Home Tips Kesehatan Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam Bidang Kesehatan

Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam Bidang Kesehatan

424
0

Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam Bidang Kesehatan – Dunia kedokteran dan kesehatan merupakan suatu hal yang tidak henti menghadirkan cerita baru mengenai penemuan-penemuan di bidang kesehatan yang sangat bermanfaat bagi manusia dan juga kesehatan.

Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam Bidang Kesehatan

Salah satu hal yang patut untuk dibincangkan dalam kesehatan salah satunya adalah mengenai pentingnya prinsip neuroetik dalam bidang kesehatan.

Pasti diantara Anda masih belum mengerti sepenuhnya mengenai apa itu prinsip Neuroetik dan bagaimana peran penting dari prinsip neuroetik itu sendiri di bidang kesehatan. Mengingat bahwa sebenarnya prinsip semacam ini juga sangat dibutuhkan dalam bidang kedokteran.

Berikut ini merupakan ulasan selengkapnya tentang pentingnya prinsip neuroetik dalam bidang kesehatan untuk Anda.

Baca Juga : Bahaya Penyakit Lupus bagi Kesehatan Manusia

Mengenal Prinsip Neuroetik dalam Kedokteran

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa mungkin diantara Anda masih sangat asing dengan apa yang dimaksud sebagai neuroetik tersebut

Memang tidak dapat dipungkiri pembahasan mengenai prinsip neuroetik serta pentingnya prinsip neuroetik di Indonesia masih sangat sedikit dan jarang dibincangkan.

Padahal, di beberapa negara yang maju seperti Jepang dan Amerika Serikat, bidang Neuroetik telah menjadi perhatian mendalam sejak lama.

Pada dasarnya, neuroetik merupakan salah satu macam dari ilmu yang ada dalam bidang kesehatan atau kedokteran.

Neuroetik itu sendiri bisa diterjemahkan sebagai sebuah cara atau sistem yang memang sengaja dibuat untuk memahami lebih dalam mengenai kerja otak disaat otak tersebut terlibat dengan isu sosial yang berkaitan dengan penyakit, kematian, gaya hidup, moralitas, dan bahkan terkait dengan filosofi kehidupan.

Para ahli dalam bidang kesehatan pun juga telah berpendapat jika sebenarnya neuroetik juga merupakan sebuah cabang dari bioetik. Bioetik sendiri dapat diartikan sebagai sebuah studi yang dalam pembahasannya mengkaitkan moral dan etika terhadap ilmu pengetahuan dan layanan kesehatan.

Istilah bioteik sendiri mulai digunakan pada sekitar awal tahun 1970-an. Dan seiring dengan kemajuan di dunia kesehatan dan kedokteran, baik bioetik dan juga neuroetik mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Jika bioetik mulai diperkenalkan pada tahun 1970-an, maka neuroetik sendiri mulai diperkenalkan pada awal tahun 2002 oleh William Safire. Dan sejak saat itulah istilah neuroetik semakin berkembang di dunia kesehatan dan juga dunia kedokteran.

Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam bidang Kedokteran dan Kesehatan

Kemudian, sebelum membahas pentingnya prinsip neuroetik dalam bidang kesehatan, maka terlebih dahulu Kita harus membahas mengenai apa saja yang menjadi ranah dari neuroetik itu sendiri.

Pentingnya Prinsip Neuroetik dalam Bidang Kesehatan

Pada awalnya, prinsip neuoretik digunakan dalam ilmu sistem saraf. Akan tetapi penggunaan prinsip neuroetik tersebut sudah semakin meluas ke dalam bidang yang lain.

Sebagai buktinya adalah dengan banyaknya teknologi yang berkembang juga telah menerapkan prinsip neuroetik seperti Conohnya Psychosurgery, Implantasi Otak, Neurostimulasi, Pencitraan Otak, dan yang terakhir adalah Biomaker.

Hal yang menjadi fokus perhatian dan pendalaman dalam bidang neuroetik adalah bagainmana proses pengolahan serta kemampuan kognitif manusia yang pada dasarnya berpusat di otak, yaitu bagian otak area Korteks Prefrontal, Amigdala, dan bagian saraf otak yang lainnya.

Bagian-bagian otak tersebut adalah tempat untuk mengolah informasi, mengatur kemampuan kognitif manusia bahkan hingga pengendalian emosi yang dilakukan oleh manusia.

Dan karena otak sebagai pusat dari hal aktivitas manusia tersebut, dan bagian dari dalam otak manusia adalah tempat yang sangat privasi karena menyangkut kehidupan seseorang, maka ketika medis diharuskan untuk mengulik atau melakukan suatu hal pada otak tersebut harus berdasarkan prinsip etika dan juga regulasi atau peraturan yang kuat. Dan inilah yang menjadi peran pentingnya prinsip neuroetik dalam bidang kesehatan.

Kembali lagi diawal bahwa pentingnya prinsip neuroetik tersebut berkaitan erat dengan masalah otak manusia yang merupakan hal yang sangat vital dan tidak bisa dilakukan sembarangan begitu saja. Untuk itulah prinsip neurotik ini sangat penting untuk dilakukan.

Namun, walaupun pentingnya prinsip neuroetik ini terdengar menjadi suatu hal yang bagus dan baik, ternyata prinsip ini juga tidak terlepas dari kontroversi yang juga ada di bidang kesehatan dan juga kedokteran.

Ada banyak pihak yang pro terhadap penggunaan prinsip neuroetik ini akan tetapi juga banyak sekali pihak yang kontra terhadap permasalahan prinsip neuroetik ini.

Apalagi di Indonesia yang notabennya pembahasan mengenai pentingnya prinsip neuroetik masih sangat terbatas dan sedikit.

Jadi memang harus diperlukan banyak waktu dan usaha untuk membuat prinsip neuroetik ini bisa benar-benar diterapkan secara menyeluruh dan baik di Indonesia. Tentunya hal ini tidak bisa juga dilakukan dengan cara yang instan dan mudah.

Banyak tahapan yang harus dilakukan baik dari kalangan medis, pemerintah, dan juga masyarakat untuk dapat duduk bersama dan pada akhirnya merumuskan suatu strategi ataupun cara yang bisa secara efektif mencakup segala bidang kesehatan akan tetapi juga tidak mengesampingkan penerapan prinsip neuroetik yang sangat penting bagi dunia kesehatan tersebut.

Baca Juga : Menggunakan Mouth Wash Membuat Kita Lebih Pede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here