Home Tips Kesehatan Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

124
0

Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin – Bagi Anda yang harus duduk terlalu lama saat menjalani kehamilan, wajib tahu posisi duduk yang tidak disarankan dan dampak negatif duduk terlalu lama bagi kesehatan diri dan janin berikut ini.

Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

Berdiri terlalu lama tidak dianjurkan para ibu hamil sebab bisa membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung. Tak hanya efek terlalu lama berdiri saja, ibu hamil juga harus mengetahui dampak buruk dari posisi duduk yang salah lho!

Seperti apa posisi duduk ibu hamil yang tidak disarankan? Yuk, simak ulasan lengkap berikut agar Anda bisa berhati-hati dan tidak melakukan hal sembarangan sampai masa kelahiran tiba!

Baca Juga : Sebab Di Balik Otot Yang Menjadi Mengecil Setelah Patah Tulang

5 Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Bisa membahayakan kesehatan janin

Dikutip dari Boldsky, ada 5 posisi duduk ibu hamil yang tidak disarankan sebab bisa mempengaruhi kesehatan diri sendiri dan sang buah hati tercinta.

  1. Bersandar malas
    Posisi pertama yang sering dilakukan ibu hamil saat lelah adalah bersandar malas pada kursi. Biasanya kaki akan diluruskan dan punggung atas disandarkan pada kursi yang menyebabkan punggung tidak lurus lagi. Jika dibiarkan terus menerus, posisi ini bisa mengubah postur tubuh mengingat Anda membawa beban besar di bagian perut. Kini, Anda bisa menghilangkan kebiasaan buruk bersandar malas pada kursi ya!
  2. Duduk dengan posisi kaki bergantung
    Ibu hamil yang masih aktif bekerja terkadang suka melakukan duduk dengan posisi kaki bergantung alias tidak menapak tanah. Hal ini tidak direkomendasikan sebab bisa membuat aliran darah terkumpul di kaki hingga menyebabkan kaki menjadi bengkak dan sulit berjalan saat perut Anda mulai membesar.
  3. Duduk tanpa pelindung di bagian punggung
    Bagi ibu hamil yang masih bekerja di awal kehamilan hingga mendekati HPL, sebaiknya memilih tempat duduk yang memiliki pelindung bagian belakang. Hal ini efektif menjadi solusi posisi duduk ibu hamil yang benar saat lelah bekerja seharian. Setidaknya memilih duduk di kursi yang tepat bisa meminimalisir risiko Anda terkena sakit punggung. Jadi, pastikan untuk duduk tidak terlalu lama di kursi yang tanpa penyangga.
  4. Duduk dengan posisi tubuh memeluk kaki
    Posisi duduk ibu hamil satu ini bisa dikatakan paling berbahaya sebab bisa membuat janin yang dikandung merasa sesak dan terjepit. Sebaiknya mama hamil tidak melakukan posisi duduk ini di usia kehamilan berapapun sebab bisa saja meninggalkan bekas di bagian perut.
  5. Duduk separuh bangku
    Duduk separuh bangku tidak dianjurkan pada ibu hamil sebab bisa membuat tulang belakang menahan beban terbesar sehingg timbul rasa sakit luar biasa pada punggung. Pilih tempat duduk berpenyangga yang nyaman dan usahakan posisi duduk ibu hamil tetap tegak, ya!

Selain posisi duduk yang baik, ibu hamil juga tidak disarankan duduk terlalu lama sebab bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan posisi duduk yang tepat agar tidak terkena risiko kesehatan berikut ini.

Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

Risiko posisi duduk terlalu lama bagi ibu hamil

Entah karena alasan profesi atau pekerjaan, kebiasaan dan kondisi fisik, ibu hamil tetap harus memperhatikan kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung.

Ada tiga risiko yang bisa terjadi saat Anda duduk terlalu lama.

1. Penggumpalan darah

Peningkatan darah bisa mencapai 50 persen pada ibu yang tengah hamil dan harus dialirkan secara merata ke seluruh tubuh. Apabila Anda terlalu lama duduk dengan posisi yang salah, aliran darah hanya akan mengalir pada bagian tertentu seperti pinggul dan kaki. Akibat buruk yang bisa terjadi adalah penyakit Trombosis Vena dalam dan Emboli Paru.

2. Mengalami kelebihan berat badan

Kenaikan berat badan yang signifikan memang hal yang wajar pada ibu hamil. Tetapi, Anda wajib waspada dengan risiko peningkatan berat badan akibat kurang bergerak.

Peningkatan berat badan yang tak wajar akibat posisi duduk terlalu lama bisa menyebabkan komplikasi kehamilan seperti preeklampsia, bayi lahir terlambat, bayi lahir dengan cara operasi caesar dan dampak paling buruk bisa terjadi yaitu keguguran.

3. Diabetes Gestasional

Terlalu lama duduk bagi para ibu hamil cukup berbahaya sebab bisa menyebabkan masalah diabetes gestasional atau diabetes ibu hamil.

Masalah ini bisa menyebabkan komplikasi seperti pertumbuhan janin mengalami gangguan, bayi lahir prematur, penyakit kuning, masalah pernapasan pada sang buah hati dan keguguran. Posisi duduk ibu hamil yang salah dan terlalu lama ternyata berbahaya, bukan?

Posisi Duduk Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

Berdasarkan ulasan mengenai risiko buruk posisi duduk ibu hamil yang salah dan terlalu lama tersebut, ada baiknya para ibu hamil mengetahui saran dr. Alan Hedge dari Cornell University.

Sang dokter menyarankan ibu hamil untuk berdiri dan meregangkan otot-otot selama kurang lebih 8 menit setiap 20 menit duduk. Kalau Anda memang bekerja di kantor, ada baiknya memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki dan rutin berolahraga.

Menjaga posisi duduk ibu hamil yang benar dan rajin menjaga kebugaran tubuh bisa meminimalisir risiko bayi mengalami gangguan pertumbuhan yang optimal.

Yuk, evaluasi posisi duduk Anda dan lakukan pembenahan mulai sekarang! Jaga kesehatan Anda dan janin hingga masa HPL tiba nanti ya!

Baca Juga : Mengenal Fakta Seputar Asam Amino Bagi Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here