Home Tips Kesehatan Olahraga Anti Sakit Punggung

Olahraga Anti Sakit Punggung

475
0

Olahraga Anti Sakit Punggung – Sakit punggung tentunya akan menghambat aktivitas harian kita. Beberapa olahraga anti sakit punggung ini bisa mengatasi masalah tersebut.

Olahraga Anti Sakit Punggung

Olahraga anti sakit punggung adalah sebuah olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan utamanya bagi yang memiliki sakit di bagian punggung. Sakit punggung ini lantaran aktivitas tubuh yang berlebihan.

Misalnya bagi kalangan pekera kantoran tentunya hampir setiap harinya dihabiskan dengan kera sambil duduk di depan komputer. Sehingga punggung terlalu berat menahan beban dan kurang bergerak.

Seseorang yang menderita sakit punggung tentunya akan merasakan rasa nyeri hingga sakit di bagian punggung setiap kali tubuh bergerak. Keadaan ini akan menghambat semua aktivitasnya.

Bahkan untuk urusan olahraga pun juga tidak boleh sembarang. Kesalahan jenis olahraga malah akan memperparah penderitaan. Pilih olahraga yang dapat menambah kelenturan punggung hingga penyakit ini akan sembuh.

Pemanasan olahraga anti sakit punggung

Pada dasarnya semua olahraga baik, namun jika tidak dilakukan dengan benar maka akan berakibat vatal bagi pederita sakit punggung. Sebelum memilih olahraga anti sakit punggung. Ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Berikut beberapa cara pemanasan bagi yang punya penyakit punggung.

1. Peregangan Hamstring

Pemanasan awal dilakukan dengan meregangkan bagian otot hamstring pada kaki. Bermula dari posisi berbaring penuh di lantai, lalu mulai menekuk pelan-pelan salah satu lutut.

Kemudian balut kaki dengan kain handuk selanutnya luruskan lutut yang tertekuk tadi sembari memberikan tarikan pelan pada handuk hingga posisi kaki kembali lurus. Lakukan secara bergantian hingga dirasa cukup.

2. Baringkan Punggung pada Tembok

Untuk mengawali olahraga anti sakit punggung bisa dimulai dari berdiri di dekat tembok kurang lebih 30-an centimeter. Sandarkan punggung di tembok lantas pelan-pelan tekuk punggung hingga mendekatii lutut.

Ketika mendekati lutut maka tahan dahulu posisi tersebut kisaran 10 detik. Lakukan gerakan ini secara berulang paling tidak 8 hingga 10 putaran.

3. Regangkan punggung dan pinggul

Pemanasan sebelum olahraga anti sakit punggung bisa juga dengan cara berbaring dengan posisi telentang. Selanjutnya dari posisi itu angkat kedua kaki namun bagian bawah tetah menempel lantai.

Berikutnya angkat panggul dan punggung dengan pijakan tetap menekan kelantai. Tahan posisi tersebut kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Beberapa Olahraga Anti Sakit Punggung

1. Berjalan Kaki

Olahraga yang pertama adalah Berjalan kaki. Sepintas olahraga ini terkesan sepele, namun nyatanya jalan kaki memberikan manfaat yang cukup besar bagi penderita sakit punggung.

Fakta ini lantaran dengan melakukan jalan kaki secara teratur maka seluruh aliran darah yang ada pada tubuh manusia akan kembali lancar dan denyut jantung menjadi meningkat.

Keadaan seperti ini akan memengaruhi asupan nutrisi tubuh sehingga mempercepat penyembuhan sakit punggung. Selain itu beberapa nyeri akibat sakit punggung yang sudah kronis akan perlahan berkurang hingga akhirnya sembut. Olahraga sederhana yang kaya manfaat.

2. Berenang

Olahraga anti sakit punggung yang selanjutnya adalah berenang. Olahraga yang dilakukan di air ini ternyata bisa menadi solusi penyakit nyeri punggung.

Berenang tentunya memberikan porsi gerakan pada otot-otot tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan renang. Selain otot menjadi lentur, aliran darah di sleuruh tubuh juga kian lancar.

Berenang juga mengurangi kerja punggung untuk menopang tubuh. Hal ini lantaran air membantu menopang tubuh untuk tetap mengambang di air. Sehingga sakit punggung akan mulai berkurang dari olahraga menyenangkan ini.

3. Olahraga Bersepeda

Olahraga anti sakit punggung yang ketiga adalah Bersepeda. Dewasa ini olahraga bersepeda mulai tren di kalangan masyarakat. Mereka sadar jika Bersepeda kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya obat ampuh sakit punggung.

Posisi bersepeda pada dasarnya memindahkan tekanan beban pada tubuh ke bagian lengan dan kaki. Sehingga porsi kerja punggung semakin berkurang.

4. Olahraga Yoga

Selanjutnya ada olahraga Yoga. Olahraga pernafasa ini ternyata meyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Variasi gerakan yoga akan menjadikan otot-otot punggung menjadi rileks.

Di samping itu Yoga juga merupakan olahraga yang mengkombinasikan gerakan keseimbangan, peregangan serta ada kekuatan.

Bagi yang menyukai yoga dan rajian melakukannya maka penyakit punggung yang selama ini terasa menderita akan sembuh dengan total.

5. Olahraga Pilates

Olahraga anti sakit punggung yang kelima adalah Pilates. Memang masih terasa asing olahraga yang satu ini.

Olahraga menyerupai gerakan senam dengan kombinasi yoga ini menyajikan gerakan-gerakan yang memungkinkan pelenturan otot-otot tubuh.

Pilates meningkatkan kesadaran diri kita secara penuh, melalui gerakan bangkit, kemudian duduk, memutar serta berbagai macam kombinasi gerakan.

Kombinasi gerakan di bawah panduan instruktur berpengalaman, maka segala keluhan penyakit punggung akan teratasi.

Demikian tadi beberapa olahraga yang membantu menyembuhkan penyakit punggung yang menyiksa tubuh. Pada dasarnya segala macam olahraga anti sakit punggung ini perlu dilakukan secara rutin dan dengan tata cara yang benar.

Bukankah segala macam olahraga pasti berguna bagi kesehatan? Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga : Penyakit Asam urat Jangan di Sepelekan Tua Muda Sama Saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here