Home Tips Kesehatan Masalah Gigi Sensitif! Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah Gigi Sensitif! Penyebab dan Cara Mengatasinya

442
0

Masalah Gigi Sensitif! Penyebab dan Cara Mengatasinya – Masalah gigi sensitif sering menyiksa. Maka kenali fakta, penyebab, cara mencegah dan mengatasi permasalahan gigi sensitif pada artikel berikut ini!

Masalah Gigi Sensitif! Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebuah masalah kesehatan dimana kita tidak dapat menikmati rasa nikmatnya makanan dan minuman panas, dingin, maupun yang berasa agak ekstrim merupakan masalah gigi sensitif.

Benar kata orang-orang dahulu bahwa lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi, pasalnya sakit gigi merupakan masalah kesehatan yang begitu menyiksa.

Perawatan yang diperlukan pun juga khusus dan spesial agar bisa sembuh. Perlu diketahui bahwasanya kebanyakan yakni lebih dari angka 65% orang di Indonesia mengalami masalah gigi sensitif ketika mnginjak umur 30 hingga umur 45 tahun.

Namun, disayangkan kebanyakan dari mereka tidak melakukan tindakan apapun untuk mengatasi.

Menurut penelitian beberapa dokter gigi bahwa gigi sensitif yang dibiarkan secara terus-menerus tanpa disertai adanya perawatan khusus akan mengakibatkan masalah yang lebih parah, yakni kondisi gigi akan mati.

Kemudian gigi mati bila terkena rangsangan panas ataupun dingin akan meluas ke daerah di sekitarnya dan akan rusak pula.

Terlebih dari itu, bila terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang agak lama akan mengakibatkan gigi berubah menjadi hitam.

Gigi hitam adalah dikarenakan Nekrosis atau tidak terkena aliran darah sebagaimana terjadi pada gigi yang sehat. Gigi berubah warna menjadi hitam dan akhirnya akan mengalami keropos atau rapuh.

Maka dengan demikian, Anda harus mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah gigi sensitif, termasuk penyebab, cara merawat serta cara mengatasinya.

Baca Juga : Kenali Penyakit Saraf Kejepit dan Gejalanya

Penyebab Atau Hal yang Memicu Masalah Gigi Sensitif

Perlu Anda pahami, bahwa penyakit masalah gigi sensitif adalah berbeda dengan layaknya sakit gigi yang biasa terjadi.

Pasalnya bila sakit gigi biasa hal yang dirasakan oleh penderita adalah rasa nyut-nyut yang terus-menerus, maka gigi sensitif adalah rasa ngilu yang berpengaruh pada sakit kepala yang akan diderita oleh para penderitanya.

Masalah Gigi Sensitif! Penyebab dan Cara Mengatasinya

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya rasa ngilu pada gigi atau permasalahan gigi sensitif, antara lain :

– Digunakannya Beragam Produk Pasta Gigi Maupun Pemutih Gigi Tertentu.

Sebagian besar orang yang menggunakan produk pasta gigi dan pemutih gigi dengan bahan dasar baking soda dan peroksida sangat berkemungkinan besar menyebabkan masalah gigi sensitif.

Pasalnya banyak yang belum mengetahi bahwa bahan tersebut sifatnya abrasif yakni dapat merusak gigi dalam jangka waktu lama.

– Terjadinya Penyusutan Gusi

Terjadinya gusi yang menyusut sendiri adalah diakibatkan oleh tata cara menyikat gigi yang kurang tepat.

Kesalahan dalam meyikat gigi tentu akan berpengaruh pada dentin gigi yakni akar dengan ribuan tabung kecilnya yang mengarah pada pusat syaraf dan menyebabkan masalah gigi sensitif.

– Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan-makanan yang Sangat Asam

Jenis makanan yang terlalu asam pada dasarnya sangat tidak baik karena dapat mengikis lapisan gigi khususnya lapisan email yang berfungsi untuk melindungi dentin dan akar gigi, sehingga berpengaruh pada terbukanya lapisan tersebut dana mengakibatkan masalah gigi sensitif.

– Menggunakan Mouthwash Secara Berlebihan

Penggunaan Mouthwash memang bagus dikarenakan dapat memebersihkan sisa-sisa makanan dan dapat menyegarkan mulut sepanjang hari.

Namun, bila digunakan secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah gigi sensitif karena Mouthwash juga mengandung asam yang tinggi.

– Gigi pecah / patah dan pembusukan yang terjadi

Gigi pecah atau patah sering terjadi dikarenakan mengunyah permen maupun es yang sangat keras. Ketika gigi telah pecah, maka lapisan dentin gigi akan rentan dengan masalah gigi sensitif.

Selain itu, gigi juga bisa mengalami pembusukan bilamana gigi berlubang dan tidak segera ditambal sehingga lama kelamaan gigi akan keropos dan rentan akan iritasi serta rasa ngilu adanya gigi sensitif.

Dengan mengetahui penyebab yang dapat memicu permasalahan gigi sensitif seperti di atas, tentu perlu untuk menghindarinya agar terhindar.

Apabila telah terjadi dan mengalami gigi sensitif maka hendaknya mengetahui cara mengatasinya seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Gigi Sensitif

Masalah gigi sensitif tidak baik untuk dibiarkan karena akan semakin memperburuk keadaan gigi dan kesehatan.

Terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh agar terhindar dari permasalahan gigi sensitif, antara lain :

  • Mengutamakan kebersihan mulut dan gigi dengan sikat gigi 2x sehari, pagi dan juga malam.
  • Menggunakan jenis pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif.
  • Menyikat gigi secara wajar, tidak berlebihan dan tidak terlalu kuat.
  • Menyikat gigi dengan jenis sikat gigi yang berbulu lembut dan halus.
  • Mengurangi kebiasaan konsumsi makanan, minuman dengan keasaman tinggi.
  • Menghindari kebiasaan mengeretakan gigi.
  • Berkonsultasi dengan dokter secara rutin terkait masalah gigi apa yang sedang dialami.

Sementara untuk mengatasi masalah gigi sensitif terdapat beberapa langkah di antaranya :

  • Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.
  • Mengganti pemakaian sikat gigi, dianjurkan sikat dengan bulu halus.
  • Pemakaian fluoride agar gigi lebih terlindungi
  • Melakukan operasi cangkok gusi.
  • Merawat saluran akar.

Beberapa langkah di atas, bila dilakukan dengan baik, akan menjadikan gigi akan normal kembali, terhindar dari rasa ngilu yang sering terasa ketika makan atau minum yang panas, dingin ataupun asam tinggi.

Baca Juga : Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Ini Dia Tipsnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here