningkatan gula darah tubuh.

Mengejutkan! Ternyata Puasa Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, ada banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa didapatkan ketika kita sedang menjalankan puasa Ramadhan ataupun puasa sunah lainnya.

Selain mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, puasa juga memberikan manfaat atas kesehatan mental, jantung, pencernaan dan juga meningkatkan kemampuan dalam menetralisir racun dalam tubuh. Menariknya lagi, puasa akan membantu pembakaran lemak juga. Sangat menarik bukan?

Baca Juga : Fakta Penting Tentang Kanker Payudara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here