Home Tips Kesehatan Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

287
0

Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi – Konsumsi teripang ternyata bisa memberikan banyak manfaat termasuk meredakan nyeri sendi. Berikut ini merupakan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

Anda pasti tidak asing dengan hewan laut teripang. Teripang merupakan salah satu hewan laut yang dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Dan salah satunya adalah konsumsi teripang untuk nyeri sendi yang masih tidak banyak diketahui oleh orang. Selain itu, kandungan yang ada di dalam teripang itu sendiri juga banyak menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai konsumsi teripang untuk nyeri sendi, dan juga kandungan yang ada di dalam teripang sehingga bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga : Ketahui Makanan dan Minuman Sehat Baik bagi Kesehatan Hati, Yuk!

Kandungan Gizi yang Ada Pada Teripang

Teripang atau yang lebih dikenal sebagai timun laut merupakan suatu hewan laut yang berbentuk seperti cacing ataupun ulat yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Teripang ini sering ditemukan di lautan Asia Pasifik termasuk juga di perairan Indonesia. Banyak orag yang mengkonsumsi teripang karena kandungan gizinya yang tinggi termasuk konsumsi teripang untuk nyeri sendi.

Kandungan gizi yang ada pada teripang juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kandungan gizi tersebut diantaranya adalah Protein, Vitamin A, Mineral, Besi, Kalsium, Niasin, Riboflavin, Kalori, dan juga Lemak.

Kandungan protein yang ada didalam teripang termasuk cukup tinggi dan hal inilah yang membuat teripang tersebut banyak dikonsumsi untuk kesehatan, termasuk konsumsi teripang untuk nyeri sendi.

Memang sudah sejak lama, teripang telah dibudidayakan dan juga digunakan sebagai obat dalam pengobatan tradisional Cina yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah nyeri sendi.

Namun, sayang sekali bahwa konsumsi teripang untuk nyeri sendi belum banyak diketahui oleh orang.

Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

Manfaat Konsumsi Teripang untuk Nyeri Sendi

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh teripang, saatnya masuk kepada manfaat konsumsi teripang untuk nyeri sendi yang belum banyak diketahui oleh orang secara umum.

Manfaat dari teripang untuk nyeri sendi ini tidak terlepas dari adanya zat khusus yang ada di dalam teripang untuk mengatasi nyeri sendi tersebut.

Zat yang dimaksud adalah zat Chondroitin Sulfat. Zat ini merupakan sebuah zat yang sangat berperan dalam pembentukan jaringan ikat dalam tubuh manusia yang secara alami juga ditemukan di dalam tulang rangka, tulang rawan, dan juga daerah persendian manusia.

Selain itu, Chondroitin yang memang ada didalam tubuh manusia akan berfungsi untuk meningkatkan produksi Kolagen dan bisa memblokir enzim yang bisa memecah Kartilago atau tulang rawan.

Ada sebuah laporan yang menyatakan jika ada sebuah penelitian yang melibatkan banyak orang yaitu sekitar 9 ribu jiwa bahwa chondroitin yang ada pada teripang bisa meredakan atau mengurangi nyeri sendi akibat Osteoarthritis.

Lebih jauh, zat chondroitin tersebut juga bisa memperbaiki nyeri sendi jangka pendek yang berlangsung kurang dari 6 bulan.

Untuk itulah, konsumsi teripang untuk nyeri sendi memang terbukti adanya karena memang kandungan yang terdapat dalam teripang tersebut yang bisa mencegah nyeri sendi.

Dan dengan manfaatnya yang besar tersebut tidak salah jika teripang menjadi hewan laut yang juga banyak diburu oleh karena khasiatnya yang luar biasa.

Manfaat lain yang di hasilkan jika Mengkonsumsi teripang

Selain digunakan sebagai obat untuk nyeri sendi, teripang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi teripang.

Manfaat Konsumsi Teripang Untuk Nyeri Sendi

Hal ini dikarenakan kandungan dari teripang tersebut yang sangat baik dan lengkap bagi pemenuhan nutrisi tubuh. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi teripang diantaranya adalah :

1). Berpotensi mencegah kanker

Selain konsumsi teripang untuk nyeri sendi, ternyata teripang juga bisa menjadi potensi pencegah kanker yang sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan didalam hewan teripang itu sendiri, terdapat kandungan yaitu zat Sitotoksin yang bisa menjadi pencegah kanker bagi tubuh Kita.

Zat Sitotoksin yang terkandung dalam teripang ini bisa menjadi pencegah yang sangat ampuh bagi perkembangan empat jenis sel kanker yaitu, Kanker Payudara, Prostat, Kanker Kulit, dan juga Kanker hati ataupun liver.

2). Tinggi protein

Kemudian manfaat teripang selanjutnya adalah tingginya kadar protein yang terdapat dalam teripang itu sendiri. Bahkan menurut penelitian, kandungan protein yang terdapat didalam teripang bisa lebih tinggi dibandingan dengan protein yang berasa dari sumber lain seperti putih telur.

3). Menjaga kesehatan kulit

Dan yang terakhir, selain konsumsi teripang untuk nyeri sendi, teripang juga bisa menjaga kesehatan kulit jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Manfaat teripang untuk menjaga kesehatan kulit ini tidak terlepas dari adanya zat dalam teripang tersebut yang bisa meningkatkan produksi Kolgen yang sangat berperan dalam kulit tubuh Kita.

Selain itu, zat yang ada dalam teripang yaitu Zat Peptida juga bisa berfungsi untuk melembutkan jaringan yang ada pada kulit dan menjaga kulit Kita terhindar dari kerusakan yang berarti. Dan lebih jauh konsumsi teripang bisa membantu mengatasi masalah penuaan.

Baca Juga : Khasiat Minyak Daun Basil yang Wajib Anda Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here