Home Tips Kesehatan Cegah Cuci Darah Dengan Menjaga Kesehatan Ginjal

Cegah Cuci Darah Dengan Menjaga Kesehatan Ginjal

318
0

Cegah Cuci Darah Dengan Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal merupakan sepasang organ berbentuk kacang dengan ukuran sebesar kepalan tangan.

Menjaga Kesehatan ginjal sangat penting, yang mana ginjal bertugas untuk menyaring limbah-limbah dalam tubuh berupa kelebihan urea, garam, nitrogen dari metabolisme sel, maupun racun-racun lainnya yang membahayakan tubuh.

Cegah Cuci Darah Dengan Menjaga Kesehatan Ginjal

Tak sekedar menjadi filter, beberapa fungsi lainya organ ginjal antara lain sebagai penyeimbang kadar air dalam tubuh, pengatur tekanan darah, pengatur produksi eritrosit dan pengatur produksi dan penyeimbang pH (asam basa) dalam tubuh.

Jenis Penyakit Terkait dengan Ginjal

Jika seseorang didiagnosis terkena sakit ginjal, maka ada beberapa jenis penyakit yang mungkin diderita antara lain:

1). Batu ginjal

Jenis penyakit satu ini disebabkan adanya pengendapan zat-zat maupun mineral tertentu dalam aliran darah, hingga akhirnya zat maupun mineral tersebut membatu dalam organ ginjal.

Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri berat bila berukuran besar. Batu yang mengendap dalam ginjal tersebut dapat pula menghambat keluarnya urine di saluran kemih.

2). Infeksi pada saluran kemih

Jenis penyakit ini juga biasa disebut ISK. Penyebabnya adalah bakteri yang menginfeksi di sekitar saluran kemih.

3). Gagal ginjal

Penyakit ini terbagi menjadi 2 macam antara lain kronis dan akut. Gagal ginjal jenis akut bisa disebabkan efek samping mengonsumsi obat, dehidrasi, atau dikarenakan pendarahan yang menyebabkan aliran darah terganggu menuju ginjal.

Sedangkan penyakit gagal ginjal jenis kronis biasa disebabkan penyakit lain seperti hipertensi, diabetes maupun kanker. Jenis kronis merupakan dampak dari kondisi menahun penyakit berat yang diidap sebelumnya.

4). Polikistik

Jenis penyakit ginjal ini termasuk penyakit keturunan dengan gejala awal yakni tumbuh kista dalam organ ginjal. Apabila tidak segera ditangani, polikistik akan sangat mengganggu kinerja ginjal.

5). Glomerulonephritis

Penyakit ini diakibatkan peradangan di Glomerulus, yakni bagian yang memiliki fungsi sebagai penyaring dalam organ ginjal. Glomerulonephritis biasanya disebabkan infeksi, obat-obatan tertentu maupun adanya kelainan bawaan lahir. Penderita penyakit autoimun, misalnya lupus, dapat pula mengalami kondisi ini.

Bahaya yang Timbul Bila Kesehatan Ginjal Terganggu

Kesehatan ginjal yang terganggu akan berakibat penumpukan limbah tubuh, cairan, dan zat beracun lainnya.

Gangguan terhadap ginjal akan menyebabkan munculnya gejala pembengkakan di pergelangan kaki, kondisi tubuh melemah, sesak nafas, susah tidur, muntah, mual dan kehilangan kesadaran.

Apabila gejala-gejala yang muncul terlambat dideteksi hingga tidak segera diatasi, maka ginjal berhenti bekerja, kemudian akan membahayakan nyawa penderitanya. Ketika kinerja ginjal terganggu, maka kinerja organ vital lainnya akan terganggu.

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Mencegah lebih baik mengobati. Nah, hal ini tentulah sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu pemicu dari penyakit ginjal yakni pola makan.

Untuk itu sangat penting bagi seseorang yang ingin menjaga kesehatan ginjalnya untuk mengatur asupan makanannya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga ginjal tetap sehat.

