Home Tips Kesehatan Informasi Seputar Pemeriksaan Ketajaman Mata

Informasi Seputar Pemeriksaan Ketajaman Mata

430
0

Informasi Seputar Pemeriksaan Ketajaman Mata – Pemeriksaan ketajaman mata seringkali disepelekan manfaatnya, padahal pemeriksaan semacam ini sangat penting untuk dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya.

Informasi Seputar Pemeriksaan Ketajaman Mata

Mata merupakan jendela dunia. Mungkin itulah peribahasa yang bisa menggambarkan bagaimana sangat vitalnya peran mata bagi kehidupan Kita. Mengingat betapa pentingnya peran mata itulah, maka kesehatan mata pun patut untuk mendapatkan perhatian yang serius dari Kita termasuk urusan pemeriksaan ketajaman mata.

Pemeriksaan ketajaman mata merupakan suuatu hal yang bisa kita lakukan untuk menegtahui bagaimana kondisi terbaru dari kesehatan dan ketajaman dari mata Kita.

Bagi Anda yang belum memiliki kesadaran yang tinggi terhadap hal ini, informasi yang akan dibahas berikutnya mungkin akan bisa memberikan gambaran pada Anda bagaimana informasi lengkap mengenai pemeriksaan ketajaman dari mata.

Pentingnya Pemeriksaan Ketajaman Mata

Kebanyakan orang pasti tidak akan berusaha untuk melakukan pemeriksaan terhadap matanya jika dirasa tidak ada yang salah dengan mata mereka.

Termasuk pemeriksaan ketajaman mata. Padahal pemeriksaan semacam ini merupakan hal yang sangat penting mengingat pemeriksaan ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kondisi ataupun kesehatan terbaru dari mata Anda.

Pemeriksaan ketajaman mata juga bisa disebut sebagai pemeriksaan Visus. Pemeriksaan ini dapat dikatakan sangat penting baik bagi orang dewasa ataupun bagi anak-anak yang bisa dilakukan sejak dini.

Bahkan anak yang berusia dibawah 3 tahun juga perlu dilakukan pemeriksaan mata apalagi bagi anak dengan kondisi yang terlahir secara prematur ataupun adanya sejarah gangguan penglihatan dalam silsilah keluarganya.

Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, kondisi sakit mata seperti Strabismus (juling), Amblyopia, dan turunnya kelopak mata bagian atas bisa dideteksi sedini mungkin dan bisa mencegah kemungkinan sakit mata tersebut lebih parah lagi dikemudian hari. Untuk itulah pemeriksaan ketajaman mata atau pemeriksaan Visus terbilang sangat penting untuk dilakukan.

Selain itu, kondisi penurunan ketajaman mata bisa menjadi pertanda akan munculnya beberapa penyakit mata seperti Katarak, Glaukoma, bahkan bisa menyebabkan Degenerasi Makula yang merupakan pusat dari Rentina sebuah mata dan berperan dalam penglihatan yang baik.

Anjuran untuk melakukan pemeriksaan ketajaman mata adalah sebagai berikut :

1. Dibawah usia 3 tahun : setiap menemui dokter anak.

2. Rentang usia 3 – 19 tahun : 1 sampai 2 tahun sekali.

3. Rentang usia 20 – 29 tahun : minimal 1 kali selama rentang usia tersebut.

4. Rentang usia 30 – 39 tahun : minimal 2 kali selama rentang usia tersebut.

5. Rentang usia 40 – 64 tahun : setiap 2 ataupun 4 tahun sekali.

6. Usia diatas 65 tahun : setiap 1 sampai 2 tahun sekali.

Prosedur Pemeriksaan Ketajaman Mata

Pada umumnya, ada dua cara yang telah secara umum digunakan untuk mengukur ketajaman mata atau melakukan pemeriksaan visus.

Yang pertama adalah pemeriksaan ketajaman mata dengan Kartu Snellen (Snellen chart) dan juga pemeriksaan manual dengan diperiksa langsung oleh dokter menggunakan tes jari tangan.

Pertama adalah kartu Snellen. Kartu ini merupakan sebuah kartu yang dikembangkan oleh seorang dokter spesialis mata yang berasal dari Belanda dan bernama Herman Snellen.

Kartu ini dikembangkan pada sekitar tahun 1860-an. Anda pasti sering menjumpai kartu ini terutama saat Anda sedang berada di optik mata.

Sebenarnya ada banyak variasi yang dimiliki oleh kartu Snellen itu sendiri, akan tetapi yang telah dikenal secara umum adalah kartu Snellen dengan sebelas baris huruf kapital yang berisi semacam huruf abjad. Semakin kebawah, maka ukuran dari huruf tersebut akan semakin kecil.

Ukuran ketajaman mata atau visus mata normal yang ada pada mata manusia adalah sekitar 20/20 atau dalam datuan meter 6/6. Ukuran ini memiliki arti bahwa dalam jarak 20 kaki atau 6 meter, mata Anda masih mampu dan cukup tajam untuk melihat tulisan yang memang secara normal bisa terbaca dari jarak tersebut.

Akan tetapi jika ukuran ketajaman mata Anda tidak seperti itu atau misalnya memiliki ukuran 20/40 maka ketajaman mata Anda memiliki arti, dengan jarak 20 kaki atau pada jarak 6 meter, mata Anda hanya mampu untuk membaca ukuran huruf yang cukup besar yang dapat dibaca pada jarak 40 kaki atau 12 meter. Seperti itulah cara kerja dari ukuran kartu Snellen.

Selain menggunakan kartu Snellen untuk memeriksa ketajaman mata Anda, ada cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengukurnya, yaitu adalah dengan cara konvensional menggunakan bantuan dokter mata.

Pada umumnya, kartu Snellen sudah cukup digunakan untuk pemeriksaan ketajaman mata atau visus seseorang.

Akan tetapi ada pula pada kasus tertentu, dimana ada orang yang sama sekali tidak mampu membaca huruf yang terlalu buram, maka dokter mata akan mengambil alih dengan secara langsung melakukan pemeriksaan dengan bantuan jari tangannya.

Itulah informasi mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan ketajaman mata dan juga bagaimana prosedur dari pemeriksaan ketajaman mata itu sendiri, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : Hentikan 5 Kebiasan Buruk yang Mengancam Kesehatan Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here