Home Tips Kesehatan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

299
0

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya – Minum obat dan membatasi konsumsi garam menjadi salah satu cara mengatasi hipertensi. Namun itu bukanlah satu-satunya untuk tetap sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi. Simak artikel berikut!

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) merupakan penyakit yang sering kali muncul secara tiba-tiba. Sering kali penderita Hipertensi baru menyadari bahwa dirinya terkena hipertensi, setelah mengalami gejala parah yang mengganggu aktivitas lalu mendapatkan penanganan medis.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami hipertensi atau tidak, maka lakukan pengukuran medis terkait tekanan darah dan penting mengetahui cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Patokan Pengukuran Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

Angka pengukuran tekanan darah yang normal yakni di bawah 120/80. Angka pengukuran pertama merupakan hasil pengukuran sistolik, dan angka pengukuran kedua merupakan hasil pengukuran diastolik.

Apabila hasil pengukuran medis ternyata angka tekanan darah lebih dari kisaran normal, hal tersebut dibagi menjadi tiga kategori berikut :

        • Pra Hipertensi yakni angka pengukuran berkisar 120-139 untuk Sistolik, atau angka pengukuran 80-89 untuk Diastolik.
        • Hipertensi level 1 yakni apabila angka pengukuran tekanan Sistolik berkisar 140-159, atau pengukuran tekanan Diastolik berkisar 90-99.
        • Hipertensi level 2 yakni apabila angka pengukuran tekanan sistolik berkisar 160 atau lebih, sedangkan pengukuran tekanan diastolik berkisar 100 atau pun lebih.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apabila sudah terlanjur menderita penyakit hipertensi, bagaimana menurunkannya? Berikut di bawah ini beberapa tips dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Ini Dampak Buruk Akibat Membersihkan Hidung dengan Jari Tangan

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

1). Merubah Gaya Hidup

Langkah ini merupakan salah satu hal penting apabila ingin tekanan darah yang terlanjur tinggi agar menjadi turun.

Merubah gaya hidup akan berdampak baik bagi orang-orang yang telah didiagnosis hipertensi, maupun yang masih pra hipertensi.

Bahkan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga baik bagi mereka yang tekanan darahnya normal. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

2). Aktiflah Bergerak

Selain rutin berolahraga, aktif bergerak menjadi salah satu gaya hidup sehat yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Hentikan alasan tak punya waktu, sebab aktif bergerak sebenarnya mudah dilakukan.

Misal ketika bertemu dengan seseoang, lakukan obrolan sambil berjalan seperti berjalan-jalan di taman. Ketika di kantor, kampus, mall, maka hidarilah penggunaan lift maupun escalator. Jangan malas naik dan turun tangga agar tubuh lebih aktif bergerak.

3). Hindari obesitas dan turunkan berat badan yang melebihi normal

Para penderita hipertensi maupun pra hipertensi, apabila memiliki berat badan yang melebihi normal, maka kurangilah. Menormalkan berat badan akan menjadi salah satu cara agar tekanan darah menurun.

Pilih cara menurunkan berat badan yang sehat, agar tidak mengundang masalah kesehatan yang lainnya. Lakukan olahraga lebih rutin seperti rutin jogging setiap pagi, bersepeda, dan berenang.

4). Berhenti merokok dan minum alcohol sekaligus hindari asap rokok

Para perokok dan penggemar minuman beralkohol berisiko lebih besar terhadap penyakit hipertensi. Oleh sebab itu, berhentilah mengonsumsi minuman beralkohol dan hentikan merokok.

Semua itu demi menurunkan tekanan darah tinggi. Termasuk hindari pula asap rokok. Zat-zat buruk yang terkandung dalam rokok dan asapnya serta dalam minuman beralkohol mampu memberikan efek buruk bagi aliran darah hingga menimbulkan serangan hipertensi.

5). Mengelola Perasaan Stress

Kesibukan sehari-hari dan berbagai permasalahan hidup yang harus dihadapi, sering kali menjadikan stress. Namun perasaan stress berat bisa mempersempit ukuran pembuluh darah, maka hal ini akan menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Stress dapat memicu berbagai kebiasaan tak sehat yang menjadi penyebab hipertensi. Seperti stress memicu makan berlebihan, memicu insomsia, memicu malas berolahraga dan memicu kebiasaan buruk lainnya.

Ketika stress melanda, luangkan waktu bagi diri Anda untuk menenangkan diri. Misalnya pergi berwisata ke tempat yang indah dan tenang, curhat pada sahabat mengenai masalah yang dihadapi.

6). Cermati label pada kemasan makanan

Kebanyakan orang masa kini pasti terbiasa dengan makanan berkemasan. Namun biasakanlah untuk mencermati label yang tertera pada kemasan.

Berusahalah untuk mengindari atau setidaknya mengurangi makanan bernatrium tinggi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cermati informasi gizi pada label kemasan makanan.

Disampaikan AHA (American Heart Association) bahwa daging kemasan, sup kaleng, mie instan dan berbagai makanan ringan ternyata mengandung natrium cukup tinggi.

Makanan Sehat Bagi Penderita Hipetensi

Bagi orang-orang yang telah didiagnosis hipertensi maupun mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap hipertensi, sekedar minum obat tidaklah cukup untuk menurunkan maupun mengontrol tingkat tekanan darah.

Penting memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Berikut ini rekomendasi beberapa makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Pisang

Selain harganya yang tergolong murah meriah dan mudah ditemukan, buah satu ini bermanfaat pula untuk menurunkan tekanan darah.

Tingginya kandungan kalium pada buah pisang bisa menyeimbangkan jumlah natrium berlebihan dalam tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Berry

Berbagai buah-buahan yang masuk dalam kelompok berry, seperti raspberry, strawberry, blueberry, blackberry, anggur, dan buah berry lainnya ternyata mengandung senyawa baik yakni Flavonoid.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa senyawa Flavonoid mampu mencegah hipertensi dan menormalkan hipertensi.

3. Bit

Berdasarkan penelitian Nutrition Journal, mengonsumsi jus Bit bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena tingginya kandungan nitrat dalam bit secara alami sangat baik bagi kesehatan aliran darah.

4. Cokelat Hitam

Berdasarkan penelitian BMC Medicine, disebutkan bahwa cokelat hitam (Dark Chocolate) dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita hipetensi maupun orang-orang pra hipertensi.

Tingginya kandungan flavonoid pada cokelat hitam mampu membantu pelebaran pembuluh darah agar aliran darah lancar, sehingga tekanan darah menurun.

Semakin tinggi jumlah kakao dalam produk Dark Chocolate, maka semakin baik bagi kesehatan dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

Itulah beberapa ulasan tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi beserta konsumsi makanan terbaik untuk para penderita hipertensi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi pastikan untuk selalu menjaga kesehatan.

Baca Juga : Kenali Penyakit Saraf Kejepit dan Gejalanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here