Home Tips Kesehatan Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

46
0

Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat – Tulang menjadi organ vital dalam aktivitas manusia. Berikut beberapa makanan tersebut.

Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

Tubuh sehat merupakan idaman semua orang, salah satu indikatornya dengan mengonsumsi makanan untuk tulang sehat. Tulang kuat dan sehat adalah sesuatu hal yang patut untuk dijaga serta dirawat dengan baik.

Tulang sehat dan kuat maka segala aktivitas tubuh akan menjadi mudah tanpa hambatan. Kesehatan tulang ditentukan dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Gejala Penyakit HIV dan Penanganannya

Jenis Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

Seperti diketahui bersama bila tulang sehat adalah tulang yang terpenuhi kandungan kalsium serta vitamin D. Keduanya merupakan asupan wajib yang mesti dipenuhi tulang.

Makanan untuk Tulang Sehat dan Kuat

Salah satu usaha untuk memenuhinya yaitu dengan mengonsumsi makanan untuk tulang sehat. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu kesehatan tulang:

1. Sayur Bayam

Makanan untuk tulang sehat yang pertama adalah sayuran hijau yang bernama bayam. Sayuran yang satu ini ternyata memiliki kandungan kalsium, serta vitamin C, K, dan A yang cocok untuk asupan kesehatan tulang.

Selain itu bayam juga memiliki nutrisi yang baik untuk kebutuhan tubuh. Bayam sangat cocok untuk asupan kalori setiap hari untuk kesehatan tubuh manusia.

2. Telur

Berikutnya ada telur ayam sebagai makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Seperti yang diketahui bersama bahwa telur kaya akan protein hewani.

Selain itu telur juga menjadi pilihan pemenuhan vitamin D tubuh. Hal ini bisa terlihat dari sebutir telur ayam bisa memenuhi lebih kurang 6% dari kebutuhan vitamin D setiap hari.

3. Buah Kiwi

Makanan untuk tulang sehat yang ketiga adalah buah kiwi. Buah kecil manis ini merupakan buah yang paling baik untuk kesehatan tulang. Hal ini lantaran di dalam buah kiwi mengandung Vitamin C serta banyak kandungan magnesiumnya.

Sehingga nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan. Terlebih buah kiwi juga memiliki andil untuk kecukupan kalsium vitamin K dan A bagi tubuh setiap harinya.

Selain itu buah kiwi dengan rasa manisnya tersebut juga bisa digunakan untuk pemenuhan kalori tubuh. Sumber kalori yang manis serta nikmat dan menyehatkan berasal dari buah kecil yang bernama kiwi.

4. Daging Ikan Salmon

Siapa yang tidak kenal dengan ikan salmon? Ikan laut dari perairan dalam ini dikenal dengan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain minyak ikan salmon yang sangat kaya akan DHA, daging salmon juga layak untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D tulang.

Selain itu kandungan asam lemak pada daging ikan salmon banyak mengadung omega 3. Sehingga tidak salah lagi bila daging ikan salmon makanan untuk tulang sehat.

Kandungan daging ikan salmon selain baik untuk menjaga kesehatan tulang manusia juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu 200 gram daging ikan salmon sudah sukup untuk asupan vitamin D selama sehari.

5. Yogurt

Makanan untuk tulang sehat yang kelima adalah yogurt. Makanan fermentasi susu ini dikenal sebagai makanan sehat kaya manfaat. Begitu juga untuk tulang, yogurt memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk memenuhi kebutuhan tulang selama sehari.

Minimal 20% pemenuhan vitamin D bisa dipenuhi dari segelas yogurt. Ada juga kalsium sebesar 30% dari kebutuhan setiap harinya.

6. Biji Kacang Mete

Biji kacang mete memiliki Vitamin K dan kalsium yang bagus untuk tulang. Meskipun kandungan keduanya tidak terlalu banyak akan tetapi asupan magnesium disertai mineral inilah yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Terlebih biji kacang mete juga mengandung protein yang sangat sehat bagi tubuh.

7. Jeruk

Yang tidak boleh tertinggal adalah si kuning asam manis, buah jeruk. Seperti yang diketahui jeruk kaya akan vitamin C yang menjadi cikal bakal terbentuknya kolagen.

Kolagen inilah yang memiliki andil menjaga kesehatan tulang. Konsumsi buah jeruk dengan cara dibuat jus lengkap dengan kandungan kalsiumnya, maka kesehatan tulang akan selalu terawat baik.

8. Susu

Susu dikenal sabagai makanan untuk tulang sehat lantaran kalsium susu yang begitu tinggi. Kalsium inilah yang memiliki peran menjaga kekuatan tulang dan persendian tubuh.

Susu yang dipilih bisa susu sapi ataupun susu kedelai yang sama-sama baik untuk tulang dan persendian tubuh. Konsumsi secara rutin susu maka berbagai macam keluhan tulang dan sendi bisa teratasi.

9. Paprika

Makanan untuk tulang sehat yang kesembilan adalah paprika. Paprika yang dimaksud adalah jenis paprika manis. Biasanya buah paprika manis ini berwarna merah yang kaya akan vitamin A dan C.

Ada pula asupan Vitamin K untuk membantu kesehatan tulang tentunya. Selain untuk tulang, serat pangan pada paprika juga baik untuk berdiet.

10. Biji Sayur Labu

Terakhir ada biji sayur labu yang menjadi makanan untuk tulang sehat. Bijian ini kaya akan serat serta kalsium dan protein. Tak ayal biji sayuran labu ini akan menunjang kesehatan tulang.

Baca Juga : 16 Manfaat Madu dari Ribuan Manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here