Home Tips Kesehatan Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

414
0

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat – Bagi Anda yang memiliki masalah hidung tersumbat, sebaiknya mencoba mempraktikkan 5 cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat-obatan kimia berikut ini.

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengalami hidung tersumbat menjadi momen paling menyebalkan sebab mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat tertidur, Anda terpaksa harus mengubah posisi tidur berulangkali demi menghilangkan rasa sesak bernapas.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami hidung tersumbat seperti Flu, Sinusitis, alergi dan lain-lain. Lalu, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat yang baik?

Mematikan AC dan Kipas Angin

Ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung bengkak dan kelebihan cairan menyebabkan kondisi hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif adalah membuat udara di sekitar hangat dan lembab.

Saat Anda bernapas di udara yang lembab dan hangat akan membantu meredakan pembengkakan jaringan pembuluh darah dalam hidung dan mengencerkan lendir dalam sinus.

Anda juga bisa melakukan terapi mengirup uap hangat. Letakkan semangkuk air panas dan hirup uap hangat selama kurang lebih 10 menit agar bisa membuat napas Anda lebih lega.

Tetapi, sebaiknya Anda berhati-hati saat melakukan terapi dengan air mendidih sebab uap juga bsia membuat hidung Anda melepuh. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa menggunakan tambahan berupa minyak kayu putih.

Masukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam wadah dan hirup aroma uap hangat yang keluar. Dijamin hidung Anda bakal lebih terasa lega dan segar.

Selain itu, Anda bisa melakukan mandi air hangat sebagai cara relaksasi tubuh dan pikiran. Mandi air hangat dan menghirup uapnya akan melegakan hidung dan tenggorokan Anda.

Baca Juga : Ketahui Cara Tepat Merawat Kesehatan Hidung

Mencuci Hidung Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa mencuci hidung dengan air garam yang berfungsi melegakan hidung dan menghilangkan virus atau bakteri dalam hidung.

Buat larutan garam sederhana dengan mencampurkan tiga sendok the garam dengan satu sendok teh baking soda secara merata. Masukkan dalam wadah kedap suara sebagai simpanan bahan larutan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan larutan garam juga cukup mudah yaitu ambil satu sendok teh campuran kedua bahan tersebut dengan 230 ml air hangat.

Masukkan dalam neti pot atau syringe dan tuangkan ke dalam satu lubang hidung dengan posisi miring. Biarkan larutan bereaksi dan mengalir kembali dari lubang hidung satunya saat Anda bernapas menggunakan mulut.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Cairan

Mengalami hidung tersumbat memang sering membuat Anda jengkel. Tetapi, Anda bisa melakukan cara mengatasi hidung tersumbat dengan mengkonsmsi banyak cairan.

Minum banyak cairan bisa melegakan hidung dan membuat tenggorokan tetap lembab. Selain itu, Anda bisa mencoba membuat minuman hangat yang terbukti ampuh meredakan hidung tersumbat.

Minuman panas terbukti bisa meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput radang serta mencegah tubuh dari dehidrasi.

Anda bisa membuat minuman herbal berkhasiat seperti teh jahe, mint atau mencoba memadukan lemon dan madu yang mengandung antiseptik alami.

Mengkonsumsi minuman panas seperti teh herbal bisa membantu Anda mengatasi kesulitan tidur saat malam hari.

Mengkunyah Bawang Putih

Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat kimia adalah mengkunyah bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung agen Antibacterial dan Antijamur yang bisa berguna menyembuhkan hidung tersumbat akibat flu atau demam.

Anda bisa langsung mengkunyah bawang putih mentah untuk mendapatkan manfaat yang efektif. Hal ini sudah pernah dilakukan oleh sebuah studi penelitian di Inggris lho!

Namun, bagi Anda yang agak sensitif dengan bau bawang putih yang khas, bisa menambahkan 1-2 siung ke dalam tumisan yang ditambahkan sayuran atau pasta.

Bisa juga menambahkan bawang putih pada terapi uap yang Anda lakukan untuk meredakan hidung tersumbat. Jangan lupa untuk menggosok gigi setelah Anda mengkonsumsi bawang putih, ya!

Meletakkan Bantal Lebih Banyak Saat Tidur Malam Hari

Kondisi hidung yang tersumbat hingga menyusahkan Anda susah bernapas saat berbaring tidur tidak akan terjadi lagi. Ya, Anda bisa meletakkan dua bantal eksta di bawah kepala saat tidur malam. Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan membuat tidur malam Anda lebih nyaman hingga bangun pagi hari.

Obat-obatan seperti dekongestan dan antihistamin memang bisa mengatasi permasalahan hidung tersumbat. Biasanya penggunaan kedua obat yang efektif mengatasi hidung tersumbat sering dipadukan dengan obat semprot hidung untuk hasil lebih maksimal.

Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

Obat semprot hidung tersebut mengandung oxymetalizone yang bisa meringankan ketidaknyamanan penderita hidung tersumbat akibat pilek atau flu. Obat bisa didapatkan di apotek atau toko obat terdekat.

Namun, tidak ada salahnya untuk mempraktikkan cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat-obatan yang efektif di atas. Kalau Anda mengalami masalah serius dengan hidung tersumbat seperti demam tinggi, ada darah yang muncul pada ingus, lendir kental berwarna kehijauan maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Yuk, coba terapkan tips bermanfaat meredakan hidung tersumbat ini ya!

Baca Juga : Buang Air Besar Rutin Ketahui Pentingnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here