Home Tips Kesehatan Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

342
0

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui – Ada beberapa fakta lidah manusia yang terbilang unik. Akan tetapi, tak semua dari kita mengetahuinya. Untuk itu, Anda pun bisa mengetahui hal yang satu ini. Berikut ini ulasannya.

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Ada beberapa fakta lidah manusia yang belum tentu diketahui oleh sejumlah orang. Lidah sendiri menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting. Oleh karena itu, tak heran jika ada sejumlah fakta tersembunyi yang patut untuk kita ketahui.

Di balik lidah yang kita miliki, ada beberapa hal yang bisa kita tahu. Sejumlah fakta lidah manusia ini tampak unik, sehingga tak ada salahnya untuk kita ketahui. Ini dia beberapa fakta tentang lidah manusia yang bisa kita ketahui.

Baca Juga : 10 Efek Cuaca Dingin Pada Tubuh yang Penting untuk Dipahami

Fakta lidah manusia: panjang lidah

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Fakta lidah manusia yang pertama adalah panjangnya. Ternyata, panjang lidah tiap orang berbeda. Orang dewasa berjenis kelamin pria memiliki lidah yang panjangnya bisa sampai dengan 3,3 inci atau setara dengan sekitar 8,5 cm. Berbeda dengan kaum pria, ternyata panjang lidah rata-rata untuk wanita dewasa ialah 3,1 inci atau setara dengan 7,9 cm.

Sebagian dari kita mungkin ada yang merasa penasaran dengan patokan panjang lidah manusia. Kita tak perlu bingung, sebab panjang lidah dapat diukur mulai dari bagian pangkal tenggorokan sampai dengan bagian ujung lidah. Dengan demikian, jelas sudah seberapa panjang lidah manusia untuk diukur.

Berdasarkan Guinnes World Records, saat ini manusia yang memiliki lidah terpanjang di dunia bernama Nick Stoeberi. fakta lidah manusia ini menunjukkan bahwa pria dari Amerika tersebut memiliki lidah dengan panjang 3,97 inci atau setara dengan 10,1 cm.

Fakta lidah manusia: bintil pengecap

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Selanjutnya, fakta lidah manusia terletak pada jumlah bintil pengecap. Jumlah bintil pengecap yang ada di lidah kita pada umumnya mulai dari 2.000 sampai dengan 4.000. bintil ini berfungsi sebagai pengecap berbagai rasa. Akan tetapi, keunikan yang terjadi menunjukkan bahwa ada orang yang memiliki bintil lidah sampai dengan 10.000.

Di dalam istilah biologi, orang yang memiliki bintil lidah lebih dari 10.000 disebut mempunyai indera pengecap super atau bisa kita sebut dengan supertaster. Sementara itu, orang yang memiliki jumlah bintil lidah kurang dari 10.000 bisa kita sebut dengan nama non-taster. Usia bintil ini hanya 14 hari dan setelahnya akan tumbuh yang baru.

Fakta lidah manusia: bukan merupakan otot paling kuat

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

fakta lidah manusia yang ketiga berhubungan dengan otot. Lidah adalah bagian tubuh yang seluruhnya merupakan otot dengan sifat fleksibel. Hal ini mengakibatkan lidah manusia dapat melakukan banyak pekerjaan, misalnya saja seperti berbicara, bernapas, dan membantu kita untuk makan.

Lidah memang tak pernah lelah untuk menjalankan berbagai macam aktivitas seperti di atas. Akan tetapi, bukan berarti bahwa lidah merupakan otot tubuh yang paling kuat pada tubuh manusia. Justru otot paling kuat yang dimiliki manusia adalah jantung dan bukan lidah. Hal ini dibuktikan dengan kinerja jantung yang terus memompa darah selama manusia hidup.

Fakta lidah manusia: penanda sehat atau tidaknya tubuh

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Berikutnya, fakta lidah manusia berhubungan dengan kesehatan. Sebagian dari kita mungkin ada yang pernah mendengar tentang sehat atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari kondisi warna pada lidahnya. Hal seperti ini ternyata bukan isapan jempol belaka. Memang benar, lidah bisa menjadi penanda sehat atau tidaknya tubuh manusia.

Bila tubuh seseorang sehat, maka lidah memiliki warna merah mudah cerah. Sementara itu, bila warna lidah berbeda, maka hal ini bisa menjadi faktor penanda kesehatan manusia. Lidah yang warnanya merah tua dapat menjadi tanda bahwa seseorang tengah mengalami penyakit berupa radang tenggorokan.

Bila lidah seseorang berwarna putih, maka hal ini menandakan bahwa orang tersebut sedang terinfeksi jamur. Selain itu, jika lidah tampak pucat dan terasa halus, maka ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang kekurangan vitamin B12.

Fakta lidah manusia: tak memiliki area khusus perasa

Lidah Manusia Kenali Fakta Yang Jarang di Ketahui

Jika selama ini kita dikenalkan bahwa lidah memiliki beberapa bagian tertentu untuk merasakan atau mengecap rasa tertentu, maka fakta lidah manusia yang sesungguhnya menunjukkan hal yang berkebalikan. Ternyata, lidah tak memiliki area khusus yang berfungsi sebagai perasa, seperti yang selama ini telah kita ketahui.

Lidah hanya bertugas sebagai bagian tubuh manusia yang merangsang otak untuk menentukan rasa apa yang sedang dideteksi. Rasa makanan yang sudah ditelan akan tersebar secara merata pada bintil pengecap pada lidah. Maka, otak adalah organ yang sebenarnya akan menentukan rasa makanan yang ditelan oleh seseorang.

Hal seperti ini menunjukkan sekaligus meluruskan persepsi tentang bagian tertentu lidah yang bertugas untuk mengecap rasa tertentu. Dengan demikian, fakta lidah manusia yang satu ini pun bisa menjadi pencerahan dari anggapan yang kurang benar tersebut.

Itulah beberapa fakta lidah manusia yang telah kita ketahui. Anda pun telah memahami beberapa fakta unik tentang lidah manusia. Dengan demikian, Anda pun bisa memanfaatkan hal ini sebagai ilmu atau pengetahuan baru yang juga diaplikasikan serta dirasakan manfaatnya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Badan Gendut Bukan Berarti Tak Sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here