1). Paprika Merah

Jenis sayuran ini baik untuk organ ginjal dikarenakan kandungan potasium dan kaliumnya yang rendah. Kadar potasium yang tinggi di dalam darah bisa menyebabkan terjadi gagal ginjal. Sedangkan paprika merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup besar diantaranya vitamin A, C dan B6.

2). Kubis

Jenis sayuran ini tidak memiliki kandungan kalium, sehingga baik untuk kesehatan ginjal dan hati. Sayuran yang satu ini kaya phytochemical, berguna membantu melawan serangan radikal bebas penyebab penyakit kronis semisal kanker.

3). Bawang Putih

Bahan makanan yang dikenal sebagai bumbu ini, baik bagi kesehatan ginjal sebab bersifat diuretik yang membantu untuk menghilangkan kelebihan zat natrium dari tubuh, kemudian dikeluarkan melalui ekskresi urinasi ginjal.

Selain itu, bawang putih dapat pula melindungi organ ginjal dari bahaya logam berat yang masuk dalam tubuh, seperti timbal. Bawang putih juga mempunyai kemampuan mengurangi peradangan, detoksifikasi, melawan infeksi, menurunkan kolesterol serta menjadi antibiotik alami.

4). Kembang Kol

Sayuran yang satu ini masuk dalam golongan sayuran cruciferous. Sangat berguna sebagai suplemen ginjal. Sayur kembang kol memiliki kandungan serat dan asam folat yang cukup tinggi sehingga membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Kembang kol juga rendah potasium.

5). Asparagus

Jenis sayuran ini berguna sebagai pembersih ginjal, mencegah terjadinya proses batu ginjal serta membantu ginjal melakukan fungsinya. Selain itu, sayur asparagus mengandung serat, vitamin C, vitamin A, vitamin K dan vitamin E.

Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Tak cukup dengan mengatur asupan makanan saja, kebiasaan menjadi faktor penting selanjutnya yang juga harus diperhatikan. Gaya hidup sehat menjadi hal yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa kebiasaan baik untuk menjaga ginjal:

1). Mengatur pola makan

Kesehatan ginjal dapat terjaga dengan mengatur pola makan. Pilih makanan sehat seperti sayur dan buah yang ditanam tanpa pupuk kimiawi (organik).

Jauhi makanan instan yang mengandung pengawet, perisa dan kaya natrium. Kurangi konsumsi garam melebihi batas normal, konsumsilah daging dan ikan tanpa lemak.

2). Bergerak Aktif

Beraktivitas fisik aktif menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Setidaknya olahraga teratur minimal sekitar 20 menit setiap hari. Kebiasaan baik ini akan menyehatkan ginjal dan meminimalisir risiko serangan penyakit ginjal.

3). Stop Merokok dan Alkohol

Tak hanya menjadi cikal bakal kerusakan paru-paru, rokok dan alcohol bisa juga menjadi penyebab kerusakan ginjal. Sebab itu, berhenti mengonsumsi alkohol serta stop merokok.

4). Mengontrol tekanan darah

Hipertensi dapat memicu serangan penyakit ginjal. Penelitian para ahli mengungkapkan 35% serangan penyakit ginjal dikarenakan hipertensi.

5). Mengonsumsi air putih dalam batas normal

Konsumsi air putih setidaknya 6-8 gelas setiap hari.dengan begitu kesehatan ginjal akan terjaga. Kekurangan mengonsumsi air putih akan menurunkan aliran darah menuju ginjal hingga memperburuk kinerja ginjal.

Jika ginjal telah rusak, justru sebagian penderitanya akan dibatasi dengan sedikit mengonsumsi air putih.

Perlu diperhatikan bahwa seiring bertambah usia, maka tubuh mengalami penurunan termasuk organ dalam salah satunya ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya terapkan kebiasaan baik hidup sehat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Apabila menderita gagal ginjal kebanyakan penderitanya harus melakukan cuci darah rutin. Sebelum itu terjadi, jaga kesehatan ginjal sesegera mungkin.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Hati Sebelum Terlambat Menyadari Betapa Pentingnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here